Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Binal dan Maknanya yang Sering Dikonotasikan Negatif, Ketahui Sinonim dan Antonimnya

Sabtu, 02 Juli 2022 12:22 WIB
Arti Binal dan Maknanya yang Sering Dikonotasikan Negatif, Ketahui Sinonim dan Antonimnya

Kapanlagi.com - Pernah mendengar kata binal? Kalian mungkin pernah menjumpai kata ini di media sosial. Namun tidak sedikit orang belum tahu arti binal yang kerap dikonotasikan dengan makna negatif.

Di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), beragam kata dan istilah sangat mudah kalian temukan maknanya. Termasuk kata binal yang tidak banyak diketahui maknanya. Akan tetapi, kata ini sebenarnya merupakan kata yang sudah cukup sering dipakai loh KLovers.

Jika kalian termasuk baru mendengar kata ini, cek ulasan sebagai berikut tentang arti binal dan maknanya. Selain arti binal, ada juga beberapa sinonim dan antonim kata ini yang mungkin sudah sangat familiar kalian dengar. Misalnya saja kata lain dari arti binal adalah nakal. Di mana ungkapan ini tentunya sudah sering digunakan jika dibandingkan dengan kata binal.

Sementara itu, berikut arti binal yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Binal di KBBI

Gambar

Seperti diketahui, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjadi rujukan untuk beragam jenis kata dan istilah dengan makna tertentu. Salah satunya, kata binal di KBBI yang memiliki beberapa makna. Di KBBI, arti binal dijelaskan dalam dua poin.

Pertama, arti binal di KBBI adalah Bengal dan tidak menurut. Dengan kata lain arti binal tersebut sering diungkapkan untuk seseorang yang kurang mendapat perhatian dari orang tua. Maknanya bisa merujuk pada seorang anak atau anak muda.

Kedua, arti binal di KBBI adalah selalu hendak lari ataupun aktif. Arti binal tersebut bisa merujuk pada hewan seperti kuda yang dilepas lagi. Selain itu, arti binal dapat juga berarti liar. Seperti arti binal di KBBI yang sudah kalian ketahui, kata ini seringkali mengandung makna dengan konotasi negatif.

2. Arti Binal dan Maknanya

Gambar

Setelah tahu arti binal di KBBI, kalian juga perlu tahu apa makna dari arti binal. Karena makna arti binal ternyata termasuk ke dalam kata sifat atau adjecktive. Sementara itu, makna dari arti binal biasanya digunakan untuk menggambarkan tindakan atau sifat seseorang yang sering dinilai cukup negatif.

Sebab, arti binal adalah tidak menurut, liar, ataupun bengal. Kata ini dapat digunakan sebagai sindiran kepada seseorang yang memiliki sikap tidak menurut, bengal, ataupun ngeyel. Misalnya saja, contoh kata binal yakni Dia menjadi sangat binal usai pindah dari rumah orang tuanya.

Maksud dari kata binal tersebut menjelaskan bahwa seseorang bertindak dan bersikap tidak menurut lagi ataupun bengal setelah pindah dari rumah orang tuanya. Selain itu dalam bahasa Jawa, arti binal bisa disebut juga dengan mbeling alias nakal.

3. Contoh Kata Binal

Gambar

Terdapat beberapa contoh kata binal yang bisa bakalan memudahkanmu memahami maknanya. Ini contoh kata binal beserta dengan penggunaannya secara lengkap.

1. Di era zaman modern sekarang, kita harus bisa memilih pergaulan agar tidak menjadi binal.

2. Kuda yang binal tersebut lagi-lagi menyusahkan pemiliknya.

3. Orang tua harus memperhatikan anaknya agar tidak menjadi binal.

4. Seseorang bisa menjadi binal karena banyak faktor termasuk kurangnya perhatian orang tua.

5. Kuda itu masih sangat binal sehingga sulit dikendalikan pemiliknya.

6. Tingkahnya binal sekali setelah kepergian sang ayah.

7. Dia merasa sakit hati karena pacarnya direbut oleh orang yang lebih binal.

8. Kakakku kesal berat karena laki-laki binal yang menggodaku kemarin.

9. Tidak sedikit yang tampak binal justru punya kehidupan yang kelam.

Itulah beberapa contoh penggunaan kata binal yang semakin menambah pemahaman kalian tentang arti binal. Sehingga dapat dijadikan referensi dan pilihan buat tahu makna dan penggunaan kata binal.

4. Sinonim Kata Binal

Gambar

Kata binal juga memiliki beberapa sinonim yang penting kalian ketahui. Sinonim kata binal di bawah ini beberapa di antaranya sudah cukup umum dipakai. Tidak heran jika ada sebagian dari kalian mungkin baru tahu makna dan arti binal.

Sinonim sendiri diartikan sebagai persamaan kata. Di mana ada beragam kata yang memiliki makna atau arti hampir serupa. Misalnya saja kata binal yang mana juga memiliki beberapa sinonim. Sementara itu di bawah ini penjelasan tentang sinonim kata binal yang perlu dipahami.

1. Nakal.

2. Bengal.

3. Culas.

4. Berkelakuan buruk.

5. Bandel.

6. Badung.

7. Kasar.

8. Curang.

9. Biadab.

10. Jalang.

11. Keras kepala.

12. Kepala batu.

13. Kurang ajar.

14. Buas.

15. Sebal.

16. Rusak.

17. Pembangkang.

18. Brengsek.

19. Mbeling.

20. Liar.

21. Licik.

22. Berandalan.

23. Garang.

Dan lainnya itulah beberapa sinonim dari kata binal yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkanmu tahu makna dari sinonim kata binal.

5. Antonim Binal

Gambar

Selain persamaan kata binal atau sinonim, ada lawan kata dari binal. Lawan kata binal ini merupakan kebalikan dari arti binal yang sering dikonotasikan ungkapan negatif. Yuk langsung saja simak antonim binal sebagai berikut.

Alim.

Patuh.

Jinak.

Penurut.

Itulah beberapa antonim atau lawan kata binal yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkanmu tahu makna dari arti binal sebenarnya. Sementara itu semoga ulasan di atas dapat memudahkanmu tahu makna dari arti binal.

(kpl/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com