Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Disable dalam Dunia Teknologi, Ketahui Perbedaannya dengan Enable

Jum'at, 11 Maret 2022 15:44 WIB
Arti Disable dalam Dunia Teknologi, Ketahui Perbedaannya dengan Enable

Kapanlagi.com - Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang dipakai di berbagai bidang, termasuk teknologi. Terbukti berbagai alat teknologi menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Dari banyaknya kosakata bahasa Inggris yang berkaitan dengan teknologi, disable jadi satu yang cukup sering dijumpai. Lantas, apa arti disable yang sebenarnya?

Kata disable biasa muncul ketika komputer, hp, atau produk teknologi lainnya mengalami gangguan. Biasanya, gangguan ini bisa karena berbagai macam seperti terputusnya koneksi internet. Meski tergolong kata yang cukup sering dijumpai di keseharian, faktanya sampai saat ini masih banyak orang yang tidak tahu arti dari disable. Sehingga, banyak yang menganggap arti disable adalah gangguan koneksi.

Benarkah demikian? Untuk mengetahui lebih lanjut apa arti disable, langsung saja simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Arti Disable Kaitannya dengan Kondisi Manusia

Gambar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, disable merupakan satu kata dalam bahasa Inggris. Secara umum, arti dari kata disable adalah cacat atau kecacatan. Lebih spesifik menurut dictionary.cambridge.com, arti disable adalah sesuatu yang menyebabkan seseorang menderita sakit, cedera, atau kondisi yang menyulitkan seseorang untuk melakukan sesuatu.

Berdasarkan penjelasan arti disable menurut kamus tersebut, kata yang selama ini erat dengan teknologi ternyata dapat digunakan untuk menyatakan kondisi fisik manusia. Sebagai contoh dalam kalimat bahasa Inggris:

- She was disabled in the accident. (Dia cacat dalam kecelakaan itu)

Selain itu, dalam bahasa Inggris, arti disable yang berarti kecacatan pada seseorang juga bersinonim dengan beberapa kata lain seperti paralyze, cripple, stifle, dan immobilize.

2. Arti Disable dalam Ranah Teknologi

Gambar

Selain kecacatan yang berkaitan dengan manusia, arti disable juga berkaitan erat dengan dunia teknologi, khususnya komputer dan internet. Kaitannya dengan hal ini. Menurut idictionary.cambridge.com, arti disable kurang lebih adalah proses menghentikan sesuatu seperti khususnya bagian dari mesin, sistem yang sedang aktif bekerja.

Tak melulu komputer dan internet, kata disable juga bisa disematkan pada teknologi lainnya. Berikut contoh penggunaan kata disable dalam ranah teknologi:

- This weapons system will destroy or disable any incoming missile. (Sistem persenjataan ini akan menghancurkan atau melumpuhkan setiap misil yang masuk.)

- Disable the alarm system and then enter the building. (Nonaktifkan sistem alarm dan kemudian masuk ke gedung.)

- The enable input (G) can be used to disable the device so that the buses are effectively isolated. (Input aktifkan (G) dapat digunakan untuk menonaktifkan perangkat sehingga bus diisolasi secara efektif.)

3. Lawan dari Disable

Kaitannya dengan arti dalam dunia teknologi atau komputer, lawan dari arti disable adalah anable. Secara umum, anable diartikan sebagai istilah untuk menggambarkan perangkat yang statusnya atau kondisinya memungkinkan untuk digunakan.

Menurut dictionary.cambridge.com, arti anable kurang lebih adalah usaha untuk membuat seseorang mampu melakukan sesuatu, atau membuat sesuatu menjadi mungkin. Maka dari itu, ketika komputer mengalami disable misalnya pada koneksi wifi, kalian bisa memperbaiki sistemnya hingga berubah status menjadi enable dengan melalui suatu cara. 

Contoh kalimat dengan kata enable:

- Computerization should enable us to cut production costs by half. (Komputerisasi seharusnya memungkinkan kita untuk memotong biaya produksi hingga setengahnya.)

- Enable to connect to the internet or be used on the internet. (Memungkinkan untuk terhubung ke internet atau digunakan di internet.)

- Files can then be accessed, and streamed with no downloads needed, from any internet-enabled device. (File kemudian dapat diakses, dan dialirkan tanpa perlu mengunduh, dari perangkat apa pun yang mendukung internet.)

4. Cara Mengatasi Laptop yang Disable Koneksi Wifi

Gambar

Arti disable sering kali dijumpai ketika koneksi laptop dengan internet wifi tiba-tiba terganggu atau terputus. Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, koneksi yang disable bisa diatasi sehingga menjadi enable dengan beberapa cara. Berikut salah satu cara untuk mengatasi laptop yang disable dengan koneksi wifi.

- Klik tombol start, kemudian masuk ke menu pengaturan.

- Selanjutnya, pilih Manage.

- Masuk ke Computer Management.

- Setelah itu, akan muncul jendela Computer Management. Perhatikan pada deretan menu dibagian kiri.

- Pilih System Tools, lalu pilih Device Manager.

- Klik opsi Network Adapters.

- Berikutnya kalian akan menemukan beberapa driver yang menyediakan koneksi wifi yang mengalami disable. Biasanya ditandai dengan tanda panah merah.

- Untuk mengubah koneksi yang disable menjadi enable, langsung saja klik kanan pada ikon yang ada tanda panah merah tersebut.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti disable yang erat kaitannya dengan dunia komputer. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com