Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Anomali yang Sering Dipakai dalam Keadaan Tidak Biasa, Ketahui Macam-macamnya

Selasa, 05 Juli 2022 10:44 WIB
Arti Anomali yang Sering Dipakai dalam Keadaan Tidak Biasa, Ketahui Macam-macamnya

Kapanlagi.com - Mendengar istilah anomali tentu bukan hal baru lagi. Namun, tidak sedikit orang tahu apa arti anomali yang sering dipakai untuk menjelaskan keadaan tidak biasa, tidak normal ataupun menyimpang.

Kata anomali di KBBI memiliki beberapa penjelasan. Di mana pada dasarnya arti anomali adalah keadaan yang tidak biasa terjadi dalam sejumlah bidang. Kaitannya bisa dalam dunia kedokteran, ilmu sosiologi, psikologi, atau bahkan ekonomi.

Meskipun kata ini cukup familiar, tidak sedikit yang belum memahami makna dari arti anomali. Karena itulah di bawah ini akan dijelaskan tentang arti anomali beserta macam-macamnya. Cek apa saja macam-macam anomali beserta artinya sebagai berikut yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Anomali di KBBI

Gambar

Kata anomali kerap digunakan untuk menjelaskan suatu keadaan yang aneh, tidak normal ataupun tidak biasa. Namun tidak sedikit yang tahu arti anomali sebenarnya di KBBI. Pasalnya di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Arti anomali memiliki tiga poin penjelasan yang penting kalian ketahui. Lalu apa arti anomali di KBBI?

Pengertian anomali di KBBI adalah tidak seperti yang pernah ada ataupun penyimpangan dari yang sudah ada. Kedua, arti anomali adalah penyimpangan atau kelainan baik itu dipandang dari sudut konvensi gramatikal atau semantis suatu bahasa. Ketiga, arti anomali adalah penyimpangan dari keseragaman sifat fisik serta sering menjadi perhatian eksplorasi.

Itu adalah beberapa arti anomali di KBBI yang pada kesimpulannya menjelaskan suatu keadaan yang tidak biasa, penyimpangan, keanehan, ketidaknormalan. Tidak heran mengapa istilah ini kerap dipakai dalam beberapa situasi baik untuk menjelaskan suatu keadaan ilmiah, perilaku ataupun cuaca dan lainnya.

2. Dimensi Anomali

Gambar

Setelah tahu arti anomali di KBBI, keadaan ini juga memiliki dua dimensi. Arti anomali adalah untuk menjelaskan atau mendeskripsikan suatu keadaan yang tidak normal, aneh, penyimpangan ataupun keadaan tidak biasa. Artinya, bahwa sesuatu itu bisa berubah-ubah lain dari biasanya.

Arti anomali tersebut memiliki dua dimensi yakni dimensi fisik dan dimensi perilaku. Di mana arti anomali dimensi fisik adalah suatu keadaan yang dinilai menyimpang atau penyimpangan bisa dilihat secara fisik yakni berkaitan dengan tubuh manusia. Sementara arti anomali dimensi perilaku yakni dipandang dari ilmu Psikologi, Sosiologi, ataupun ekonomi.

Misalnya saja anomali dilihat dari ekonomi yakni menjelaskan suatu harga yang dinilai menyimpang dari harga normal.  Itulah penjelasan tentang arti anomali dan dimensinya.

3. Arti Anomali Norma

Gambar

Jika ulasan sebelumnya menjelaskan mengenai arti anomali secara umum, kali ini ada juga anomali terhadap norma. Seperti diketahui norma adalah aturan atau ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat. Lalu bagaimana dengan arti anomali terhadap norma?

Arti anomali terhadap norma melansir dari sejumlah sumber adalah berkaitan dengan perilaku manusia yang dianggap buruk, dilarang, melanggar aturan, dibatasi, disensor. Selain itu arti anomali tersebut juga bisa menjelaskan sesuatu yang dianggap kebanyakan aneh, tidak biasa, atau tidak normal seperti pada umumnya.

Sejumlah ilmuwan dan tokoh mengaitkan anomali terhadap norma ini berkaitan dengan suatu keadaan yang dinilai tidak sesuai dengan aturan, kebiasaan, ketentuan, ataupun tolok ukur yang berkembang di masyarakat. Karenanya arti anomali tersebut bisa saja menyimpang dari hukum, aturan ataupun norma.

4. Macam-Macam Anomali

Gambar

Tidak hanya arti anomali, karena penting juga tahu apa saja macam-macam anomali. Karena terdapat beberapa macam anomali yang digunakan untuk menjelaskan suatu keadaan yang dianggap tidak biasa, ketidaknormalan, keanehan, penyimpangan. Ini macam-macam anomali yang perlu kalian ketahui.

1. Arti Anomali Air

Pengertian anomali air adalah menjelaskan keadaan air yang dinilai aneh, tidak normal dan tidak biasa. Dengan kata misalnya saja terjadi peningkatan suhu, perubahan warna, dan lainnya. Contohnya saja untuk anomali air yakni ketika terjadi pemuaian air saat dipanaskan dalam suhu tertentu namun justru terjadi ketidaknormalan.

2. Arti Anomali Cuaca

Pengertian anomali cuaca adalah keadaan ketika cuaca terjadi secara tidak biasa, tidak normal, keanehan, menyimpang dari biasanya. Contohnya saja ketika terjadi turun salju di wilayah tropis yang seharusnya hanya ada dua musim yakni musim panas dan musim hujan.

3. Arti Anomali Data

Arti anomali data adalah menjelaskan suatu data yang muncul menyimpang, tidak wajar, tidak biasa, aneh. Dengan kata lain arti anomali ini juga bisa menandakan adanya suatu kesalahan dalam data.

4. Arti Anomali Pasar

Anomali pasar adalah keadaan ketika sekuritas atau sekelompok sekuritas berperforma berlawanan dengan gagasan pasar yang efisien. Misalnya saja anomali perusahaan, anomali musiman, anomali peristiwa atau kejadian.

5. Arti Anomali Peremajaan

Anomali ini merupakan macam anomali dalam dunia kedokteran. Di mana arti anomali peremajaan adalah suatu keadaan yang tidak biasa, tidak normal, atau kesalahan yang terjadi akibat operasi perubahan record dari relasi.

6. Arti Anomali Penghapusan

Jika sebelumnya adalah terjadi perubahan, maka anomali penghapusan artinya adalah anomali yang menjelaskan suatu kesalahan yang terjadi akibat operasi penghapusan record dari relasi.

Itulah penjelasan tentang arti anomali yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkanmu memahami makna dari anomali.

(kpl/gen/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com