Arti dari Insecure dan Cara Mengatasinya, Kenali Gejala Serta Penyebabnya

Editor KapanLagi.com | Kamis, 28 Oktober 2021 11:11 WIB
Arti dari Insecure dan Cara Mengatasinya, Kenali Gejala Serta Penyebabnya

Kapanlagi.com - Insecure menjadi istilah kekinian untuk menyebut kondisi ketika kalian merasa tidak percaya diri, kurang nyaman, takut, atau berkecil hati. Arti dari insecure diambil dari bahasa Inggris yang memiliki makna merasa tidak aman. Penyebab insecure bisa berasal dari berbagai hal termasuk rendahnya rasa percaya diri.

Hampir sebagian orang mungkin saja pernah merasakan insecure. Arti dari insecure sendiri adalah perasaan tidak aman terhadap sesuatu. Ini dapat terjadi dalam beberapa hal seperti pendidikan, keluarga, pertemanan, pasangan, pekerjaan, pakaian dan seterusnya.

Misalnya saja untuk memudahkan kalian memahami arti dari insecure, ketika ada seorang teman lulus lebih dulu dengan nilai yang baik sementara hal berbeda terjadi pada kalian. Maka ada rasa insecure (ketakutan, kekhawatiran, cemas, tidak aman, berkecil hati, tidak percaya diri) karena melihat pencapaian dan keberhasilan tersebut. Insecure juga bisa muncul karena faktor penampilan yang mana diri sendiri merasa kurang sempurna ataupun mendapatkan pendapat buruk dari orang lain.

Sebenarnya ada cara mengatasi dan mencegah rasa insecure. Sebelum itu, kalian juga perlu tahu arti dari insecure beserta gejala dan penyebabnya. Karena itulah, berikut ini ulasan tentang arti dari insecure dan cara mengatasinya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti dari Insecure Adalah Perasaan Tidak Aman

Ada beragam istilah kekinian yang populer digunakan untuk menunjukkan kondisi tertentu. Salah satunya insecure kata yang diambil dari bahasa Inggris ini seringkali dijumpai dalam percakapan sehari-hari. Sesuai asal katanya, arti dari insecure adalah merasa tidak aman.

Perasaan tidak aman ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Di mana diri kalian merasakan takut, cemas, khawatir, malu, tidak percaya diri, ataupun berkecil hati karena sesuatu. Hal ini bisa terkait dengan persoalan karir, pekerjaan, pasangan, penampilan, ataupun tentang keluarga. Arti dari insecure tersebut juga bisa dikatakan bahwa kalian merasakan ada sesuatu yang kurang, belum ataupun sempurna.

Sehingga memicu diri kalian berkeinginan untuk melengkapi ketidaksempurnaan tersebut atau kekurangan tersebut sesuai dengan tujuan. Selain itu arti dari insecure juga bisa menyebabkan seseorang merasa tidak bersyukur, tidak optimis karena terus merasa kekurangan. Karena itulah, perasaan ini sebaiknya perlu kalian hindari. Itulah arti dari insecure yang perlu kalian ketahui.

2. Gejala Insecure

Setelah memahami arti dari insecure, situasi ini hampir pernah dirasakan setiap orang. Hanya saja, sejumlah orang mungkin saja tidak menyadari gejalanya. Pasalnya gejala insecure memang terlihat mirip seperti rasa cemas, takut, atau kekhawatiran biasa. Namun ternyata gejala insecure tersebut cukup mudah dikenali. Karena itulah berikut ini ada gejala insecure yang perlu kalian ketahui.

- Merendahkan diri dengan menyombongkan diri sendiri atau memamerkan sesuatu dalam dirinya.

- Seringkali menunjukkan kelebihan atau pencapaian mereka.

- Cenderung kurang percaya dengan orang lain.

- Cenderung memicu perasaan orang lain juga merasakan hal yang sama yakni insecure.

- Selalu berada pada situasi yang membuat mereka merasa tidak terancam atau enggan keluar zona nyaman.

- Selalu ingin merasa sempurna dan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

- Cenderung ingin selalu dipuji dan dibanggakan.

- Enggan bersosialisasi dengan lingkungan.

3. Penyebab Insecure

Penyebab insecure dapat terjadi karena beberapa faktor. Namun setiap orang tentu memiliki penyebab insecure tersendiri yang membuat mereka merasakan insecure. Akan tetapi secara umum ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang jadi insecure. Nah, berikut ini faktor penyebab insecure yang perlu kalian ketahui.

- Memiliki pengalaman buruk atau traumatis terhadap sesuatu.

- Merasa ingin selalu sempurna.

- Rasa takut, cemas, khawatir jika mengalami suatu kegagalan.

- Merasa takut memperoleh pendapat buruk dari orang lain.

4. Cara Mengatasi Insecure

Jika dibiarkan terus menerus merasa insecure, tentu dampaknya tidaklah baik. Pasalnya terlalu berlarut-larut merasakan insecure dapat berpengaruh pada kondisi psikis, fisik bahkan aktivitas harian kalian. Karena itulah ada cara mengatasi insecure yang perlu diketahui. Cara mengatasi insecure tersebut memudahkan kalian menghalau rasa insecure. Langsung saja simak ulasannya tentang cara mengatasi insecure sebagai berikut.

- Terapkan pikiran positif terhadap diri sendiri dan orang lain.

- Selalu mensyukuri segala pencapaian yang sudah diperoleh atas usaha sendiri.

- Mengubah suatu kegagalan sebagai motivasi untuk selalu bangkit dan berusaha lagi.

- Habiskan waktu dengan orang tersayang.

- Cobalah mencintai diri sendiri.

- Pahami diri sendiri dan temukan kelebihan dalam diri sendiri.

- Selalu optimis terhadap sesuatu dan fokus pada tujuan.

- Hindari membandingkan diri dengan orang lain yang memicu perasaan insecure.

- Mengontrol penggunaan ponsel atau sosial media.

- Sesekali dapat melakukan perawatan atau relaksasi untuk diri sendiri.

Nah itulah sekiranya arti dari insecure dan cara mengatasinya. Berdasarkan ulasan di atas tentunya kalian sudah memiliki gambaran tentang arti dari insecure yang ternyata bisa saja membuat diri sendiri merasa tidak percaya diri, takut, khawatir, cemas serta rendah diri.

Sumber: sehatq.com, quipper.com, alodokter.com

(kpl/gen/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com