Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Globalisasi, Karakteristik, dan Dampaknya di Berbagai Bidang

Rabu, 01 Desember 2021 11:44 WIB
Arti Globalisasi, Karakteristik, dan Dampaknya di Berbagai Bidang

Kapanlagi.com - Globalisasi merupakan istilah yang cukup populer di berbagai belahan dunia. Istilah ini biasanya muncul ketika sekelompok orang membicarakan bisnis, perkembangan ekonomi, budaya, politik, dan berbagai bidang lain di dunia. Namun, apa sih arti globalisasi sebenarnya?

Arti globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Tak heran jika kemudian istilah ini seolah menjadi kata kunci untuk membahas soal "kemajuan" di berbagai bidang. Batas-batas antar individu di berbagai negara pun makin samar seiring populernya istilah ini.

Kemajuan teknologi benar-benar memberi dukungan yang besar. Namun sayangnya, arti globalisasi tak selalu memberi dampak positif. Fenomena ini punya sisi lain yang cukup mengkhawatirkan. Sebagai manusia kiwari, sudah selayaknya kalian peduli dengan fenomena ini. Oleh karena itu, kalian perlu menyimak beberapa informasi mengenai karakteristik dan dampak globalisasi berikut ini.

1. Arti Globalisasi

Gambar

Sebelum membahas lebih jauh tentang dampak positif dan negatif, alangkah lebih baik jika kalian menyimak beberapa arti globalisasi terlebih dahulu. Melansir Bola.com, berikut ini terdapat pengertian globalisasi menurut para ahli yang bisa kalian pahami.

- Menurut Cochrane dan Pain, globalisasi merupakan pertanda munculnya sebuah sistem ekonomi dan budaya global yang membuat manusia di seluruh dunia menjadi sebuah masyarakat tunggal yang global.

- Sementara itu, Cohen dan Kennedy berpendapat bahwa globalisasi adalah seperangkat transformasi yang saling memperkuat dunia, yang meliputi perubahan konsep ruang dan waktu, kebergantungan pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda, peningkatan interaksi kultural, meningkatnya masalah bersama dalam bidang ekonomi, lingkungan, dan permasalahan lazim lainnya.

- Achmad Suparman berpendapat bahwa globalisasi adalah sebuah proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dan setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.

- Menurut Malcom Waters, globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma di dalam kesadaran orang.

- Prof. Dr. Mubyarto berpendapat bahwa globalisasi mempunyai dua pengertian: pertama, sebagai deskripsi/definisi, yaitu proses menyatunya pasar dunia menjadi satu pasar tunggal; kedua, dalam bidang ekonomi, yang menjadikan ekonomi lebih efisien dan lebih sehat menuju kemajuan masyarakat dunia.

2. Karakteristik Globalisasi

Gambar

Setelah mengetahui arti globalisasi, kalian juga perlu mengenali karakteristiknya. Mungkin, selama ini kalian sudah ikut andil dalam proses ini, tapi melakukannya secara tak sadar. Memahami hal ini akan membantu kalian dalam menyadari posisi diri dalam globalisasi.

1. Interaksi Kultural Meningkat

Semakin terbukanya informasi melalui media dan internet membuat interaksi kultural antar negara meningkat. Kalian bisa merasakannya melalui akses musik dan film dari luar negeri, begitu pula sebaliknya. Lama-kelamaan, budaya seperti bahasa, kuliner, dan fashion bisa kalian adopsi.

Sebagai contoh, drama dan musik Korea semakin disukai oleh warga negara Indonesia. Hal itu disebabkan karena akses yang begitu mudah. Karena kualitas yang dianggap bagus, akhirnya para penggemarnya mengikuti trend fashion, makanan yang muncul di drama, hingga mempelajari bahasa Korea.

2. Perubahan Konsep Ruang dan Waktu

Batas teritorial negara kian pudar. Setiap warga negara satu bebas mengunjungi negara lain untuk sekadar berwisata. Hal ini pun didukung oleh fasilitas penerbangan yang mumpuni dan semakin terjangkau. Jarak pun seolah tak lagi jadi masalah.

3. Ketergantungan Pasar dan Produksi

Globalisasi membuat cara belanja ke luar negeri menjadi tak aneh lagi. Kalian bisa dengan mudah mengunjungi toko online di luar negeri, melakukan transaksi, dan barang bisa langsung dikirim ke rumah.

4. Timbul Masalah Bersama

Perekomonian dan interaksi yang kompleks bisa memicu timbulnya masalah di berbagai negara. Misalnya, inflasiregional, masalah lingkungan hidup, dan sebagainya.

3. Dampak Globalisasi

Gambar

Segala perubahan tentu memberikan dampak, entah besar maupun kecil. Arti globalisasi adalah proses masuknya ke ruang lingkup dunia. Tentu, fenomena tersebut bisa berdampak besar dalam kehidupan di berbagai negara. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, silakan simak penjelasan berikut ini.

1. Dampak Positif

- Ekonomi

Memberikan Akses ke Pasar yang Lebih Besar.

Menyediakan Barang Lebih Murah untuk Konsumen.

Kualitas dan Variasi yang Lebih Baik.

- Politik

Mempromosikan perdamaian dan persatuan dunia

- Pendidikan

Meningkatkan inovasi dan kreativitas.

Kemudahan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.

- Budaya

Kemajuan dalam bidang teknologi, komunikasi, transportasi, dan informasi yang memudahkan manusia.

2. Dampak Negatif

- Ekonomi

Pasar nasional berpeluang dikuasai barang impor.

Maraknya penyelundupan barang-barang ilegal maupun terlarang.

Eksploitasi tenaga kerja.

- Budaya

Lunturnya nilai-nilai khas lokal, seperti gotong-royong.

Pengaruh buruk dari dunia luar.

- Lingkungan

Rusaknya lingkungan dan meningkatnya polusi udara.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti globalisasi yang prosesnya perlu kalian sadari. Dengan begitu, kalian bisa memaksimalkan dampak positif dan berperan dalam meminimalisir dampak negatifnya.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com