Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Ana Uhibbuka Fillah Sebagai Ungkapan Perasaan Cinta dan Kata-Kata Islami Lainnya

Kamis, 02 Desember 2021 12:33 WIB
Arti Ana Uhibbuka Fillah Sebagai Ungkapan Perasaan Cinta dan Kata-Kata Islami Lainnya

Kapanlagi.com - Setiap manusia pasti akan merasakan cinta. Entah itu kepada sesama manusia, lebih spesifik kepada orang tua, atau keluarga. Wajar pula jika kalian ingin mengungkapkan perasaan tersebut.

Salah satu ungkapan perasaan cinta dalam bahasa Arab yang cukup populer adalah ana uhibbuka fillah. Arti ana uhibbuka fillah punya makna yang cukup mendalam. Kalian bisa memakainya untuk mengutarakan perasaan sungguh-sungguh kepada orang terkasih.

Arti ana uhibbuka fillah adalah aku mencintaimu karena Allah. Ya, Allah mengajarkan cinta kasih kepada umat manusia. Perasaan cinta seperti itu merupakan cara yang mulia.

Bahkan, karena keindahan arti ana uhibbuka fillah, ada lagu berbahasa Indonesia yang menggunakan ungkapan tersebut sebagai judulnya. Nah, agar kalian lebih paham tentang ungkapan perasaan cinta dalam bahasa Arab ini, silakan simak informasi berikut ini.

1. Arti Ana Uhibbuka Fillah

Gambar

Mencintai saudara sesama muslim merupakan hal yang sudah seharusnya dilakukan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengucapkan kata-kata indah untuk mengungkapkan perasaan. Salah satu ungkapan yang cukup populer adalah ana uhibbuka fillah.

Secara harfiah, arti ana uhibbuka fillah adalah aku mencintaimu karena Allah. Ya, arti ana uhibbuka fillah memang mengandung makna yang begitu dalam.

Perlu diketahui bahwa cara mencintai paling utama yaitu dengan mencintai karena Allah. Allah merupakan tali iman yang paling kuat. Penjelasan mengenai hal tersebut bisa kalian simak dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud berikut ini.

"Barang siapa yang mencintai karena Allah, dan membenci karena Allah, memberi karena Allah, dan mencegah karena Allah, maka ia benar-benar menyempurnakan iman."

2. Penggunaan Ucapan Ana Uhibbuka Fillah

Gambar

Cinta bukanlah perasaan yang sembarangan. Bukan hal yang bisa sembarangan dikatakan. Seperti arti ana uhibbuka fillah yang sudah dijelaskan di atas, mencintai pun ada tata caranya, yaitu dengan mencintai karena Allah. Cinta yang demikian merupakan perasaan mulai yang bernilai pahala.

Berikut ini terdapat hadis yang menjelaskan bahwa mencintai karena Allah merupakan salah satu hal yang dialami hamba untuk merasakan manisnya keimanan.

"Tiga perkara yang seseorang akan merasakan manisnya iman : [1] ia lebih mencintai Allah dan Rasul-Nya lebih dari yang lainnya, [2] ia mencintai seseorang hanya karena Allah, [3] ia benci untuk kembali pada kekufuran sebagaimana ia benci bila dilemparkan dalam neraka." (HR. Bukhari no. 6941 dan Muslim no. 43)

Nah, selain arti ana uhibbuka fillah, ada pula ungkapan perasaan dalam bahasa Arab lainnya yang perlu kalian ketahui. Ada pula ungkapan untuk membalasnya, seperti berikut ini.

- Ungkapan: Ana uhibbuka fillah (Aku mencintaimu karena Allah).

Jawaban: Ahabbaka-lladzii ahbabtanii lahu (Semoga Allah mencintaimu, karena engkau telah mencintaiku karena-Nya).

- Ungkapan: Inni uhibbuki fillah (sesungguhnya aku mencintaimu karena Allah (wanita)).

- Ungkapan: Inni uhibbuka fillah (sungguh aku mencintaimu karena Allah (laki-laki)).

- Ungkapan: Inni uhibbukum fillah (sungguh aku mencintai kalian karena Allah (jamak))

3. Lirik Lagu Ana Uhibbuka Fillah

Gambar

Selain melalui penjelasan di atas, apa pula cara memahami arti ana uhibbuka fillah melalui lagu. Lagu yang berjudul "Ana Uhibbuka Fillah" ini dinyanyikan oleh Aci Cahaya dan rilis pada tahun 2015. Berikut lirik penuh keindahan yang bisa kalian simak.

Saat pertama ku mengenalmu

Ku rasa sesuatu yang berbeda

Ku ingin mendekatimu

Tapi ku takut kau menjauh

Semakin lama rasa ini terpendam

Semakin aku ingin mendekatimu

Dari kejauhan ku melihatmu

Ku berharap kau pun merasakan

Iman dan takwamu yang meluluhkan

Rasa ini menjadi cinta

Kekasih idaman yang ku harapkan

Semoga cinta ini menjadi nyata

Ana uhibbuka fillah

Ku mencintaimu karena allah

Jika dia yang terbaik untukku

Dekatkanlah hati kami ya allah

Semakin lama rasa ini terpendam

Semakin aku ingin mendekatimu

Dari kejauhan ku melihatmu

Ku berharap kau pun merasakan

Iman dan takwamu yang meluluhkan

Rasa ini menjadi cinta

Kekasih idaman yang ku harapkan

Semoga cinta ini menjadi nyata

Ana uhibbuka fillah

Ku mencintaimu karena allah

Jika dia yang terbaik untukku

Dekatkanlah hati kami ya allah

4. Kata-Kata Cinta Islami

Gambar

Setelah mengetahui arti ana uhibbuka fillah, kalian tentu penasaran dengan beberapa ungkapan cinta islami lainnya. Kalian bisa menyimaknya dalam daftar berikut ini.

1. "Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS Al Baqarah ayat 216)

2. "Jika aku jatuh cinta, cintakanlah aku pada seseorang yang melebihkan cintanya padamu, agar bertambah kekuatanku untuk lebih mencintaimu."

3. "Ku titipkan cinta ini hanya pada-Mu, jagalah hatiku dan hatinya dari rasa kecewa, hingga waktu itu tiba. Persatukanlah kami dalam restu dan Ridho-Mu."

4. "Allah telah menuliskan nama pasanganmu. Yang perlu kau lakukan adalah memperbaiki hubunganmu dengan-Nya."

5. "Kalau aku mencintai karena Allah, cintamu tak akan pernah mati."

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti ana uhibbuka fillah sebagai ungkapan perasaan cinta yang perlu kalian pahami.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com