Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Allahu Akbar Adalah Allah Maha Besar, Ketahui Keutamaannya Baik di Dunia Maupun Akhirat

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 28 Januari 2022 11:33 WIB
Arti Allahu Akbar Adalah Allah Maha Besar, Ketahui Keutamaannya Baik di Dunia Maupun Akhirat

Kapanlagi.com - Takbiran atau takbir merupakan istilah untuk frasa Arab Allahu Akbar yang artinya Allah Maha Besar. Dan seruan ini dikumandangkan oleh umat muslim untuk memuliakan nama Allah SWT. Arti Allahu Akbar adalah Allah Maha Besar, dan ini menjadi sebuah ungkapan yang memiliki banyak sekali manfaatnya baik untuk dunia ataupun akhirat.

Kalimat Allahu Akbar ini disebut takbir, yakni kalimat yang membesarkan Allah SWT. Maha Besar atau Akbar juga termasuk ke dalam 99 Asmaul Husna dengan nama Al-Kabir. Dalam memanjatkan lafaz Allahu Akbar, seorang muslim harus diyakini dengan sepenuh hati. Agar mendapatkan manfaat baik untuk kehidupan di dunia maupun akhirat.

Nah, bagi KLovers yang ingin memahami arti Allahu Akbar, maka berikut ini arti Allahu Akbar beserta manfaatnya untuk dunia maupun akhirat.

1. Arti Allahu Akbar

Gambar

Allahu Akbar artinya adalah Allah Maha Besar. Kalimat ini disebut takbir, yakni kalimat yang membesarkan Allah SWT. Maha Besar atau Akbar juga termasuk ke dalam 99 Asmaul Husna dengan nama Al-Kabir. Dengan membaca kalimat Allahu Akbar ini berarti kita telah menghormati dan mengagungkan Allah SWT.

Kata Akbar memiliki arti 'lebih besar' yang bermakna bahwa Allah lebih besar dari segala-galanya. Sehingga arti Allahu Akbar adalah, Allah Maha Besar dalam segala hal yang ada di bumi dan di langit. Dalam memanjatkan lafaz Allahu Akbar, seorang muslim harus diyakini dengan sepenuh hati.

Kalimat Allahu Akbar bukan hanya diungkapkan sebagai lafaz untuk memberikan kekuatan, namun Allahu Akbar juga dibaca saat berzikir bersama kalimat tasbih dan tahmid. Umat Muslim sangat dianjurkan membaca lafaz Allahu Akbar, karena memiliki banyak keutamaan.

2. Kapan Harus Melakukan Takbir?

Gambar

Ya, seperti yang KLovers ketahui bahwa arti Allahu Akbar adalah Allah Maha Besar. Kata ini sering diucapkan sebagai takbir dan sering sekali dilakukan saat Hari Raya. Arti Allahu Akbar, bisa menjadi sebuah pujian yang dilakukan oleh manusia pada Tuhannya. Sehingga kalimat Takbir ini tidak hanya dilakukan saat Hari Raya saja, namun juga bisa dilakukan sehari-hari.

Hal tersebut karena ucapan kalimat takbir Allahu Akbar merupakan salah satu kalimat dalam dzikir harian yang dapat kita ucapkan. Dan sebagaimana juga dengan dzikir lainnya seperti tasbih, tahmid, atau tahlil. Dari Samurah bin Jundub radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Kalimat yang paling Allah cintai ada 4, yaitu Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha illallah, dan Allahu akbar. Kamu mulai dengan kalimat manapun, tidak jadi masalah." -HR. Muslim 2137.

Itu berarti kita dapat mengucapkan kalimat tersebut kapanpun dan di mana pun, karena hal tersebut adalah kalimat yang paling di cintai oleh Allah SWT. Maka dari itu, tak boleh mengucapkan takbir selain di hari raya merupakan hal yang salah dan tak ada hadisnya.

3. Keutamaan Membaca Allahu Akbar

Gambar

Tidak hanya mengetahui arti Allahu Akbar saja, KLovers juga perlu mengetahui bagaimana keutamaan dalam membaca Takbir ini. Dan berikut ini keutamaan membaca kalimat Takbir:

1. Diberikan ketaqwaan, ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi musibah yang diberikan oleh allah SWT dalam bentuk apapun.

2. Dapat mendatangkan banyak pahala, berkah dan datangnya rezeki dari Allah dari tempat yang tidak terduga sebelumnya.

3. Mencegah kejahatan yang terlihat maupun yang tidak terlihat, hal ini karena lafadz takbir mengandung pertolongan maha kuat untuk sifat sifat jahat dari manusia ataupun yang bersifat gaib.

4. Memperkuat keimanan dan taqwa kepada Allah SWt beserta utusan terakhirnya Nabi Muhammad SAW.

5. Dapat membuat hati dan kesadaran akan pentingnya pertolongan Allah SWT. Semakin kuat dan tidak meyakini adanya kekuatan yang melebihi dari kekuatan yang dimiliki Allah SWT.

6. Untuk mendapatkan ketenangan pikiran dan terhindar dari perasaan buruk yang dapat menimbulkan fitnah dan dosa.

7. Memperkuat rasa ukhuwah pada muslim yang lain walaupun mereka membaca kalimat untuk mengagungkan Allah SWT yang berbeda, misalnya dengan mengucapkan "Laa illa hail allahu".

8. Mendapatkan kasih sayang dari Allah SWT dan mendapatkan segala berkah dan rahmatnya dari segala penjuru dan mata angin.

9. Selalu mendapatkan kebaikan dari allah SWT dan dari semua yang ada di bumi termasuk dari hewan dan tumbuhan atau alam.

10. Agar mendapat hidayah berupa kemudahan menghadapi sakaratul maut dan diberikan wajah dengan cahaya yang indah di hari akhirat kelak.

11. Mempertebal rasa percaya dan rasa kecintaan kita terhadap Kekuasaan, kekuatan dan kesempurnaan yang ada pada Allah SWT.

12. Agar jiwa dan raga dapat terhindar dari perbuatan keji dan mungkar.

13. Dibukakan pintu kemudahan dari Allah SWT untuk rejeki dan selalu terjaga pada jalan kebaikan dan kebenaran.

14. Mendapatkan solusi tercepat dan mudah dari Allah SWT ketika sedang tertimpa masalah atau hal hal yang membuat hati kita bersedih.

15. Dapat meredakan dan mengendalikan amarah si jago merah atau serangan api dalam musibah kebakaran yang meluap luap dan membesar.

Itulah arti Allahu Akbar yang bisa KLovers ketahui dan juga pahami. Bukan hanya arti Allahu Akbar saja, kalian juga bisa mengetahui manfaat dari Takbir.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com