Apa Arti Gabut dalam Singkatan Gaul? Ketahui Makna Beserta Istilah Lainnya

Editor KapanLagi.com | Senin, 25 Oktober 2021 14:22 WIB
Apa Arti Gabut dalam Singkatan Gaul? Ketahui Makna Beserta Istilah Lainnya

Kapanlagi.com - Kata gabut kini makin akrab di telinga. Apalagi kata gabut termasuk dalam singkatan gaul kekinian di zaman sekarang. Gabut kerap jadi trend di sosial media ataupun percakapan ala anak muda. Namun apa arti gabut sebenarnya?

Kata gabut sebenarnya merupakan singkatan dari dua kata yang digabung menjadi satu. Bahasa gaul kekinian ini merupakan singkatan dari Gaji Buta. Gaji Buta dalam singkatan gaul memiliki banyak makna. Tak hanya untuk menunjukkan situasi ketika seseorang tidak bekerja namun tetap mendapatkan upah, namun dalam singkatan gaul arti gabut sedikit bergeser makna.

Meski begitu, arti gabut dalam singkatan gaul sebenarnya juga tak berbeda jauh dari makna sebenarnya. Selain ada juga beberapa bahasa gaul kekinian yang memiliki makna serupa dengan kata gabut. Hanya saja, menggunakan singkatan gaul berbeda untuk menunjukkan situasi saat pikiran dan hati kalian dilanda kegabutan.

Mau tahu arti gabut dalam singkatan gaul? Nah, berikut ini ulasan lengkapnya tentang apa arti gabut dalam singkatan gaul dan contoh bahasa gaul populer lainnya.

1. Apa Arti Gabut dalam Singkatan Gaul?

Sebagian besar anak muda tentu sudah tahu betul apa arti gabut dalam singkatan gaul. Meski begitu ada juga beberapa di antaranya belum tahu apa arti gabut dalam bahasa gaul kekinian. Padahal arti gabut sangatlah mudah dipahami. Di mana, sebenarnya arti gabut merupakan singkatan dari kata Gaji Buta.

Ya, seperti diketahui banyak singkatan gaul atau bahasa populer zaman sekarang diambil dari beberapa hal termasuk akronim bahasa Inggris. Sedangkan, apa arti gabut dalam singkatan gaul memiliki makna serupa seperti Gaji Buta. Gaji Buta diartikan sebagai kondisi ketika seseorang tidak bekerja namun tetap memperoleh upah.

Tapi dalam singkatan gaul, arti gabut digunakan untuk menunjukkan kondisi ketika seseorang tidak melakukan pekerjaan apapun, tidak memiliki aktivitas apapun, ataupun kesibukan tertentu sehingga dirinya bingung ingin melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Di sinilah rasa bosan ketika gabut mulai melanda hingga bikin kalian merasa bingung namun ingin melakukan kegiatan tapi juga tak tahu betul apa yang harus di lakukan. Bahasa gaul ini kerap digunakan dalam percakapan termasuk aplikasi chat seperti Whatsapp. Itulah apa arti gabut dalam singkatan gaul yang populer di zaman sekarang.

2. Penyebab Rasa Gabut

Ada beberapa hal penyebab gabut melanda. Biasanya kondisi ini terjadi ketika kalian telah usai menyelesaikan pekerjaan tertentu sehingga mulai merasa bingung melakukan kegiatan selanjutnya. Itu adalah salah satu penyebab gabut bisa terjadi, namun ada juga beberapa faktor munculnya rasa gabut. Nah, selengkapnya berikut ini penyebab rasa gabut melanda.

- Merasa bosan menjalani kegiatan, pekerjaan atau situasi yang monoton.

- Ingin keluar dari situasi lama untuk menemukan kegiatan baru.

- Kehilangan minat dan tantangan melakukan sesuatu atau tidak ada pemicu rasa gabut.

- Dapat berpengaruh pada faktor budaya dan lingkungan.

- Akses gerak terbatas sehingga memicu rasa bosan ataupun gabut.

3. Bahasa Gaul yang Sejenis dengan Kata Gabut

Seperti diketahui ada beragam bahasa gaul populer yang serupa dengan kata gabut. Setelah tahu apa arti gabut adalah singkatan dari Gaji Buta yang maknanya yakni tidak melakukan aktivitas atau pekerjaan apapun dan bingung ingin melakukan suatu pekerjaan. Namun ternyata ada juga kata yang serupa dengan istilah gaul gabut.

Kata serupa dengan istilah gabut tersebut di antaranya yakni BT ataupun Bete. BT atau Bete tersebut sebenarnya memiliki makna yang sama. Singkatan gaul ini merupakan akronim dari bahasa Inggris yang artinya Boring Total atau Bosan Abis. Bahasa gaul tersebut memang memiliki makna hampir serupa dengan gabut. Selain dua kata ini, ada juga singkatan gaul populer yakni Mager. Kata Mager merupakan singkatan dari Malas Gerak.

4. Bahasa Gaul Jadi Trend di Media Sosial

Tak hanya arti gabut, ada beberapa bahasa gaul populer yang jadi trend di media sosial. Di mana bahasa gaul tersebut seringkali dijadikan caption buat update status di media sosial. Sebut saja yakni Instagram, Facebook, Twitter, ataupun Whatsapp. Nah, apa saja bahasa gaul jadi trend di media sosial? Langsung saja berikut ulasannya yang perlu kalian ketahui.

1. Pansos: Panjat Sosial

2. BTW: By The Way (Ngomong-ngomong)

3. Woles: Selow atau Santai

4. COD: Cash On Delivery (Bayar di tempat)

5. Modus: Modal Dusta

6. PHP: Pemberi Harapan Palsu

7. FYI: For Your Information (Informasi untukmu)

8. Kuy: Yuk

9. Anw: Aniway (Ngomong-ngomong)

10. PAP: Post a Picture (Unggah foto kamu)

11. Ngab: Bang

12. IMO: In My Opinion (Menurutku)

13. OOTD: Outfit of The Day (Busana yang dikenakan hari ini)

14. Julid: Berarti iri, dengki ataupun memberikan komentar dengan menyudutkan.

15. Baper: Bawa perasaan

16. ROTFL: Rolling On The Floor Laughing (Tertawa sampai terguling-guling)

17. Halu: Sama dengan halusinasi

18. Bucin: Budak Cinta

19. Galau: Arti bahasa gaul ini yakni menunjukkan perasaan yang tengah sedih, sakit hati, khawatir, resah, kecewa ataupun bimbang.

20. Kepo: Knowing Eveery Particular Object atau rasa ingin selalu tahu.

21. Typo: Menunjukkan kesalahan dalam mengetik pesan.

22. Ntaps: Mantap

Nah, itulah apa arti gabut dalam singkatan gaul. Selain arti gabut, ada juga beberapa bahasa gaul populer di sosial media yang bisa dijadikan referensi buat kalian.

(kpl/gen/nlw)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com