Arti Bad Mood yang Berkaitan dengan Suasana Hati, Ketahui Juga Penyebab dan Cara Mengatasinya

Editor KapanLagi.com | Kamis, 25 November 2021 17:11 WIB
Arti Bad Mood yang Berkaitan dengan Suasana Hati, Ketahui Juga Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kapanlagi.com - Saat ini tentu kita sudah cukup familiar dengan istilah bad mood. Bagaimana tidak, istilah bad mood sudah biasa dipakai di keseharian. Baik dalam percakapan sehari-hari, maupun dalam status atau caption di media sosial. Meski kini terbilang kata yang cukup populer dan sering dipakai, faktanya masih banyak orang yang tidak tahu arti bad mood yang sebenarnya.

Secara umum, kata bad mood berasal dari bahasa Inggris. Namun, kini istilah ini sudah terasa layaknya kata asli dalam bahasa Indonesia karena saking seringnya dipakai sehari-sehari. Arti bad mood sering kali dikaitkan dengan suasana seseorang. Lebih tepatnya, bad mood dipakai untuk menyebut suasana hati yang sedang buruk.

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami bad mood. Namun, tak semua orang tahu arti bad mood yang sebenarnya. Pada dasarnya suasana hati seseorang memang tidak mungkin selamanya tenang dan bahagia. Ada kalanya, berbagai hal yang tak diinginkan terjadi, sehingga membuat suasana hati yang semula baik menjadi buruk. Maka dari itu, penting untuk tahu arti mood dan informasi penting seputarnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang arti bad mood, penyebab dan cara mengatasinya.

1. Arti Bad Mood

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, istilah bad mood berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu "bad" dan "mood". Secara umum, kita tahu jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kata "bad" berarti 'buruk', sedangkan "mood" berarti 'suasana hati' atau 'emosi'. Sehingga, jika dimaknai secara literal, arti bad mood adalah suasana hati yang sedang buruk.

Namun bad mood tak sekadar suasana hati yang buruk ketika sedang sedih atau marah. Kondisi bad mood bisa ditunjukkan dengan reaksi seseorang yang negatif terhadap suatu hal. Bad mood juga sering kali disertai dengan hilangnya gairah untuk melakukan suatu pekerjaan.

Oleh sebab itu, penting untuk memahami arti bad mood, termasuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Terkait penyebab dan cara mengatasi bad mood, akan dijelaskan di penjelasan berikutnya.

2. Penyebab Bad Mood

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami bad mood, mulai dari hal-hal yang bersifat internal maupun eksternal. Adapun hal-hal internal di antaranya dipengaruhi pola kebiasaan, kesehatan fisik, dan mental. Sementara, dari sisi eksternal bad mood bisa dipengaruhi oleh berbagai hal mulai dari kebutuhan sinar cuaca, hingga peristiwa yang terjadi di luar ekspektasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hal yang bisa jadi penyebab bad mood.

1) Mengidap Penyakit Tertentu

Kondisi kesehatan seseorang diketahui juga dapat mempengaruhi suasana hatinya. Dilansir dari klikdokter, beberapa sejumlah penyakit seperti diabetes, parkinson, stroke, dan gangguan tiroid diketahui bisa mempengaruhi mood seseorang.

2) Sedang Mengalami PMS

Seorang perempuan yang mengalami PMS juga cenderung lebih rentan mengalami bad mood. Menurut American College of Obstetrics and Gynecology, suasana hati seorang perempuan umumnya dapat berubah pada rentang dua minggu jelang masa menstruasi.

3) Kurang Tidur

Pola tidur juga sangat berpengaruh terhadap mood. Seseorang yang jam tidurnya kurang, cenderung berisiko mengalami bad mood. Oleh karena itu, seseorang yang mengalami gangguan tidur seperti apnea lebih sering mengalami bad mood.

4) Kurang Olahraga

Secara umum, olahraga dikenal bisa jadi satu kegiatan untuk melepaskan hormon perasaan yang mengatur baik. Maka dari itu, selain pola tidur, kebiasaan berolahraga juga berpengaruh terhadap kondisi suasana hati seseorang. Seorang yang kurang olahraga akan lebih rentan mengalami bad mood.

5) Pengaruh Cuaca

Siapa sangka, ternyata cuaca juga jadi salah satu yang cukup berperan dalam mempengaruhi mood seseorang. Cuaca yang cerah disinyalir bisa membuat suasana hati seseorang menjadi lebih ceria dan bahagia. Sebaliknya, cuaca mendung dan hujan bisa membuat seseorang merasa lebih sedih dan muram.

6) Pengaruh Mood Orang Lain

Mood atau suasana hati merupakan suatu hal yang bisa menular. Maksudnya, perasaan atau mood seseorang ternyata terbukti bisa mempengaruhi suasana hati orang lain. Itulah sebabnya, saat menghadapi seorang yang sedang bad mood, kita bisa terbawa perasaan menjadi ikut jengkel, lelah, bahkan marah.

3. Cara Mengatasi Bad Mood

Selain arti bad mood dan penyebabnya, cara mengatasi bad mood jadi hal yang tak kalah penting untuk diketahui. Pasalnya, bad mood tidak boleh dianggap sepele dan harus segera diatasi. Sebab, sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, bad mood bisa menyebabkan berbagai pekerjaan terhambat. Berikut beberapa cara mengatasi bad mood.

1) Meluapkan Perasaan yang Dialami

Tidak membohongi diri sendiri, mengakui dan meluapkan perasaan tidak menyenangkan yang sedang dirasakan bisa membuat kalian lebih lega. Dengan begitu, perasaan bag mood perlahan juga akan menghilang. Agar semakin melegakan, kalian bisa mencurahkan perasaan tidak nyaman tersebut dengan cerita pada teman orang yang bisa dipercaya.

2) Tidur Cukup

Tidur cukup terbukti dapat membuat emosi dan suasana hati jadi stabil. Tidurlah selama 8,5 jam hingga 9,5 jam per hari agar fisik dan psikis menjadi lebih fit.

3) Berolahraga Rutin

Rutin berolahraga juga terbukti efektif menjaga suasana hati. Saat berolahraga, tubuh memompa aliran darah lebih cepat, sehingga tubuh akan banyak melepaskan "hormon bahagia".

4) Melakukan Hal yang Disukai

Melakukan hal yang disukai juga terbukti efektif dalam mengatasi bad mood. Ketika bad mood, coba lakukan hal yang kalian sukai seperti mendengarkan musik, melukis, atau hobi lainnya. Saat melakukan hal yang disukai, perlahan perasaan akan menjadi lebih tenang dan senang.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti bad mood beserta penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

(kpl/gen/psp)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com