Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti dari Tadarus Alquran Adalah Memahami dan Mempelajari, Beserta Adab dan Manfaatnya

Rabu, 22 Juni 2022 17:22 WIB
Arti dari Tadarus Alquran Adalah Memahami dan Mempelajari, Beserta Adab dan Manfaatnya

Kapanlagi.com - Alquran merupakan sebuah kitab suci dan menjadi tuntunan hidup bagi umat muslim. Dan kegiatan dalam membaca Alquran sendiri disebut dengan tadarus. Dan arti dari tadarus Alquran adalah sebuah kegiatan membaca, mempelajari, memahami dan mengkaji secara bersama-sama.

Membaca Alquran atau tadarus Alquran tidak hanya dapat menuntun kita, namun juga dapat memberikan ketenangan dalam hidup. Tadarus Alquran juga menjadi sebuah hal yang dapat memberikan kita pahala dan menjadi sebuah penuntun kita baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Nah, bagi KLovers yang ingin mempelajari arti dari tadarus Alquran. Maka berikut ini penjelasan tentang arti dari tadarus Alquran adalah mempelajari beserta manfaat dan adab dalam tadarus Alquran.

1. Pengertian Tadarus Alquran

Gambar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, arti dari tadarus Alquran adalah sebuah kegiatan mempelajari, menelaah, dan mengkaji serta mendalami secara bersama-sama di mana aktivitas tadarus dapat menjaga kebenaran dalam membaca Alquran dan menjaga hafalan Alquran bagi yang melaksanakannya.

Tujuan tadarus tidak hanya sekedar membaca, tetapi juga memperhatikan pesan-pesan moral dalam Alquran itu sendiri. Dikutip dari buku Majalah Madrasatul Quran Times Edisi 1: Keutamaan Tadarus Alquran yang ditulis oleh Redaksi MQ Times (2019: 18-19) tercantum dalam sebuah hadist nabi yang berbunyi,

"Sesungguhnya Jibril turun setiap malam Ramadhan untuk menjalankan tadarus Alquran dengan Nabi. Dalam Riwayat lain, Nabi membaca, sedangkan Jibril menyimak."

2. Adab Dalam Tadarus Alquran

Gambar

Bukan hanya mengetahui arti dari tadarus Alquran adalah mempelajari Alquran, namun KLovers juga bisa mengetahui bagaimana adab dalam melakukan tadarus Alquran. Dan berikut ini beberapa adab yang bisa KLovers lakukan sebelum membaca Alquran.

1. Berwudhu

Adab tadarus Alquran dalam Islam pertama adalah menyucikan diri dengan wudhu seperti saat akan melaksanakan ibadah sholat. Dalam Alquran surat Al Waqiah ayat 77-79 dijelaskan tidak ada yang menyentuh Alquran selain hamba yang disucikan.

"dan (ini) sesungguhnya Alquran yang sangat mulia, dalam Kitab yang terpelihara (Lauh Mahfuzh), tidak ada yang menyentuhnya selain hamba-hamba yang disucikan." (QS. Al-Waqiah ayat 77-79)

2. Memohon Perlindungan dengan Doa

Adab tadarus Alquran dalam Islam kedua adalah memohon perlindungan dari setan dengan membaca doa. Dijelaskan, adab tadarus Alquran dalam Islam kedua dengan memohon perlindungan bisa dilakukan dengan membaca Taawuz.

3. Membaca Perlahan

Adab tadarus Alquran lainnya adalah membacanya secara perlahan atau tidak terburu-buru. Adab tadarus Alquran ini ditegaskan dalam Alquran surat al-Muzzammil ayat 4 yang berbunyi,

"atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Alquran itu dengan perlahan-lahan." (QS. surat Al-Muzzammil ayat 4)

4. Tidak Mengeraskan Suara

Adab tadarus Alquran keempat adalah tidak mengeras suara, yang tujuannya sebagai bentuk ibadah mengingat Sang Illahi. Mengenai adab tadarus Alquran dalam Islam ini ditegaskan Allah SWT dalam Alquran surat Al Araf ayat 205 yang berbunyi,

"Dan ingatlah Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, pada waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah." (QS. surat Al-Araf ayat 205)

5. Memahami Maknanya

Adab tadarus Alquran selanjutnya adalah mau memahami maknanya dan bisa menjalankan segala perintah yang diberikan Allah SWT dalam Alquran. Adab tadarus Alquran ini ditegaskan dalam Alquran surat Al-Ahzab ayat 2 yang berbunyi,

"dan ikutilah apa yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.." (QS. surat Al-Ahzab ayat 2)

