Arti Gelay yang Sempat Viral Gara-Gara Diucapkan Nissa Sabyan

Minggu, 17 Oktober 2021 12:33 WIB
Arti Gelay yang Sempat Viral Gara-Gara Diucapkan Nissa Sabyan

Kapanlagi.com - Kata gelay sempat viral beberapa waktu yang lalu di mendia sosial. Sempat menjadi trending topik di Twitter dan banyak dijadikan parodi di TikTok, wajar jika kemudian kalian penasaran dengan arti gelay sebenarnya. Orang-orang tampaknya begitu spontan mengikuti perkataan beserta gelagat Nissa Sabyan, orang yang pertama kali mengucapkan kata gelay tersebut.

Arti gelay sendiri sebenarnya tak ditemukan di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Namun, jika dilihat dari penggunaan para netizen di media sosial, mungkin kalian sendiri bisa menebak maksud dari kata gelay tersebut. Netizen pun beramai-ramai menebak dan meniru penggunaan kata tersebut.

Seperti kata yang dianggap bahasa gaul lainnya, gelay pun viral begitu saja. Dipakai oleh para netizen, meski tak begitu jelas artinya. Ada yang mengartikan itu "geli", ada pula yang berkata bahwa menurut Nissa Sabyan, gelay berarti "gak like" atau "tidak suka".

Berawal dari video singkat Nissa Sabyan yang mengucapkan kata tersebut, netizen pun ramai-ramai mengikutinya dengan membuat berbagai konten. Nah, jika kalian penasaran dengan arti gelay, silakan simak beberapa penjelasan berikut ini.

1. Arti Gelay adalah Geli

Setelah Nissa Sabyan dikabarkan miliki hubungan istimewa dengan Ayus, rekan satu grupnya, video-video lawas dari dirinya pun seolah diburu netizen. Salah satu video yang menjadi sorotan, yakni saat dirinya mengucapkan kalimat, "gak mau gak suka, gelay,".

Netizen pun ramai membicarakan video tersebut beserta tingkah Nissa yang tampak begitu manja di hadapan teman-temannya. Mungkin, karena "gelay" mirip dengan pengucapan "geli" dan diucapkan dengan nada manja, netizen pun ikut dibuat geli melihat tingkah Nissa.

Mengutip dari Dream, berikut ini terdapat beberapa komentar netizen yang merasa geli sekaligus menduga-duga arti gelay yang diucapkan Nissa.

"Apaan sii sok imut lu umi bocil," kata salah satu netizen.

"Maksudnya tu GELI jadi dipelesetin GELAAAAY!!! Iyuhhh," kata warganet lainnya.

"Astagfirulloohhh... Kudu banyak-banyak istigfar ya bund," kata akun lainnya.

"Sebel banget yang sok imut gini," kata netizen lagi.

2. Arti Gelay Menurut Nissa Sabyan

Kata gelay sempat viral setelah Nissa Sabyan dikabarkan menjadi selingkuhan Ayus Sabyan yang merupakan rekan satu grupnya. Kata gelay ditemukan pada salah satu video Nissa yang berasal dari masa lalu. Dalam video tersebut, dia berkata,

"Assalamualaikum, kalian nungguin aku nggak?" Kemudian, ada seseorang menyenggolnya. Nissa pun langsung menunjukkan ekspresi manja dan mengatakan, "nggak mau, nggak suka gelay".

Setelah ramai di media sosial, akhirnya arti gelay menurut Nissa Sabyan pun terungkap. Pada sebuah acara KOPI VIRAL yang mengundang Ardi dan Tebe, mantan personil grup gambus Sabyan sebagai bintang tamu, mengungkap arti gelay sebenarnya.

"Gak like (tidak suka)," kata Ardi ketika ditanya mengenai arti gelay. Jadi, kini ada dua arti gelay. Gelay adalah "geli" versi netizen dan gelay yang berarti "gak like (tidak suka)" versi Nissa Sabyan.

3. Penggunaan Kata Gelay dalam Kalimat

Setelah mengetahui arti gelay dalam dua versi di atas, kini kalian juga perlu mengetahui penggunaannya dalam sebuah kalimat. Sekali lagi, gelay bukan berasal dari bahasa Indonesia. Bahkan, kata ini pun tak ditemukan dalam KBBI.

Dalam KBBI, hanya ada kata 'geli' sesuai pemaknaan dari para netizen. Geli berarti perasaan seperti ketika digelitik, hendak tertawa karena lucu, merasa ngilu atau nyeri seperti mendengar orang mengikir gergaji dan sebagainya.

Jika membicarakan konotasi, positif atau negatif bisa saja melekat pada kata tersebut. Semua tergantung pada konteks kalimat dan situasi yang terjadi saat kalian mengucapkannya. Mungkin, konotasi negatif melekat pada kata gelay di video Nissa Sabyan.

Jika mencermati situasinya, saat itu Nissa sedang dirundung gosip yang kurang enak, apalagi dia berkata dengan nada manja. Meski tak berhubungan dengan kasusnya kini, netizen bisa saja menilai bahwa Nissa memang punya sifat "sok imut" yang kemudian dihubungkan dengan sifat penggoda.

Kata gelay yang terlanjur populer ini bisa kalian gunakan dalam berbagai situasi, contoh:

- "Jangan dekat-dekat, gelay!" (Bisa berarti tidak suka).

- "Berhentilah bersikap seperti itu, bikin gelay, tau!" (Gelay bisa berarti geli).

- "Gaya kamu aneh banget, aku nggak suka, gelay!" (Mirip yang dipakai Nissa, gelay dalam kalimat ini berarti tidak suka).

Nah, KLovers, itulah arti gelay yang punya dua versi, yakni versi netizen dan Nissa Sabyan. Setelah viral berkat video yang muncul di saat Nissa Sabyan dirundung terkait kabar kedekatannya dengan Ayus tersebut, kata gelay pun makin sering digunakan.

Sebenarnya, konotasi yang melekat pada kata tersebut tak selalu negatif, kalian pun bisa menggunakannya sebagai kata untuk lucu-lucuan. Contoh penggunaannya pun bisa kalian lihat sendiri di berbagai konten yang viral di media sosial.

(kpl/gen/ans)

 

Join Kapanlagi.com