Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Istidraj: Penjelasan, Ciri-Ciri, Cara Menjauhinya Beserta Ayat Alquran yang Membahas Istilah Ini

Editor KapanLagi.com | Kamis, 23 Juni 2022 17:44 WIB
Arti Istidraj: Penjelasan, Ciri-Ciri, Cara Menjauhinya Beserta Ayat Alquran yang Membahas Istilah Ini

Kapanlagi.com - Dalam agama Islam, ada yang namanya Istidraj. Apa sih arti Istidraj itu? Ya, Istidraj merupakan sebuah istilah yang mengacu pada jebakan bagi umat muslim berupa kenikmatan. Kata ini saat ini memang menjadi sebuah istilah yang cukup populer dan sering dibahas.

Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana penjelasan tentang arti Istidraj. Selain membahas tentang arti Istidraj, kita juga akan membahas bagaimana ciri-ciri Istidraj dan bagaimana menjauhkan kita dari Istidraj. Serta ayat-ayat Alquran yang membahas tentang Istidraj

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah penjelasan tentang arti Istidraj beserta ciri-ciri dan cara mejauhkan diri dari Istidraj. Kemudian ayat Alquran yang membahas tentang Istidraj.

 

1. Penjelasan Tentang Arti Istidraj

Gambar

Dalam segi bahasa arti Istidraj diambil dari kata "Daraja" yang dalam bahasa Arab berarti naik dari satu tingkatan ke tingkatan berikutnya. Namun secara istilah, arti Istidraj memiliki makna azab berwujud kenikmatan.

Ketika seorang muslim banyak melakukan maksiat dan jarang beribadah, namun hidupnya terus dilimpahi kenikmatan, ini adalah tanda Istidraj dari Allah SWT. Ia terjebak dalam kenikmatan hidup, padahal dia semakin lalai menunaikan ibadah serta kewajiban lainnya.

Dilansir dari dari jurnal berjudul Istidraj dalam Alquran Perspektif Imam Al-Qurthubi arti Istidraj adalah nikmat yang diberikan Allah SWT kepada orang-orang yang membangkang atau jauh terhadap-Nya. Ini merupakan hukuman dari Allah agar orang tersebut terus terjerumus dalam kesesatan.

Hal ini tentu akan menjadi sebuah hal yang mengerikan bagi seorang muslim. Bagaimana tidak, Allah SWT tidak lagi memberikan teguran dan juga hidayah, namun memberikan sebuah kenikmatan orang tersebut terus terjerumus dalam kesesatan dan jauh dari Allah SWT.

Hal ini tentu tidak menjadi hal yang diinginkan oleh seorang muslim. Mendapatkan hidayah, teguran hingga ridho Allah SWT dalam menjalani kehidupan adalah hal yang diperlukan agar kita, sebagai manusia tidak tersesat.

2. Ayat yang Membahas Istidraj

Gambar

Nah, bagaimana dengan ayat Alquran yang membahas tentang arti Istidraj? Ada banyak ayat Alquran yang menyebutkan istilah Istidraj. Dan berikut ini beberapa ayat dalam Alquran yang membahas tentang Istidraj:

1. Surat Al-A'raf ayat 182

"Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangaur-angsur (ke arah kebinasaan), dengan cara yang tidak mereka ketahui."

2. Surat Al An'am ayat 44

"Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu (kesenangan) bagi mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa."

3. Surat Ali Imran ayat 178

"Dan jangan sekali-kali orang-orang kafir itu mengira bahwa tenggang waktu yang Kami berikan kepada mereka lebih baik baginya. Sesungguhnya tenggang waktu yang Kami berikan kepada mereka hanyalah agar dosa semakin bertambah, dan mereka akan mendapat azab yang menghinakan."

4. Surat Al An'am: 44

"Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka, sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa."

5. Surat An Naml: 4

"Sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada negeri akhirat, Kami jadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka, maka mereka bergelimang (dalam kesesatan)."

6. Surat Al Ankabut: 38

"Dan (juga) kaum 'Aad dan Tsamud, dan sungguh telah nyata bagi kamu (kehancuran mereka) dari (puing-puing) tempat tinggal mereka. Dan syaitan menjadikan mereka memandang baik perbuatan-perbuatan mereka, lalu ia menghalangi mereka dari jalan (Allah), sedangkan mereka adalah orang-orang berpandangan tajam."

3. Ciri-Ciri Istidraj

Gambar

Selain mengetahui arti Istidraj, KLovers juga bisa mengetahui ciri-ciri dari Istidraj itu sendiri. Ya, ada ciri-ciri yang bisa kalian lihat serta rasakan secara jelas sebuah Istidraj. Dan berikut ini beberapa ciri-ciri dari Istidraj itu sendiri.

1. Ciri yang pertama yaitu, bila kalian merasa pekerjaan terasa lancar meskipun tak beribadah. Maka itu bisa menjadi sebuah Istidraj.

2. Kemudian ciri-ciri Istidraj yang kedua yaitu, mendapatkan sebuah rezeki berlimpah meskipun tak beribadah.

3. Selanjutnya yaitu, merasakan sebuah ketenangan hidup dan hati meskipun lalai menjalankan ibadah atau melakukan kegiatan yang sifatnya maksiat.

4. Jarang terkena sakit meskipun sering lalai beribadah dan melakukan perbuatan maksiat.

4. Cara Menjauh dari Istidraj

Gambar

Dan bagaimana untuk menjauhkan kita dari Istidraj? Ya, sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Istidraj merupakan sebuah cobaan berupa kenikmatan. Dan menjadi sebuah cobaan yang cukup berat yang diberikan oleh Allah SWT pada hamba-Nya.

Istidraj terjadi karena, kita lalai dalam beribadah namun tetap diberikan kenikmatan dunia pada Allah SWT. Untuk menjauhkan kita dari Istidraj adalah, dengan beribadah dan selalu melibatkan Allah SWT dalam kehidupan.

Ridho Allah SWT akan menjauhkan kita dari kesesatan. Beribadah dengan niat yang tulus dan berserah diri pada Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, menjadi sebuah taubat terbaik dan menjauhkan kita dari Istidraj.

Itulah penjelasan tentang arti Istidraj yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Beserta ciri-ciri dan cara menjauhkan diri dari Istidraj, kemudian ayat Alquran yang membahas tentang Istidraj.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Join Kapanlagi.com