6. Mampu Mengambil Ilmunya

Kemudian diupayakan bisa mengambil ilmu yang dibaca dan dimaknai dari setiap ayat Alquran. Alquran adalah kitab suci yang sempurna dan berisi semua pengetahuan. Sehingga, kita mampu mendapatkan ilmu dan mengamalkannya. Hal ini ditegaskan Allah SWT Alquran surat Ibrahim ayat 52 yang berbunyi,

"Dan (Alquran) ini adalah penjelasan (yang sempurna) bagi manusia, agar mereka diberi peringatan dengannya, agar mereka mengetahui bahwa Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang yang berakal mengambil pelajaran." (QS. surat Ibrahim ayat 52)

7. Perhatikan dengan Benar

Adab tadarus Alquran terakhir yaitu, mampu memperhatikannya dengan benar, terutama ketika mendengar ayat Alquran tengah dibacakan. Hal ini ditegaskan dalam surat Al-Araf ayat 204, Allah SWT memerintah untuk diam dan memerhatikan dengan benar,

"Dan apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat." (QS. surat Al-Araf ayat 204)

3. Doa Setelah Melakukan Tadarus

Gambar

Setelah mengetahui adab dalam melakukan tadarus Alquran, KLovers juga perlu mengetahui doa setelah melakukan tadarus. Ya, ada beberapa doa yang bisa KLovers lakukan setelah melakukan aktivitas tadarus Alquran. Dan berikut ini doa-doa tersebut.

1. "Shadaqallahul Adzim"

Artinya: Maha Benarlah Allah yang Maha Agung

2. "Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Alla Ilaha Illa Anta Astaghfiruka Wa Atubu Ilaik."

Artinya: Maha suci Engkau, ya Allah sambil memuji-Mu. Tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada diri-Mu.

3. "Allahummarhamni bilquran. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin."

Artinya: Ya Allah, rahmatilah aku dengan Alquran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam.

4. "Allohummaftah 'alayya hikmataka wansyur 'alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi"

Artinya: Ya Allah bukakanlah hikmah-Mu padaku, bentangkanlah rahmat-Mu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

4. Manfaat dari Tadarus Alquran

Gambar

Dan penjelasan terakhir dari arti dari tadarus Alquran adalah mempelajari, yaitu dengan mengetahui manfaat dari tadarus Alquran. Ya, membaca Alquran akan memberikan kita manfaat yang luar biasa bagi hidup, baik itu bagi kehidupan kalian di dunia maupun di akhirat kelak. Dan berikut ini manfaat dari melakukan tadarus Alquran.

1. Baik untuk Penyakit Fisik dan Hati

Manfaat tadarus Alquran yang pertama yaitu, sangat baik untuk penyakit fisik serta hati. Dengan membaca Al Quran, maka itu dapat menjadi penawar penawar penyakit dan menentramkan hati. Bahkan Allah SWT berfirman,

"Dan Kami turunkan di dalam al-Quran suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman" (QS al-Israa': 82).

2. Jauh Dari Kesesatan

Manfaat tadarus Alquran yang lainnya yaitu, menjauhkan kita dari kesesatan dunia dan godaan setan yang terkutuk. Orang-orang yang membiasakan diri rutin membaca Al Quran tidak akan sesat dan celaka. Sebagaimana Allah SWT berfirman,

"Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku (wahai manusia), lalu barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka" (QS Thaahaa: 123).

3. Menjadikan Rumah Lebih Bercahaya

Oleh Rasulullah SAW manfaat tadarus Alquran di rumah diumpamakan seperti manusia. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati".

4. Memberikan Syafaat di Akhirat Kelak

Tadarus Al Quran dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan yang tidak pernah dibayangkan oleh manusia sebelumnya, bahkan juga terjadi pada hari kiamat dengan kemuliaan yang sangat besar.
Seperti hadits yang menyatakan bahwa,

"Bacalah bait Al Quran karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya," (HR. Muslim)

5. Dilindungi Dari Setan

Manfaat tadarus Alquran juga dapat membuat rumah dilindungi dari jin dan setan loh KLovers. Dijelaskan dalam sebuah surah Allah SWT berfirman,

"Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala" (QS Faathir: 6).

6. Memperoleh Kemuliaan

Dan manfaat tadarus Alquran yang terakhir yaitu, memperoleh kemuliaan di dunia maupun di akhirat kelak. Bahkan hal ini telah tertuang dalam sebuah hadist yang berbunyi,

"Siapa yang membaca Al Quran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalau lah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (Al-Quran)". (HR. Abu Daud)

Itulah penjelasan tentang arti dari tadarus Alquran adalah mempelajarinya. Namun, selain mengetahui arti dari tadarus Alquran adalah, KLovers juga bisa mengetahui adab dalam melakukan tadarus hingga manfaat dari tadarus Alquran.

(kpl/dhm)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com