Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Cooking dalam Bahasa Inggris Menurut Kamus, Ketahui Makna Beberapa Kata yang Masih Berhubungan

Selasa, 17 Mei 2022 12:44 WIB
Arti Cooking dalam Bahasa Inggris Menurut Kamus, Ketahui Makna Beberapa Kata yang Masih Berhubungan

Kapanlagi.com - Bahasa Inggris jadi bahasa asing yang paling banyak dipelajari. Wajar saja, pasalnya bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional dan banyak dipakai di berbagai negara di dunia. Di Indonesia sendiri, bahasa Inggris telah dipelajari sejak bangku sekolah dasar. Oleh karena itu, tak heran jika ada beberapa kosakata bahasa Inggris yang mungkin sudah cukup familiar. Seperti kata cooking sebagai salah satu contohnya. Lantas, apa arti cooking?

Kata cooking tentu sudah tak begitu asing bagi sebagian besar masyarakat. Pasalnya, kata cooking sudah sering kita jumpai di keseharian, mulai dari dalam buku teks, film, hingga percakapan sehari-hari. Meski begitu, tetap ada beberapa orang yang tidak mengetahui arti cooking yang sesungguhnya. Terlebih, dalam kamus kata cooking ternyata punya makna yang lebih luas dibanding pemahaman masyarakat umumnya.

Nah, untuk mengetahui arti cooking secara lebih luas, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

1. Arti Cooking Menurut Kamus

Gambar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cooking merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, salah satu cara paling mudah untuk mengetahui arti cooking adalah dengan mengeceknya dalam kamus bahasa Inggris.

Dilansir dari dictionary.cambridge.com, penjelasan kata cooking adalah the activity of preparing food. Atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu 'aktivitas untuk menyiapkan makanan'.

Selain itu, dalam kamus tersebut cooking juga dijelaskan sebagai 'the skill or activity of preparing and heating food to be eaten'. Atau dalam bahasa Indonesia berarti 'keterampilan atau kegiatan menyiapkan dan memanaskan makanan yang akan dimakan'.

Berdasarkan kedua penjelasan arti cooking di atas. Maka singkatnya, arti dari kata cooking dalam bahasa Indonesia adalah memasak atau aktivitas yang berkaitan dengan mempersiapkan makanan.

Di samping itu, arti cooking juga bisa mengacu pada gaya masakan atau jenis masakan. Khususnya, berkaitan dengan asal dari suatu jenis makanan. Misalnya, masakan jepang (japanese cooking), masakan jawa (javanese cooking), masakan italia (italian cooking), masakan china(chinese cooking), dan sebagainya.

2. Contoh Penggunaan Kata Cooking dalam Kalimat

Dalam bahasa Inggris, kata cooking termasuk kosakata yang cukup populer dan umum. Terbukti, kata cooking sering digunakan di keseharian, baik dalam bentuk teks maupun percakapan sehari-hari. Hal ini lantaran, arti cooking yaitu memasak merupakan aktivitas yang di lakukan di keseharian.

Maka dari itu, mengetahui arti cooking tentu tak akan lengkap tanpa tahu contoh penggunaannya dalam kalimat. Berikut beberapa contoh penggunaan kata cooking dalam kalimat bahasa Inggris.

- Who does the cooking in your house? (Siapa yang memasak di rumahmu?)

- The constraints of politeness wouldn't allow her to say what she really thought about his cooking. (Kendala kesopanan tidak memungkinkannya untuk mengatakan apa yang sebenarnya dia pikirkan tentang masakannya.)

- My mother always loves chinese food. (Ibuku selalu menyukai makanan Cina.)

- I'm trying to be more adventurous with my cooking. (Saya mencoba untuk lebih berani dengan masakan saya.)

3. Kata yang Berkaitan dengan Cooking

Gambar

Secara umum, arti cooking adalah memasak. Dalam bahasa Indonesia, seperti yang kita tahu dalam memasak kita mengenal berbagai istilah yang masih berhubungan. Istilah-istilah tersebut umumnya merupakan teknik atau tata cara dalam memasak, seperti menggoreng, merebus, memanggang, dan sebagainya.

Ternyata, kata-kata yang merupakan teknik memasak tersebut juga ditemukan dalam bahasa Inggris. Berikut beberapa kosakata bahasa Inggris yang masih berkaitan dengan cooking (memasak).

1. Baking (memanggang, khususnya jenis kue dan roti)

Contoh kalimat:

- I use palm sugar in baking, and I really like the taste. (Saya menggunakan gula aren dalam memanggang kue, dan saya sangat menyukai rasanya.)

2. Boiling (merebus)

Contoh kalimat:

- If you give water to a small baby to drink, you have to boil it first. (Jika Anda memberikan air kepada bayi kecil untuk diminum, kalian harus merebusnya terlebih dahulu.)

3. Frying (menggoreng)

Contoh kalimat:

- She was frying eggs and getting the coffee ready. (Dia sedang menggoreng telur dan menyiapkan kopi.)

4. Grilling (memanggang)

Contoh Kalimat:

- Dia sedang menggoreng telur dan menyiapkan kopi.

5. Meating (memanaskan)

Contoh kalimat:

- Dad was grilling chicken in the back yard. (Ayah sedang memanggang ayam di halaman belakang.)

6. Roast (membakar atau memanggang)

Contoh kalimat:

- Just roast the chicken in the oven and baste it in oil and lemon. (Panggang ayam di oven dan olesi dengan minyak dan lemon.)

7. Simmering (mendidihkan)

Contoh kalimat:

- Boil the potatoes to a simmer. (Rebus kentang hingga mendidih)

8. Steaming (mengukus)

Contoh kalimat:

- If water is heated to 100 derajat Celcius it turns to steam. (Jika air dipanaskan hingga 100 derajat Celcius berubah menjadi uap.)

9. Steeping (menyeduh)

Contoh kalimat:

- Let the tea steep for five minutes. (Biarkan teh terseduh selama lima menit.)

10. Toasting (menggoreng, memanggang)

Contoh kalimat:

- I have toast and jam for breakfast. (Saya punya roti panggang dan selai untuk sarapan.)

11. Saute (menumis)

Contoh kalimat:

- Saute until onion and sausage begin to brown, for about 4 minutes. (Tumis sampai bawang dan sosis mulai berwarna cokelat, selama sekitar 4 menit.)

Itulah di antaranya penjelasan arti cooking menurut kamus dan beberapa kata yang berkaitan dengannya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com