Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Bismillahirohmanirohim dan Keutamaan Membacanya Sebelum Beraktivitas

Selasa, 19 Oktober 2021 10:33 WIB
Arti Bismillahirohmanirohim dan Keutamaan Membacanya Sebelum Beraktivitas

Kapanlagi.com - Seorang muslim sangat dianjurkan untuk senantiasa beriman kepada Allah SWT karena hidup ini memang bergantung kepada-Nya. Oleh karena itu, sesuai imbauan Nabi Muhammad SAW, umat islam dianjurkan untuk memulai segala sesuatu dengan bacaan bismillah. Mengetahui arti Bismillahirohmanirohim juga akan menyadarkan manusia dari segala tindakan yang sekadar rutinitas.

"Setiap perkara baik yang tidak didahului dengan Bismillahirrahmanirrahim, perkara itu terpotong (percuma atau tidak dianggap ibadah)."

Berdasarkan imbauan Nabi Muhammad SAW di atas, dengan mengucap bismillah, rutinitas kalian akan menjadi laku ibadah. Dengan mengetahui arti Bismillahirohmanirohim semacam ini, tentu kesadaran kalian akan kebesaran Allah akan senantiasa terjaga.

Masih ada arti Bismillahirohmanirohim beserta makna lain yang patut kalian ketahui. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai makna dan keutamaan bacaan Bismillahirohmanirohim yang penting untuk kalian pelajari.

1. Arti Bismillahirohmanirohim

Gambar

Arti Bismillahirohmanirohim adalah:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"

Kalimat ini memang sering diucapkan oleh umat islam saat akan memulai aktivitas. Bukan tak beralasan, anjuran membaca bismillah disampaikan oleh Rasulullah lengkap dengan alasannya berikut ini.

"Tidaklah seorang yang membaca Bismillahirrahmanirrahim kecuali Allah akan utus kepadanya seorang (malaikat pencatat) menuliskan 400 kebaikan untuknya."

Selain itu, Rasulullah juga menggambarkan keistimewaan bacaan bismillah dengan luar biasa, seperti berikut ini:

"Allah menghiasi langit dengan bintang-gemintang, menghiasi malaikat dengan Jibril, menghiasi surga dengan bidadari, menghiasi para nabi dengan Muhammad saw, menghiasi hari dengan Jumat, menghiasi malam dengan Lailatul Qadar, menghiasi bulan dengan Ramadhan, menghiasi masjid dengan ka'bah, mengisi mushaf dengan Al-Qur'an, dan menghiasi Al-Qur'an dengan Bismillah".

2. Keutamaan Membaca Bismillahirohmanirohim

Gambar

Arti Bismillahirohmanirohim adalah memohon restu kepada Allah SWT agar mendapat kelancaran dalam sebuah usaha. Selain anjuran dalam hadis di atas, ternyata masih banyak keutamaan Bismillahirohmanirohim yang bisa kalian dapatkan, seperti berikut ini:

1. Pelindung Tidur dan Gangguan Jin

Dalam sebuah riwayat yang terdapat dalam al-Jami Shagir dan dihasankan oleh Munawi dalam syarhnya, Nabi Muhammad SAW bersadba:

"Penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam, apabila salah seorang dari mereka melepas pakaiannya, ialah dengan membaca Bismillah".

Selain menghalangi mata jin, membaca bismillah juga bisa menjadi pelindung saat kalian tidur. Melansir informasi dari laman Dream, salah satu keistimewaan dari bacaan Bismillah, sebagaimana disampaikan Imam Muhammad Nawawi Al-Jawi yang menukil dari Imam Ahmad As-Showi dalam kitabnya "Kasyifatussaja" berikut:

"Di antara keistimewaan yang dimiliki basmalah, ketika seseorang membacanya sebanyak 21 kali sebelum tidur, maka pada malam itu ia akan terselamatkan dari gangguan setan, dari kemalingan, dari mati mendadak, dan bencana yang lainnya."

2. Pelindung dari Kejahatan Setan

Bacaan "Bismillahirohmanirohim" bisa melindungi manusia dari kejahatan setan. Dalam riwayat HR Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Apabila salah seorang masuk ke rumahnya dan mengingat Allah (berdzikir) ketika masuknya dan ketika makan, maka setan berkata :

"Tidak ada tempat istirahat dan makan malam untuk kalian". Dan apabila ia masuk dan tidak mengingat Allah ketika masuk, maka setan berkata: "Kalian telah mendapatkan tempat istirahat dan makan malam.

Dalam Syarh Nawawi 'ala Muslim, Imam Nawawi berkata, "Dengan demikian disunnahkan untuk mengingat Allah Subhanahu wa Ta'ala ketika masuk rumah dan makan".

3. Pembuka Rezeki

Bismillahirrahmanirrahim bisa bermakna sebagai pembuka pintu rezeki. Oleh karena itu, jika kalian membacanya sebelum bekerja, belajar, atau melakukan segala sesuatu maka keberkahan akan mendatangi kalian.

Selanjutnya, bacaan bismillah bisa membuat segala tujuan jadi lancar pada setiap langkahnya dan tak terputus berkahnya. Hal tersebut bisa kalian simak dalam hadis berikut ini.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan 'bismillahirrahmanir rahiim', amalan tersebut terputus berkahnya." (HR. Al-Khatib).

3. Arti Bismillah dan Maknanya

Gambar

Berikut ini arti Bismillahirohmanirohim beserta maknanya yang berasal dari tafsir para ulama.

- Bismillahirrahmanirrahim adalah pembatas dari setiap surat. Ibnu Abbas Radhiallahu 'Anhuma berkata:

"Dahulu Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam tidaklah mengetahui batasan/pembagian surat , sampai turunlah kepadanya: Bismillahirrahmanirrahim." (HR.Abu Daud No. 788, Al Baihaqi dalam As Sunannya No. 2206.)

- Awalan Bi, punya makna kekuasaan dan pertolongan. Orang yang melafalkan Bismillah sebelum memulai sesuatu meniatkan perbuatannya atas dasar kekuasaan dan pertolongan Allah.

- Bismillahirrahmanirrahim erat kaitannya dengan kalimat tauhid, yaitu "la ilaha illa Allah". Kalimat tauhid merupakan kalimat mulia yang membesarkan Allah. Dengan mengucapkan bismillah, seseorang senantiasa mengagungkan Allah di tiap tindakannya.

- Bismillahirrahmanirrahim diucapkan sebagai bentuk pengakuan bahwa Allah merupakan sang penguasa alam semesta yang agung.

- Bismillahirrahmanirrahim mengandung dua sifat Allah yaitu Ar-Rahman dan Ar-Rahim. Ar-Rahman berarti Allah Maha Pengasih, dan Ar-Rahim berarti Allah maha penyayang.

Itulah penjelasan mengenai arti Bismillahirohmanirohim beserta makna dan keutamaan yang patut untuk kalian pelajari.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com