Apa Arti Insecure dan Gejalanya? Ketahui Pula Cara Mengatasinya

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 15 Oktober 2021 14:33 WIB
Apa Arti Insecure dan Gejalanya? Ketahui Pula Cara Mengatasinya

Kapanlagi.com - Insecure merupakan salah satu istilah yang sering ditemukan. Entah dalam interaksi di dunia nyata maupun media sosial. Insecure sering disebut orang, lalu apa arti insecure sebenarnya?

Apa arti insecure sudah seharusnya kalian ketahui. Selain agar paham ketika membicarakan topik ini, mengetahuinya bisa dianggap sebagai bentuk kepedudilan terhadap kondisi diri sendiri.

Selain apa arti insecure, ada pula gejala dan faktor risiko yang mungkin tak disadari banyak orang. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui kondisi emosional diri sendiri melalui informasi yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Apa Arti Insecure?

Arti insecure adalah timbulnya perasaan cemas, takut, tidak mampu, dan kurang percaya diri pada seseorang. Sebenarnya, perasaan takut atau tidak percaya diri sering kali dialami banyak orang. Namun, pada orang yang insecure, perasaan ini bisa muncul secara terus-menerus.

Pertanyaan mengenai apa arti insecure pun tak bisa dilepaskan dari pengalaman setiap orang. Bisa saja ada peristiwa buruk yang melatar belakangi munculnya perasaan tersebut. Hal ini perlu diwaspadai karena insecure bisa menjadi sumber rasa tidak nyaman dalam keseharian.

Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui lebih jauh tentang apa arti insecure beserta faktor risiko dan cara mengatasinya, silakan simak penjelasan berikut ini.

Perasaan tersebut bisa jadi berasal dari kejadian traumatis di masa lalu, seperti:

- Ditinggal mati seseorang yang disayang

- Gagal membina hubungan

- Dipecat dari pekerjaan

- Tekanan dari orang tua

- Terserang suatu penyakit

Selain itu, masalah gangguan mental juga bisa menjadikan penderitanya menjadi insecure. Masalah tersebut, antara lain:

- Depresi

- Gangguan kecemasan

- Gangguan makan

- Gangguan kepribadian ambang

- Gangguan kepribadian narsistik

- Gangguan kepribadian paranoid

2. Gejala atau Tanda Insecure

Setelah mengetahui apa arti insecure, selanjutnya kalian perlu memahami gejala atau tanda-tanda seseorang yang mengalaminya.

1. Berusaha Membuat Orang Lain Merasa Insecure

Perasaan insecure biasanya membuat seseorang berusaha membuat lawan bicara merasa insecure. Hal itu dilakukan agar orang yang mengalami perasaan tersebut bisa menunjukkan bahwa dirinya tampak lebih hebat di hadapan orang lain.

2. Pamer Kelebihan Secara Terselubung

Cara terselubung ini bisa dilihat ketika seseorang ingin menyombongkan diri, tapi melalui jalan mengeluh atau merendahkan diri. Sebagai contoh, dia mengeluh lelah atas setiap pencapaian yang sudah diraihnya. Padahal dirinya sedang ingin menunjukkan kelebihan diri.

3. Merasa Inferior

Perasaan inferior atau rendah diri biasa dialami oleh seseorang yang insecure. Perasaan tersebut kemudian mendorong dirinya untuk selalu menceritakan pencapaian di setiap kesempatan.

Entah itu tentang gaya hidup mewah atau pendidikan yang tinggi, hal itu bertujuan untuk meyakinkan orang lain atas kelebihan dirinya.

4. Menyalahkan Diri Sendiri

Setiap orang tentu punya keinginan dan usaha untuk meraihnya. Jika tak tercapai, sebagian orang bisa menerimanya atau mencari jalan lain.

Berbeda dengan orang yang punya perasaan insecure, mereka justru akan cenderung menyalahkan diri sendiri atas setiap kegagalan yang dialami.

5. Sulit Percaya Kepada Orang Lain

Rasa insecure sering kali mendorong seseorang untuk sulit percaya terhadap orang lain. Bahkan kepada orang terdekat, seperti pasangan. Hal itu bisa menimbulkan rasa cemburu dan tingkah curiga berlebihan, misalnya sering mengintip pesan yang masuk.

3. Cara Mengatasi Insecure

Jawaban atas pertanyaan apa arti insecure beserta penjelasan tentang gejalanya sudah kalian ketahui. Kini, kalian juga perlu mengetahui cara mengatasi insecure. Apalagi jika kalian merasa memiliki gejala-gejala di atas, cobalah untuk lebih waspada dengan menyimak informasi berikut ini.

Berikut ini merupakan cara menghadapi kondisi insecure yang mungkin kalian alami:

- Jangan lupa manjakan tubuh kalian dengan relaksasi, seperti melakukan pijat atau perawatan wajah.

- Sempatkan untuk melakukan kegiatan favorit kalian setidaknya 30 menit setiap hari.

- Jangan ragu untuk mematikan sejenak ponsel kalian atau lakukan detoks media sosial.

- Konsumsi makanan yang bergizi seimbang.

- Lakukan self-compassion atau berlatih berbicara yang baik kepada diri sendiri.

- Pastikan kalau kalian makan secara teratur dan memiliki waktu tidur yang cukup.

- Selalu sediakan waktu dengan orang-orang terdekat atau tersayang, seperti orangtua atau sahabat karena membantu Kalian menghargai kualitas dan perspektif unik diri Kalian sendiri.

Cara di atas bisa kalian lakukan untuk mencegah rasa insecure agar tak berlarut-larut. Jika kalian sudah tak bisa mengatasinya sendiri, segera lakukan konseling ke psikolog atau psikiater. Apalagi jika kalian mengalaminya secara terus-menerus hingga mengganggu mental kalian.

Dengan begitu, kalian bisa menemukan orang yang tepat yang dapat memahami asal perasaan insecure yang timbul. Setelah itu, mereka juga akan menentukan metode yang tepat untuk mengatasi masalah yang sedang kalian hadapi.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai apa arti insecure beserta gejala dan cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya.

(kpl/gen/ans)

Editor:   Anik Setiyaningrum

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com