Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Apa Arti RP atau Role Play? Ketahui Cara Main dan Tipsnya Agar Makin Seru

Kamis, 02 Desember 2021 10:44 WIB
Apa Arti RP atau Role Play? Ketahui Cara Main dan Tipsnya Agar Makin Seru

Kapanlagi.com - Kehidupan anak muda masa kini sulit dipisahkan dari media sosial. Oleh anak muda, kini media sosial tak saja digunakan untuk membuat postingan dan berinteraksi di dunia maya. Lebih dari itu, media sosial bisa menjadi media bermain yang menyenangkan bagi anak muda. Salah satu permainan yang sedang digemari adalah RP. Lantas, apa arti RP?

Sampai saat ini, apa arti RP mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya. RP adalah singkatan Role Play yaitu permainan yang sedang hits di media sosial. Belakangan RP banyak dimainkan oleh anak remaja hingga orang dewasa yang aktif di media sosial.

RP memang bisa menjadi permainan yang menyenangkan bagi yang tertarik mencobanya. Nah, simak ulasan berikut untuk mengetahui apa arti RP dan cara mainnya.

1. Apa Arti RP

Gambar

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, apa arti RP adalah singkatan dari Role Play. Sesuai dengan namanya, RP merupakan permainan yang dilakukan dengan memainkan peran sebagai orang lain. Pemain RP bisa memainkan berbagai tokoh dan karakter sesuai keinginannya, misal menjadi sosok idola, atau artis favoritnya.

RP sebenarnya bukanlah permainan baru. Namun RP memang baru kembali hits belakangan ini. Seiring dengan kepopuleran K-Pop dan Drama Korea, banyak pemain RP yang menggunakan tokoh idola mereka sebagai peran yang dimainkan. Mulai dari BTS, EXO, SEVENTEEN, Stray Kids, Blackpink, Red Velvet, Itzy, dan masih banyak lagi lainnya.

Saat RP banyak dimainkan di berbagai platform media sosial, mulai dari twitter hingga telegram. Sehingga, jika ingin tahu lebih lanjut seperti apa arti RP, kalian bisa langsung mengeceknya di media sosial tersebut.

2. Cara Bermain RP

Gambar

Memahami apa arti RP tak akan lengkap tanpa tahu cara mainnya. Sudah beberapa kali disinggung di awal, RP dimainkan dengan cara berperan seolah menjadi karakter lain yang diidolakan. Misalnya, pemain yang ingin berperan sebagai V BTS, akan menjalani peran seolah dia adalah V BTS di kehidupan nyata. Dengan akun karakter V BTS tersebut, kalian bisa mulai berselancar untuk mencari teman. Lebih detailnya, berikut adalah panduan cara bermain RP.

- Pertama, kalian bisa membuat akun di Telegram dengan nomor ponsel aktif.

- Silakan masuk dengan akun yang telah dibuat.

- Ubah nama pengguna sesuai keinginan. Misalnya, kalian ingin bermain sebagai Taehyung BTS maka gunakan nama tersebut.

- Ubah foto profil sesuai dengan karakter tokoh tersebut.

- Setelah itu, kalian bisa mencari channel Telegram dengan mengetik 'roleplay'.

- Dengan begitu, kalian akan melihat berbagai channel yang bisa dipilih untuk join ke sana.

- Kalian juga bisa mencari secara spesifik, misalnya "BTS Roleplay" atau "EXO Roleplay".

- Dalam channel tersebut, biasanya akan ada pemeran lain. Misalnya, kalian bermain sebagai Taehyung BTS, kemungkinan juga akan ada yang bermain sebagai RM, Jin, Suga, Jhope, Jimin, dan Jungkook.

- Kalian juga akan menemukan serangkaian panduan yang berlaku pada channel tersebut.

- Selanjutnya, kalian bisa berkomunikasi selayaknya para member BTS.

3. Tips Bermain RP Agar Seru

Gambar

Bermain RP dengan peran sebagai seorang idol atau artis tentu sangat menyenangkan. Namun, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar permainan RP semakin seru dan menyenangkan. Berikut beberapa tips tersebut.

1. Pilih peran yang memang merupakan tokoh yang kalian idolakan selama ini. Sehingga, kalian tahu seperti apa karakter dan aktivitas kehidupan tokoh tersebut di dunia nyata. Dengan begitu, permainan RP akan terasa lebih menyenangkan dan seru.

2. Buat akun dengan foto dan keterangan yang jelas. Pastikan keterangan tersebut menunjukkan sisi unik dan menarik dari tokoh yang kalian mainkan. Dengan begitu, orang lain akan tertarik untuk bermain dengan akun kalian.

3. Agar terasa semakin nyata, sesekali kalian bisa melakukan Fantalks dan Fanservice.

4. Istilah-Istilah dalam Permainan RP

Gambar

Dalam permainan RP selain aturan dan cara main, masih ada beberapa istilah khusus yang perlu diketahui, seperti fanstalks dan fanservices. Berikut beberapa istilah-istilah khusus untuk memahami apa arti RP.

- Angst : istilah ini sebenarnya punya arti "cemas". Namun, sering dipakai untuk menyebut sebuah genre cerita yang menguras emosi.

- AU (Alternate Universe) : pemain ini menggunakan identitas karakter tokoh, tapi tak sepenuhnya. Misalnya, kalian memerankan Taehyung BTS yang merupakan seorang penyanyi Korea Selatan. Namun, kalian mengubahnya menjadi seorang mahasiswa di Indonesia. Cerita semacam ini banyak ditemukan di Twitter.

- Fanstalks : istilah yang digunakan ketika pemain RP, melakukan obrolan chat satu sama lain dengan akun pribadi orang lain.

- Fanservices : istilah yang digunakan ketika pemain RP melakukan hal-hal spesial untuk menyenangkan hati penggemarnya, baik akun pribadi maupun akun RP.

- IC (In Character) : bisa juga disebut Less OOC merupakan pemain yang benar-benar sesuai dengan karakter tokoh yang dimainkan. Ia tak membahas kehidupannya pribadi sama sekali. Pemain seperti ini sangat serius dan menjiwai dalam bermain.

- OC (Original Character) : pemain ini hanya memakai foto tokoh sebagai profil. Namun identitas dan latar belakangnya dibuat sendiri maka tak akan sesuai dengan aslinya.

- OOC (Out Of Character) : pemain yang sering melenceng dari karakter tokoh yang seharusnya diperankan. Biasanya, malah lebih sering terbawa ke kehidupan aslinya. Pemain tersebut berkata seenaknya sendiri. Meski begitu, ia tetap harus menjalankan tugas sesuai dengan karakter tokoh.

- Semi Less OOC : pemain yang serius seperti IC, tapi terkadang OOC. Jadi, pemain seperti ini tak benar-benar bermain sesuai tokoh asli yang seharusnya diperankan.

Itulah di antaranya penjelasan tentang apa arti RP dan cara mainnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian!

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com