Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Bunga Daisy Berdasarkan Warna dan Menurut Kepercayaan, Ketahui Juga Asal Mula Penamaannya

Editor KapanLagi.com | Kamis, 30 Juni 2022 13:11 WIB
Arti Bunga Daisy Berdasarkan Warna dan Menurut Kepercayaan, Ketahui Juga Asal Mula Penamaannya

Kapanlagi.com - Bunga jadi satu benda yang kerap hadir di momen-momen indah dan penting. Terbukti, bunga kerap kali dijadikan sebagai ornamen pelengkap dalam dekorasi pesta atau acara penting lainnya. Selain itu, bunga juga sering diberikan pada seseorang sebagai hadiah spesial dan bermakna. Di antara banyaknya jenis bunga, daisy atau aster jadi salah satu yang cukup digemari. Lantas, apa arti bunga daisy?

Ya, sebagian orang percaya bahwa sejatinya bunga bukanlah sekedar hiasan atau hadiah biasa. Bunga menjadi suatu hal yang bermakna dan menyimpan arti tersendiri. Begitu pula dengan bunga daisy yang punya beberapa makna khusus. Maka dari itu, bunga daisy akan lebih cocok dihadirkan di momen-momen tertentu. Sehingga, kalian pecinta bunga daisy wajib untuk mengetahuinya.

Penasaran, apa arti bunga daisy? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ulasan tentang arti tersembunyi dari bunga daisy.

1. Arti Berdasarkan Nama

Daisy atau aster mungki sudah tergolong jenis bunga yang cukup umum. Bunga ini biasa dipakai dalam rangkaian bucket atau untuk dekorasi. Bunga daisy bisa mendatangkan suasana yang hangat sekaligus romantis. Namun, tahukah kalian bahwa ada makna tersembunyi di balik penamaan bunga daisy.

Nama bunga daisy ternyata berasal dari bahasa Inggris kuno "Daes Eag" yang jika diartikan, artinya adalah "mata sebuah hari". Penamaan yang unik tersebut disinyalir berdasarkan karakteristik daisy. Seperti yang diketahui, bunga daisy atau aster hanya akan mekar mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam saja. Kelopak bunga daisy akan menutup du malam hari dan terbuka lagi keesokannya.

Dari karakteristik bunga daisy tersebut kemudian muncul ungkapan "as fresh as a daisy" atau "segar seperti bunga aster". Istilah tersebut biasa dipakai untuk menyebut seseorang yang memiliki waktu istirahat malam yang cukup dan baik.

2. Arti Berdasarkan Kebudayaan

Gambar

Daisy merupakan jenis bunga yang bisa hidup di mana saja. Maka dari itu, bunga cantik yang satu ini bisa ditemui hampir di belahan dunia manapun. Di bumi ini, bunga daisy disebut-sebut hanya tidak bisa tumbuh di kawasan antartika. Oleh karena itu, setiap masyarakat di berbagai belahan dunia mempunyai pemaknaan tersendiri terkait bunga daisy.

Berikut beberapa kepercayaan bunga daisy menurut beberapa kebudayaan dan kepercayaan di berbagai belahan dunia.

1. Melambangkan Kepolosan

Pertama, bunga daisy dianggap sebagai lambang dari kepolosan dan kemurnian. Arti bunga daisy ini berasal dari kebudayaan yang telah melegenda di kalangan bangsa Celtic kuno. Menurut legenda, dahulu setiap kali seorang bayi meninggal, Tuhan menaburkan bunga aster di atas bumi untuk menghibur orang tua.

2. Melambangkan Kesuburan

Dalam kepercayaan lain arti bunga daisy bisa berarti kesuburan. Arti ini berdasarkan mitologi bangsa Nordik. Bunga daisy disebut juga sebagai bunga suci Freya.

Sementara, Freya adalah dewi cinta, kecantikan, dan kesuburan. Maka dari itu bunga daisy kemudian dianggap melambangkan persalinan, keibuan, dan awal yang baru. Berdasarkan arti tersebut, bunga daisy akan cocok jika diberikan untuk memberi selamat kepada ibu yang baru melahirkan.

3. Melambangkan Kesucian

Sedangkan menurut bangsa Romawi, arti bunga daisy berkaitan dengan mitos tentang Vertumnus dan Belides. Bangsa Romawi menganggap daisy sebagai bunga yang melambangkan kesucian dan transformasi. Sebab, menurut mitologi Vertumnus yaitu dewa musim dan taman, terpikat dengan Belides, seorang nimfa. Dia terus mengejarnya, dan untuk menghindari kasih sayangnya dia mengubah dirinya menjadi bunga daisy.

3. Arti Bunga Daisy Berdasarkan Warna

Gambar

Bunga daisy ada banyak sekali jenisnya. Hal ini dikarenakan bunga daisy yang bisa tumbuh di mana saja. Sehingga, ada beragam jenis warna bunga daisy yang bisa kita temukan tergantung dimana mereka tumbuh. Nah, arti bunga daisy ternyata juga bisa dilihat dari warnanya. Sebab, masing-masing jenis warna bunga daisy disebut mempunyai arti dan makna berbeda-beda.

Berikut beberapa arti bunga daisy berdasarkan pada warnanya.

1. Daisy Biru Melambangkan Kedamaian

Bunga daisy khususnya jenis marguerite terbilang langka jika dibandingkan jenis lainnya. Arti bunga daisy biru mengisyaratkan keterbukaan serta kedamaian. Oleh sebab itu, buket bunga daisy bisa menjadi hadiah sempurna untuk diberikan dalam momen-momen bahagia.

2. Daisy Merah Melambangkan Cinta dan Kekaguman

Sementara itu, bunga daisy merah punya arti yang tak kalah mengagumkan. Arti bunga daisy merah mempunyai makna perasaan cinta dan kagum yang tersembunyi. Selain itu, bunga daisy merah juga melambangkan kecantikan yang terselubung, ketulusan, serta kesederhanaan.

3. Daisy Oranye Melambangkan Semangat

Bunga daisy oranye akan sangat cocok kalian berikan untuk pasangan, keluarga, hingga sahabat. Pasalnya bunga daisy dengan warna oranye bermakna akan rasa semangat serta rasa suka cita. Sebuah perasaan yang sangat universal dan bermakna positif.

4. Lambang Kesetiaan

Bunga daisy putih lebih melambangkan kesetiaan, kesabaran, kemurnian, dan kesederhanaan. Selain itu, pada masa-masa klasik daisy putih juga sering dikaitkan dengan karakter kerendahan hati.

Itulah di antaranya beberapa penjelasan tentang arti bunga daisy menurut kepercayaan dan berdasarkan warna. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini. Jadi, apakah bunga daisy favorit kalian?

(kpl/psp)

Editor:   Puput Saputro

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com