Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti AFK dalam Bahasa Gaul dan Dunia Game, Ketahui Penggunaannya

Rabu, 22 Juni 2022 20:44 WIB
Arti AFK dalam Bahasa Gaul dan Dunia Game, Ketahui Penggunaannya

Kapanlagi.com - AFK menjadi istilah yang kerap muncul dalam bahasa gaul media sosial dan dunia game. Meski begitu, tidak sedikit orang belum tahu arti AFK dan penggunaannya.

Memahami tiap arti dan penggunaan bahasa gaul di media sosial tentunya cukup penting. Apalagi ada beberapa istilah gaul berasal dari singkatan bahasa Inggris. Karenanya, perlu memahami makna dari penjelasan arti AFK dalam bahasa gaul beserta penggunaannya.

Untuk itulah, di bawah ini ada ulasan tentang arti AFK yang populer di media sosial. Cek apa saja arti AFK yang ternyata menunjukkan situasi saat seseorang rehat sementara dalam permainan game online ataupun offline karena penyebab tertentu.

 

1. Arti AFK dalam Bahasa Gaul

Gambar

Ada beragam bahasa gaul yang muncul berasal dari singkatan bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia. Salah satunya arti AFK yang merupakan bahasa gaul dari singkatan bahasa Inggris. Bahasa gaul ini cukup populer di media sosial. Namun tidak sedikit pengguna medsos belum tahu arti AFK dalam bahasa gaul. Lalu apa arti AFK dalam bahasa gaul sebenarnya?

Arti AFK dalam bahasa gaul berasal dari singkatan bahasa Inggris Away From Keyword. Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, arti AFK adalah jauh dari keyboard. Dengan kata lain, arti AFK merujuk pada seseorang yang tengah online saat bermain game namun tidak bisa merespon.

Makna dari AFK adalah pemain tersebut jauh dari keyboard padahal sedang online. Karenanya mereka tidak bisa melakukan banyak aktivitas dengan keyboard baik untuk memainkan karakter game, membalas chat dan sebagainya. Itulah penjelasan arti AFK dalam bahasa gaul yang perlu kalian ketahui.

2. Arti AFK dalam Dunia Game

Gambar

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, arti AFK memang erat kaitannya dengan dunia game. Nah, dunia game yang dimaksudkan merujuk pada dunia game online ataupun mobile seperti PUBG ataupun game MMORPG berbasis PC.

Misalnya saja ada pemain yang sedang AFK pada game online MMORPG yang maknanya yakni sedang tidak bisa mengendalikan karakter permainan. Hal tersebut terjadi ketika pemain tersebut tengah memiliki aktivitas lain sehingga jauh dari keyboard atau tidak bisa menggunakan keyboard

Sementara itu dalam dunia game online PUBG, arti AFK bisa terjadi karena sejumlah penyebab misalnya koneksi internet tidak stabil. Sedangkan penjelasan mengenai arti AFK tersebut adalah pemain tiba-tiba tidak aktif pada saat game sedang berlangsung atau online. Inilah yang kemudian memunculkan istilah AFK dalam dunia game.

3. Arti AFK dan Penggunaannya

Gambar

Setelah tahu penjelasan mengenai arti AFK, pahami juga penggunaan bahasa gaul ini dalam dunia game ataupun bahasa chat. Karena arti AFK adalah jauh dari keyboard maka maknanya ketika seseorang sedang tidak bisa membalas pesan ataupun melakukan interaksi dengan orang lain menggunakan PC ataupun ponsel.

Sementara itu, penggunaan arti AFK dalam dunia game biasanya merujuk pada situasi ketika gamers sedang tidak aktif. Misalnya saja pemain tengah istirahat saat game sedang berlangsung sehingga jauh dari keyboard. Ataupun tengah melakukan pekerjaan lainnya yang membuatnya menjauh dari keyboard. Sehingga tidak bisa membalas pesan dalam obrolan yang sedang berlangsung. Dengan kata lain arti AFK bisa disebut dengan istirahat sejenak dari aktivitas game online

Saat seseorang mengatakan sedan AFK maka bisa dikatakan jika mereka sedang tidak aktif sementara waktu sehingga tidak dapat membalas pesan yang dikirimkan. Seseorang yang tengah AFK bisa berlangsung dalam durasi tertentu hingga mereka bisa kembali aktif untuk membalas pesan.

4. Istilah Gaul di Media Sosial

Gambar

Selain bahasa gaul AFK, terdapat beberapa istilah gaul di media sosial yang cukup populer. Di antara beberapa istilah gaul di media sosial yang cukup populer di antaranya.

Istilah Gaul dalam Dunia Games

1. Noob: Arti Noob dalam dunia games diartikan seperti anak baru atau newbie. Karenanya sebagai seorang pemula terkadang mereka belum terlalu lihai memainkannya. Arti noob dapat juga disebut payah lantaran sering kalah.

2. Pro: Artinya adalah jago atau sudah level atas.

3. Auto: Artinya langsung atau dijamin dan pasti.

4. GG: Artinya adalah good game atau permainan yang keren.

5. Ulti: Artinya dihabisi.

6. By One: Artinya satu lawan satu atau seri.

7. Safe Zone: Artinya adalah zona berlindung atau zona aman.

8. OTG: Artinya on the game atau masuk kembali ke dalam game.

Istilah gaul di media sosial:

1. Halu: Artinya halusinasi.

2. Gercep: Artinya gerak cepat.

3. FYI: Artinya for your information atau informasi baru.

4. Santuy: Artinya santai.

5. Ngab: Artinya bang.

6. Baper: Artinya bawa perasaan.

7. Healing: Artinya proses penyembuhan diri dari luka batin.

8. Clingy: Artinya kekanak-kanakan atau seperti benalu yang selalu menempel.

9. Insecure: Artinya merasa rendah diri atau ada sesuatu yang kurang dalam dirinya.

10. Salty: Artinya tersindir, geram, dicela.

Itulah beberapa penjelasan mengenai arti AFK dalam bahasa gaul dan dunia game. Semoga dapat memudahkan kalian tahu makna dari arti AFK yang populer dan trend di media sosial.

(kpl/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com