Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Apa Itu Penyakit Kormobid? Ketahui Jenis-Jenisnya dan Pahami Bahayanya Bagi Penderita Covid-19

Editor KapanLagi.com | Selasa, 24 Agustus 2021 14:22 WIB
Apa Itu Penyakit Kormobid? Ketahui Jenis-Jenisnya dan Pahami Bahayanya Bagi Penderita Covid-19

Kapanlagi.com - Kormobid jadi satu istilah medis yang belakangan sering terdengar selama pandemi corona covid-19. Sebelum adanya pandemi, istilah ini mungkin masih terbilang asing bagi sebagian besar orang. Istilah kormobid kerap digunakan untuk menjelaskan sejumlah penyakit. Lantas, sebenarnya apa itu penyakit kormobid?

Penyakit kormobid seringkali dipakai untuk merujuk penyakit bawaan atau penyerta. Adanya penyakit kormobid disebut-sebut bisa meningkatkan risiko seseorang terkena virus corona covid-19. Bahkan, beberapa penyakit kormobid diyakini juga dapat meningkatkan risiko kematian pada penderita covid-19. Oleh sebab itu, memahami apa itu penyakit kormobid jadi hal yang penting pada masa pandemi seperti saat ini.

Mengetahui apa itu penyakit kormobid bisa jadi satu dasar untuk menjaga kesehatan di masa pandemi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan penting mengenai penyakit kormobid.

1. Mengenal Apa Itu Penyakit Kormobid

Gambar

Sebagaimana yang disebutkan di awal, kormobid merupakan istilah yang merujuk pada penyakit menahun atau kronis bawaan yang diderita seseorang. Dilansir dari alodokter.com, seseorang bisa saja mempunyai lebih dari satu penyakit kormobid yang bisa terjadi secara bersamaan.

Seseorang dengan penyakit kormobid harus benar-benar memperhatikan kondisi kesehatannya. Pasalnya, kondisi kormobiditas seseorang akan meningkatkan risiko terkena suatu penyakit lainnya. Keberadaan penyakit kormobid juga sangat mempengaruhi proses penyembuhan dan pemulihan dari suatu penyakit. Selain itu, penyakit kormobid dapat memperparah gejala dan kondisi seseorang saat menderita suatu penyakit.

2. Jenis-Jenis Penyakit Kormobid

Selama pandemi virus corona covid-19, publik mulai mengenal istilah penyakit kormobid. Meskipun, pengetahuan publik tentang penyakit kormobid masih sebatas pada beberapa penyakit penyerta saja, seperti diabetes, hipertensi, asma, dan sebagainya. Padahal, sejatinya ada beragam jenis penyakit kormobid. Bahkan tak saja penyakit dalam yang menyerang secara fisik, beberapa gangguan mental atau psikis juga bisa tergolong penyakit kormobid.

Untuk lebih jelasnya, dilansir dari verywellhealth.com, berikut beberapa jenis penyakit kormobid yang cukup umum dan diderita banyak orang.

1) Diabetes

Diabetes tentu jadi satu penyakit yang sudah cukup umum. Seperti yang kita tahu, penyakit diabetes dapat menyebabkan berbagai penyakit lainnya seperti masalah jantung, ginjal, lever, dan sebagainya. Bahkan seringkali diabetes juga menyebabkan komplikasi.

2) Obesitas

Obesitas jadi salah satu gangguan kesehatan yang dapat memunculkan banyak penyakit penyerta. Menurut Obesity Medicine Association, bahkan obesitas bisa menimbulkan 236 masalah medis, termasuk di antaranya 13 jenis kanker. Beberapa penyakit bawaan obesitas, antara lain hipertensi, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan sebagainya.

3) Gangguan Mental

Kaitannya dengan kesehatan mental, serangan kecemasan (anxiety disorder) dan depresi ternyata juga bisa digolongkan sebagai kormobid yang paling umum. Tak jarang, sebagai penyakit kormobid keduanya muncul secara bersamaan.

3. Penyakit Kormobid yang Tingkatkan Risiko Covid-19

Gambar

Setelah mengenal apa itu penyakit kormobid, secara khusus penting tahu apa saja penyakit kormobid yang dapat tingkatkan risiko covid-19. Sebab dengan mengetahui jenis penyakit tersebut, kita bisa lebih waspada dalam menjaga kesehatan di pasa pandemi.

1) Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan karena gula darah tinggi. Diabetes jadi salah satu penyakit yang cukup berbahaya karena bisa memicu berbagai jenis penyakit hingga komplikasi. Tak heran, diabetes jadi salah satu penyakit kormobid yang tingkatkan risiko terkena covid-19.

2) Hipertensi

Selain diabetes, hipertensi juga jadi salah satu penyakit kormobid untuk covid-19. Tak jauh beda dengan diabetes, hipertensi juga bisa memicu terjadinya komplikasi. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hipertensi, di antaranya faktor usia, kelebihan berat badan, hingga konsumsi garam yang berlebihan.

3) Jantung

Jantung jadi salah satu organ vital manusia. Karenanya, gangguan dan serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penderita jantung juga harus ekstra berhati-hati terhadap virus corona covid-19. Pasalnya, penyakit pada jantung juga dapat memperparah gejala covid-19.

4) Gangguan Pernapasan

Covid-19 merupakan virus penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Oleh sebab itu, jika terinfeksi covid-19, orang dengan gangguan pernapasan cenderung akan mengalami gejala yang lebih parah.

5) Liver

Penyakit yang bisa jadi kormobid bagi penderita covid-19 berikutnya ialah gangguan atau penyakit yang menyerang liver. Patut diwaspadai, penyakit kormobid liver juga bisa meningkatkan risiko kematian pada penderita covid-19.

6) Ginjal

Sama halnya liver dan jantung, ginjal juga jadi organ penting dalam tubuh manusia. Gangguan ginjal kronis juga dapat meningkatkan risiko terinfeksi covid-19 dengan gejala parah. Bahkan beberapa sumber menyebut, penderita covid-19 dengan gangguan ginjal kronis mempunyai risiko kematian yang lebih tinggi dibanding kormobid lainnya.

4. Bahaya Penyakit Kormobid terhadap Covid-19

Gambar

Pada dasarnya, kormobid merupakan suatu penyakit yang sudah diderita seseorang. Genetik atau faktor keturunan bisa jadi satu penyebab seseorang menderita penyakit kormobid. Selain itu, penerapan pola hidup yang tidak sehat juga bisa jadi satu penyebab lain yang tak bisa diabaikan. Terkait dengan covid-19, sejumlah penyakit kormobid seperti diabetes dan hipertensi diyakini dapat memperparah kondisi.

Dilansir dari klikdokter.com, penderita penyakit komorbid, seperti cardiometabolic, memiliki peradangan kronis di dalam tubuhnya. Hal tersebut yang kemudian mengganggu kestabilan imunitas. Selain itu, penderita kormobid juga mempunyai enzim yang menempel pada permukaan luar sel organ seperti di paru-paru dan jantung. Adanya enzim tersebut diyakini dapat memperkuat virus covid-19.

Itulah di antaranya ulasan mengenai penyakit kormobid berikut bahayanya pada penderita covid-19. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kalian untuk lebih menjaga kesehatan!

(kpl/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com