Apa Itu Carrimycin? Obat yang Disebut-Sebut Bisa Sembuhkan Corona Covid-19

Galuh Esti Nugraini| Kamis, 09 April 2020 18:22 WIB
Galuh Esti Nugraini | Kamis, 09 April 2020 18:22

Kapanlagi.com - Carrimycin menjadi topik hangat yang sedang banyak dibicarakan. Carrimycin disinyalir obat yang disebut-sebut bisa sembuhkan corona covid-19. Dari namanya terdengar mirip dengan penyedap rasa, namun ini bukanlah penyedap rasa.

Pandemi virus corona covid-19 masih terus bergulir, bahkan mengalami kenaikan sejak awal tahun lalu. Saat ini diketahui sebanyak 1,519,484 kasus corona covid-19 di seluruh dunia. Rincian dari jumlah tersebut adalah sebanyak 88,546 orang meninggal dunia dan 330,916 dinyatakan sembuh.

Meningkatnya jumlah kasus corona covid-19 tersebut, tentu membuat rasa kekhawatiran yang berlebih. Berbagai upaya pencegahan juga telah dilakukan seperti social distancing, physical distancing, work from home, menjaga kebersihan, dan lain sebagainya.

Tentu harapan agar corona covid-19 segera mereda dinantikan semua orang di seluruh dunia. Di Wuhan, China, sebagai epicentrum pertama corona covid-19 diketahui saat ini mulai mereda. Kawasan yang semula ditutup, beberaoa waktu lalu mulai dibuka kembali dan memberi kabar yang menggembirakan bagi dunia.

Namun corona covid-19 justru mengalami peningkatan di luar China. Inilah yang menjadi pertanyaan setiap orang mengenai cara China dalam menangani kasus corona covid-19 tersebut. Baru-baru ini sebuah topik hangat yang membahas tentang obat yang disebut-sebut bisa sembuhkan corona covid-19 bernama Carrimycin. Lalu apa itu carrimycin? obat yang disebut-sebut bisa sembuhkan corona covid-19.

1 Dari 3 Halaman

1. Apa Itu Carrimycin?

Apa Itu Carrimycin? (credit: disway.id/r/891/pusing-ka-li-mi-cin)
Sebuah ulasan mengenai obat yang disebut-sebut bisa sembuhkan corona covid-19 bernama carrimycin, dalam blog Dahlan Iskan pada, Selasa (07/04/2020) lalu menarik perhatian. Pasalnya ada salah satu obat yang digunakan oleh China untuk menangani corona covid-19 dengan memakai obat penemuan sendiri.

Menurut keterangan dalam ulasan blog Menteri BUMN, Dahlan Iskan, obat tersebut bernama carrimycin. Obat carrimycin sebenarnya sudah ditemukan pada bulan Juni tahun 2019. Awalnya obat carrimycin digunakan untuk menangani bakteri, infeksi, dan melawan kanker.

"Obat Carrimycin sudah ditemukan bulan Juni tahun lalu. Waktu itu belum ada Covid-19. Carrimycin ditemukan untuk penanganan bakteri dan infeksi. Juga untuk melawan kanker," tulis Dahlan Iskan seperti dalam blog disway.id.

Dahlan Iskan juga mengulas jika obat carrimycin mulai diproduksi di Shanghai. Obat carrimycin berbeda dengan hydroxychloroquine, karena carrimycin adalah pil untuk orang yang sakit. Sedangkan hydroxychloroquine sekarang sudah memasuki uji klinis terhadap orang sehat di Wuhan, China.

"Yang ditemukan Prof Chen Wei adalah vaksin. Obat suntik. Untuk orang sehat. Agar yang masih sehat tidak terkena Covid-19. Sedang Carrimycin adalah pil untuk yang sakit. Agar sembuh," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

2. Uji Coba Vaksin Corona Covid-19

Uji Coba Vaksin Corona Covid-19  (credit: freepik.com)
Semua pihak sekarang berusaha menemukan vaksin dan obat virus corona covid-19. Harapannya tentu agar pandemi corona covid-19 segera usai. Beberapa negara seperti Rusia, Perancis, Australia, Amerika Serikat juga melakukan uji coba vaksin virus corona covid-19 tersebut. Selain negara perusahaan-perusahaan juga turut serta dalam perkembangan vaksin corona covid-19.

Para ilmuwan memang sedang berusaha untuk segera menemukan vaksin untuk corona covid-19. Salah satunya adalah vaksin mRNA-1273: vaksin ini dikembangkan oleh ilmuwan dan kolaborator National Institutes of Health (NIH) AS di bioteknologi Moderna, yang berbasis di Cambridge, Massachusetts. Vaksin ini akan diberikan oleh injeksi intramuscular di lengan bagian atas.

Selain vaksin tersebut, beberapa vaksin lainnya juga tengah dilakukan oleh ilmuwan dan peneliti. Uji coba dilakukan mulai dari manusia hingga menggunakan hewan untuk uji coba vaksin. Namun sampai sekarang masih terus dilakukan pengembangan agar segera menemukan vaksin yang sesuai dengan corona covid-19.

3 dari 3 halaman

3. Upaya Pencegahan Corona Covid-19

Upaya Pencegahan Corona Covid-19 (credit: freepik.com)
Berbagai upaya pencegahan corona covid-19 juga terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan menjaga sistem imun tubuh. Ya, karena saat ini vaksin ataupun obat corona covid-19 belum dipastikan, sehingga menjaga imun tubuh, dan kebersihan sanitasi adalah upaya cegah corona covid-19.

Sebab imun tubuh sangat penting untuk melawan corona covid-19 yang menyerang sistem kekebalan manusia. Seorang dengan sistem imun kuat tingkat tertular akan rendah. Kabar mengenai mereka yang positif corona covid-19 dan dinyatakan sembuh biasanya memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik serta tidak ada komplikasi penyakit lain.

Sehingga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dengan berolahraga, makan makanan dengan kandungan vitamin untuk sistem imun, serta menjaga pikiran agar tidak stress. Beberapa hal tersebut penting untuk dilakukan setiap hari agar terhindar dari corona covid-19.

Selain itu kalian juga harus menerapkan sistem social distancing, physical distancing dalam kehidupan sehari-hari. hal ini dilakukan untuk memutus rantai corona covid-19. Serta dunia kembali sembuh seperti semula.

Nah itulah mengenai carrimycin, Obat yang Disebut-Sebut Bisa Sembuhkan corona covid-19. Semoga obat ataupun vaksin untuk corona covid-19 bisa segera ditemukan agar pandemi corona covid-19 segera berakhir.

(kpl/nlw/gen)

Editor:  

Nurul Wahida

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com