Arti Barakallahu Fiikum dan Cara Menggunakannya Beserta Respon Menjawabnya, Jangan Sampai Salah

Editor KapanLagi.com | Rabu, 27 Oktober 2021 18:55 WIB
Arti Barakallahu Fiikum dan Cara Menggunakannya Beserta Respon Menjawabnya, Jangan Sampai Salah

Kapanlagi.com - Arti Barakallahu Fiikum diambil dari bahasa Arab. Barakallahhu Fiikum merupakan ucapan doa untuk seseorang. Arti Barakallahu Fiikum sebenarnya merupakan bentuk jamak dari kata Barakallahu Fiik. Keduanya memiliki makna serupa yang bertujuan untuk mendoakan agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Ketika mendapatkan kabar baik, rasa syukur ataupun sebuah pertolongan, ucapan Alhamdulillah seringkali diucapkan oleh umat muslim. Namun ternyata ada juga ucapan doa yang bisa diucapkan dengan tujuan mendoakan keberkahan untuk seseorang baik itu kabar bahagia ataupun karena pertolongan mereka.

Meski kini Barakallahu Fiikum cukup akrab di telinga, sejumlah orang belum memahami arti Barakallahu Fiikum sebenarnya. Sedangkan secara bahasa, arti Barakallahu Fiikum berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti Semoga Allah Memberkahi Kalian. Kata Fiikum dari arti Barakallahu Fiikum tersebut merupakan bentuk jamak yang mana ditunjukkan tak hanya untuk diri kalian sendiri melainkan juga keluarga.

Nah, berikut ini arti Barakallahu Fiikum yang perlu kalian ketahui. Selain arti Barakallahu Fiikum ada juga cara menggunakannya serta cara untuk menjawab dengan tepat. Langsung saja simak ulasannya tentang arti Barakallahu Fiikum telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Arti Barakallahu Fiikum

Pernah mendengar kata Barakallahu Fiikum dari seseorang? Buat yang belum tahu arti Barakallahu Fiikum tentu akan bingung dengan makna sebenarnya kata tersebut. Ucapan Barakallahu Fiikum biasanya digunakan oleh umat muslim untuk mendoakan keberkahan seseorang atas izin Allah SWT.

Lalu apa sebenarnya arti Barakallahu Fiikum? Arti Barakallahu Fiikum sebenarnya serupa dengan Barakallhu Fiik, Barakallahu Fiika, ataupun Barakallhu Fiiki. Di mana arti Barakallahu Fiikum yakni Semoga Allah SWT Memberkahi Kalian. Selain itu dapat juga arti Barakallahu Fiikum yakni Semoga Kalian Diberkahi Allah SWT.

Dari arti Barakallahu Fiikum tersebut dapat disimpulkan bahwa kata ini merupakan ucapan doa yang baik. Karena tujuannya adalah mendoakan agar seseorang mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Kata Fiikum digunakan ketika subjeknya adalah jamak. Ya, seperti diketahui dalam bahasa Arab dikenal dengan beberapa subjek yang digunakan untuk menyebut laki-laki, perempuan, perempuan banyak, atau laki-laki banyak. Nah, arti Barakallahu Fiikum jika diterjemahkan adalah Semoga Allah SWT Memberkahi Kalian, kata kalian yang dimaksudkan di sini bukan hanya untuk dirimu sendiri melainkan juga keluarga.

2. Arti Barakallahu Fiikum dan Bentuk Lainnya

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, ada beberapa arti yang serupa dengan Barakallahu Fiikum. Arti Barakallahu Fiikum tersebut digunakan untuk mendoakan keberkahan bagi seseorang bukan hanya untuk diri mereka sendiri melainkan juga keluarga. Maka penggunaan katanya jika diterjemahkan arti Barakallahu Fiikum yakni Semoga Allah SWT Memberkahi Kalian. Sedangkan ada beberapa bentuk lain dari Barakallahu Fiikum yang perlu kalian ketahui. Sehingga bisa memudahkan kalian dalam memahami penggunaan ucapan Barakallahu Fiikum.

1. Arti Barakallahu Fiik digunakan untuk subjek satu orang. Maka artinya adalah semoga Allah memberkahimu.

2. Arti Barakallahu Fiikum digunakan untuk subjek jamak lebih dari satu orang. Maka artinya semoga Allah memberkahi kalian.

3. Arti Barakallahu Fiika digunakan untuk subjek seorang pria. Maka artinya semoga Allah memberkahimu wahai pria.

4. Arti Barakallahu Fiiki digunakan untuk subjek seorang wanita. Maka artinya semoga Allah memberkahimu wahai wanita.

3. Arti Barakallahu Fiikum dan Jawabannya

Setelah tahu arti Barakallahu Fiikum beserta ucapan doa yang serupa, perlu tahu juga jawaban ketika kalian mendapatkan ucapan seperti ini. Sehingga keberkahan dapat kembali pada sang pemberi doa. Pasalnya, jawaban untuk ucapan Barakallahu Fiikum berdasarkan bentuk yang serupa cukup berbeda. Di mana ini disesuaikan dengan subjeknya. Berikut ulasannya tentang arti Barakallahu Fiikum dan jawabannya.

1. Wa Fiihim Barakallah artinya Allah memberkahi mereka semua. Jawaban untuk ucapan ini digunakan ketika subjeknya jamak atau lebih dari satu orang baik pria atau wanita.

2. Wa Fiikum Barakallah artinya Allah memberkahi kalian semua. Jawaban jika subjeknya jamak dapat terdiri lebih dari satu orang baik pria atau wanita.

3. Wa Fiiki Barakallah artinya Allah memberkahimu. Jawaban jika subjeknya seorang wanita tunggal.

4. Wa Fiika Barakallah artinya Allah memberkahimu. Jawaban jika subjeknya seorang pria tunggal.

4. Arti Barakallahu Fiikum dan Waktu Tepat Menggunakannya

Setelah memahami arti Barakallahu Fiikum beserta jawabannya, ucapan ini perlu kalian ucapkan dalam waktu yang tepat. Sebab itulah berikut ini waktu tepat menggunakan Barakallahu Fiikum. Sehingga membantu kalian menggunakan ucapan arti Barakallahu Fiikum secara tepat berdasarkan waktu dan keadaan. Langsung saja simak waktu tepat menggunakan kata arti Barakallahu Fiikum.

1. Barakallahu Fiikum digunakan untuk ucapan selamat atas pernikahan.

2. Barakallahu Fiikum digunakan untuk ucapan ulang tahun seseorang.

3. Barakallahu Fiikum digunakan untuk seseorang yang baru saja melahirkan atau memperoleh rezeki.

4. Barakallahu Fiikum digunakan untuk kesuksesan dan keberhasilan seseorang.

5. Barakallahu Fiikum digunakan untuk ucapan selamat saat naik haji.

6. Barakallahu Fiikum digunakan atas bantuan dan pertolongan seseorang.

7. Barakallahu Fiikum digunakan ketika bertemu sahabat atau orang tersayang.

Nah itulah arti Barakallahu Fiikum dan cara menggunakannya beserta respon untuk menjawabnya. Semoga ulasan di atas dapat dijadikan referensi untuk memahami arti Barakallahu Fiikum beserta penggunaannya.

Sumber: Liputan6.com, learniseasy.com

(kpl/gen/nlw)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com