Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Apa Arti Nolep? Kenali Ciri-cirinya dan Ketahui Juga Makna Istilah Gaul Lainnya

Senin, 06 Desember 2021 10:44 WIB
Apa Arti Nolep? Kenali Ciri-cirinya dan Ketahui Juga Makna Istilah Gaul Lainnya

Kapanlagi.com - Belakangan ini, ada banyak istilah gaul yang muncul dan populer di media sosial. Nolep adalah salah satunya. Oleh kalangan anak muda, kata nolep biasa dipakai sehari-hari, baik di media sosial maupun percakapan langsung. Biasanya, istilah nolep muncul ketika dalam situasi candaan. Lantas, apa arti nolep yang sebenarnya?

Ya, meski sudah terbilang jadi kata populer. Pada kenyataannya, sampai sekarang masih banyak orang yang tidak tahu apa arti nolep. Terlebih bagi mereka yang tidak lagi muda atau yang tidak aktif di media sosial, nolep bisa jadi kata yang benar-benar asing. Padahal, cukup penting untuk tahu arti dari kata-kata gaul dan populer masa kini, agar tidak ketinggalan zaman dan terhindar dari salah paham.

Bagaimana, apakah kalian termasuk yang penasaran dengan apa arti nolep? Jika iya, kalian tak perlu khawatir. Langsung saja simak ulasan tentang arti nolep dan beberapa kata gaul lainnya berikut ini.

1. Apa Arti Nolep

Gambar

Nolep jadi satu dari sekian banyak kata gaul yang populer di kalangan anak muda masa kini. Tapi, tahukah kalian apa arti nolep? Ternyata, nolep merupakan kata gaul yang berasal dari plesetan istilah dalam bahasa Inggris. Ya, apa arti nolep ternyata merupakan plesetan dari istilah "no life". Jika diterjemahkan secara literal ke dalam bahasa Indonesia, arti "no life" kurang lebih adalah 'tidak hidup' atau 'tidak mempunyai kehidupan'.

Secara umum, istilah nolep dipakai dalam situasi bercanda. Apa arti nolep di keseharian dipakai untuk menggambarkan kehidupan seseorang yang tidak bergairah. Nolep juga dipakai untuk mendeskripsikan seseorang yang tidak ingin melakukan apapun dalam hidupnya.

Dalam pengertian yang sedikit lebih serius, apa arti nolep juga diidentikkan dengan seseorang yang tidak memikirkan masa depan. Maka dari itu, istilah nolep erat dengan gaya hidup anak muda yang suka malas-malasan, tidak mempunyai motivasi, tidak mempunyai koneksi atau interaksi dengan orang lain.

2. Ciri-Ciri Orang yang Nolep

Gambar

Sekilas dari penjelasan apa arti nolep di atas, kita tahu bahwa nolep bukanlah hal yang bermakna positif. Dari ulasan di atas juga telah disampaikan sedikit gambaran dari sikap nolep. Selain memahami artinya, penting juga untuk mengetahui ciri-ciri orang yang nolep. Ya, ternyata ada beberapa ciri yang menunjukkan seseorang mempunyai sikap nolep. Apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Orang nolep seolah tidak mementingkan masa depan.

2. Orang nolep cenderung mempunyai masalah dalam mengatur emosi, sehingga lebih mudah emosi dan rentan mengalami depresi.

3. Orang nolep suka melakukan hal yang membuang-buang waktu, misalnya suka begadang untuk melakukan hal yang disukai seperti main game, maraton anime, dan lain-lain.

4. Orang nolep cenderung melakukan hal yang sebenarnya tidak memiliki manfaat dalam hidupnya.

5. Orang nolep cenderung takut atau malas berhubungan dengan orang lain.

6. Orang nolep terkesan cuek, bodo amat, tak punya rasa empati atau simpati pada orang lain dan lingkungan sekitar.

7. Orang nolep cenderung lebih suka menyendiri, mengurung diri di kamar, dan tak banyak teman di dunia nyata.

3. Arti Istilah Gaul Lainnya

Gambar

Selain nolep masih ada banyak bahasa gaul dan populer yang banyak dipakai saat ini. Sehingga selain tahu apa arti nolep, penting juga untuk tahu arti dan makna dari berbagai istilah gaul lainnya tersebut. Berikut beberapa istilah gaul dan populer yang sering dipakai saat ini.

1. Bucin: Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Singkatan gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

2. Gaje: Gaje adalah singkatan dari gak jelas atau enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

3. Gercep: Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

4. Japri: Singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

5. Komuk: Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada kondisi muka.

6. Mager: Mager adalah singkatan gaul dari kalimat malas gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

7. Mantul: Kata ini adalah singkatan gaul dari kata mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

8. Pansos: Pansos adalah singkatan gaul dan merupakan kependekan dari panjat sosial. Sesuai namanya, pansos digunakan untuk merujuk kepada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di media sosial.

9. Halu: Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi.

10. Kepo: Merupakan akronim dari kalimat Knowing Every Particular Object, yang berarti atau ditujukan kepada orang yang serba ingin tahu.

Itulah di antaranya penjelasan terkait apa arti nolep dan beberapa kata gaul populer lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian!

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com