Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Apa Arti Sayang: Pengertian, Bedanya dengan Cinta, Beserta Contoh Panggilan Sayang ke Pasangan

Editor KapanLagi.com | Rabu, 08 Desember 2021 16:11 WIB
Apa Arti Sayang: Pengertian, Bedanya dengan Cinta, Beserta Contoh Panggilan Sayang ke Pasangan

Kapanlagi.com - Memiliki orang tersayang tak selalu dengan pasangan, bisa pula bersama orang tua, sahabat, teman ataupun keluarga. Terkadang bentuk rasa sayang secara sederhana bisa dilakukan dengan banyak hal. Namun apakah KLovers memahami apa arti sayang yang sebenarnya? Apakah arti sayang ini bisa disamakan dengan arti cinta?

Ada pula sebuah istilah yang menyebut jatuh cinta itu buta, namun dengan mengerti sedikit apa arti sayang mungkin kita bisa menyikapi perasaan dengan bijak. Apa arti sayang bisa kalian pahami menurut pengertian dari para ahli. Sehingga kalian bisa menyikapi sesuatu dengan bijak saat sedang merasa sayang ataupun sakit hati.

Bagi kalian yang penasaran apa arti sayang yang sebenarnya, berikut ini apa arti sayang dan perbedaannya dengan rasa cinta. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Sayang

Gambar

Sayang didefinisikan pada ketulusan hati, karena memang lebih tepatnya kepada orang tua, keluarga, atau teman. Contoh analoginya, kasih sayang yang dicurahkan seorang ibu untuk anak-anaknya yang tanpa pamrih atau tidak mengharapkan balasan. Menurut situs Biopsychology, definisi kasih sayang seringkali diartikan sebagai suatu perasaan yang diberikan dan diterima oleh seseorang, dalam konteks hubungannya dengan cinta.

Namun, semua itu ini tidak bisa diartikan secara mutlak ya KLovers. Pasalnya, bentuk emosi bukanlah sesuatu yang dapat diberikan ataupun diterima. Emosi adalah sesuatu yang secara sederhana dirasakan, seperti rasa marah maupun rasa bahagia. Itulah mengapa, kasih sayang tidak secara mutlak didefinisikan sebagai suatu bentuk emosi, melainkan perasaan yang diberikan oleh satu orang ke seseorang, atau sesuatu lainnya.

Selain itu dalam Al Quran, kasih sayang dipresentasikan dalam kata Ar Rahmah (kasih sayang). Kasih sayang merupakan sifat Allah yang paling banyak diungkapkan dalam Al Quran dalam bentuk kata yang berbeda yaitu, Ar Rahman yang biasanya dirangkaikan dengan kata Ar Rahim yang berarti pengasih dan penyayang. Kata rahman dan rahim merupakan sifat Allah yang paling banyak diungkapkan dalam Al Quran, yaitu sebanyak 114 kali.

Kemudian definisi sayang juga diungkapkan oleh beberapa ahli muslim, Menurut Abdullah Nashih Ulwan, kasih sayang dapat diartikan sebagai kelembutan hati dan kepekaan perasaan sayang terhadap orang lain. Dan menurut Jalaluddin, penyebutan Ar Rahman (sayang) sebanyak itu bermakna bahwa Allah SWT memberikan kepada manusia sifat-sifat-Nya sendiri untuk menjadi potensi yang dapat dikembangkan. Sehingga sifat Maha Pengasih dan Maha Penyayang ini, ada agar manusia bersifat pengasih dan penyayang, jika mereka ingin memperoleh kasih sayang dari Allah SWT.

2. Perbedaan Sayang dan Cinta

Gambar

Masih banyak dari kita yang belum bisa membedakan antara sayang dan cinta. Padahal keduanya memiliki perbedaan arti dan makna walaupun sedikit memiliki persamaan. Dilansir dari Merdeka.com, secara harfiah sayang memiliki beberapa pengertian di antaranya kasihan, terasa, dan merasa sayang akan sesuatu.

Hal ini bisa diartikan bahwa rasa sayang adalah memberi yang terbaik untuk orang lain, baik itu membahagiakan, dan tidak merebut kebahagiaan orang lain. Selain itu cinta sebagai sesuatu yang kompleks dan terdiri dari berbagai macam perasaan dan keadaan.

Cinta juga dapat diartikan sebagai perasaan kasih sayang yang kuat dan konstan bagi seseorang. Dalam hierarki emosi dan perasaan, cinta memiliki kedudukan lebih kuat dan dalam daripada sayang. Sehingga rasa sayang merupakan perasaan yang cenderung bersifat memberi sepenuhnya tanpa mengharapkan balasan atau imbalan.

Dan bisa diartikan bahwa, perbedaan sayang dan cinta terletak dari segi makna, di mana sayang merupakan suatu perasaan yang cenderung memiliki makna ikhlas dan tulus tanpa mengharapkan sesuatu. Sedangkan cinta adalah perasaan yang dalam dan lebih spesial terhadap seseorang.

3. Panggilan Sayang untuk Orang Terkasih

Gambar

Setelah mengetahui apa arti sayang, baik secara umum dan menurut Islam. Kalian juga bisa memberikan panggilan sayang unik untuk orang terkasih. Ya, panggilan sayang ini bisa menjadi sebuah ide unik bagi kalian yang ingin memberikan rasa yang lewat panggilan. Berikut ini beberapa panggilan sayang untuk orang terkasih tersebut:

1. Honey.

2. Darling.

3. Cuteness.

4. Darling.

5. Cute stuff.

6. Cutie pie.

7. Baby.

8. Baby doll.

9. Captain.

10. Love lumps.

11. Bubble.

12. Hunny buns.

13. Merlin.

14. Prince.

15. Care bear.

16. Dear.

17. Love.

18. My sun.

19. My star.

20. My supernova.

21. Lovey dovey.

22. Sugar pie.

23. My one and only.

24. Pumpkin.

25. Beloved.

26. Sweat pea.

27. Cutie patootie.

28. Sweets.

29. Sexy baby.

30. Lover boy.

31. Sunshine.

32. My treasure.

33. Hubby.

34. My wife.

35. My husband.

36. Ya hayati (hidupku)

37. Ya amar (bulanku)

38. Ya helo (cantikku).

39. Mera pyaar (cintaku).

40. Priye atau Priya (sayang).

41. Ae-in (kekasih).

42. Yeobo (sayang).

43. Jagiya (baby).

44. Nae sarang (cintaku).

45. Anata (kamu).

46. -chan, -kun (sebutan kehormatan)

47. Mon amour (cintaku).

48. Mon chou (kekasih).

49. Mon cher (sayangku).

50. Mon cheri (sayangku).

Itulah apa arti sayang yang bisa kalian ketahui dan pahami. Tidak hanya mengetahui apa arti sayang saja, kalian juga bisa mengetahui perbedaan sayang dan cinta, serta panggilan sayang untuk orang terkasih.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com