Arti LDR Istilah Populer dalam Asmara, Ketahui Tips Menjaga Hubungan Harmonis dan Langgeng

Editor KapanLagi.com | Senin, 25 Oktober 2021 16:11 WIB
Arti LDR Istilah Populer dalam Asmara, Ketahui Tips Menjaga Hubungan Harmonis dan Langgeng

Kapanlagi.com - Arti LDR bisa berkaitan dengan beragam hubungan mulai dari pertemanan, keluarga persahabatan ataupun cinta. Arti LDR adalah akronim dari Long Distance Relationship. Arti LDR jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti hubungan jarak jauh.

Istilah LDR tentu sudah begitu akrab di telinga. Apalagi LDR juga termasuk bahasa gaul yang trend di sosial media. Arti LDR biasanya digunakan untuk caption di sosial media yang menggambarkan situasi galau karena dilanda rasa rindu. Pasalnya kalian harus rela sementara waktu terpisah jarak dengan orang yang kalian sayang.

Menunggu dan menunda pertemuan menjadi salah satu godaan yang kalian hadapi saat menjalani hubungan LDR. Karena itulah, arti LDR bisa terkait dengan hubungan percintaan ataupun persahabatan. Penyebab menjalin hubungan LDR bisa terjadi karena beberapa faktor mulai dari pekerjaan hingga pendidikan.

Selengkapnya tentang arti LDR dalam cinta dapat kalian simak ulasannya di bawah ini. Berikut arti LDR dalam cinta beserta tips menjaga hubungan harmonis dan langgeng telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti LDR dalam Cinta

LDR merupakan akronim kata bahasa Inggris. Kata LDR ini termasuk dalam kamus gaul kekinian yang juga jadi trend di sosial media. LDR seringkali digunakan untuk menunjukkan kondisi ketika kalian tengah menjalani hubungan jarak jauh. Ya, arti LDR adalah Long Distance Relationship. Dari akronim tersebut, arti LDR sebenarnya yakni ketika seseorang sedang menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan, teman, sahabat dan keluarga.

Arti LDR tersebut dapat berarti juga kalian sedang menjalin hubungan jarak jauh karena beberapa faktor. Misalnya saja terpisah jarak karena pekerjaan, pendidikan, ataupun tugas tertentu. Ya, menjalin hubungan LDR memang tidak mudah. Sebab, jarak yang terbentang menjadi salah satu ujian dalam hubungan kalian. Karena itulah ketika menjalin hubungan LDR cenderung lebih berat dengan tantangannya yang beragam.

Satu-satunya komunikasi yang bisa digunakan adalah sambungan via telepon ataupun internet. Meski  begitu, cukup banyak pasangan mampu melewati godaan dalam hubungan LDR. Itulah, arti LDR dalam cinta yang diambil dari akronim bahasa Inggris.

2. Arti LDR dalam Hubungan Lainnya

Selain arti LDR dalam cinta, ada juga arti LDR yang juga digunakan untuk menunjukkan hubungan jarak jauh dengan seseorang. Misalnya saja teman, sahabat ataupun keluarga. Sebenarnya arti LDR dalam hubungan lainnya adalah singkatan dari Long Distance Relationship. Hanya saja, arti LDR tersebut bisa dipakai untuk berbagai jenis hubungan termasuk persahabatan.

Beberapa faktor saat kalian harus rela menjalani hubungan LDR dengan sahabat salah satunya karena pendidikan. Tak hanya itu saja, bisa jadi faktor hubungan LDR juga terjadi karena pekerjaan. Begitu juga dengan LDR dengan anggota keluarga, biasanya faktor penyebabnya terjadi karena ada anggota keluarga yang merantau ke suatu tempat. Itulah arti LDR dalam hubungan lainnya meliputi pertemanan, persahabatan ataupun keluarga.

3. Arti LDR dari Singkatan Lainnya

Tak hanya arti LDR yang merupakan akronim Long Distance Relationship, melainkan arti LDR juga bisa berasal dari singkatan lainnya. Beberapa arti LDR diambil dari singkatan yang terbilang lucu bahkan nyleneh. Mau tahu apa saja arti LDR lainnya? Langsung saja simak berikut ini ulasan tentang arti LDR yang lain.

- LDR: Long Distance Rela diboongin ship

- LDR: Lungo Dewe Rapopo

- LDR: Lali Duwe Relationship

- LDR: Lama-lama Direstui

- LDR: Lelah Dilanda Rindu

4. Tips Menjaga Hubungan LDR Harmonis

Setiap hubungan tentu memiliki ujian dan tantangan masing-masing. Termasuk hubungan LDR seringkali disebut-sebut cenderung lebih berat godaannya. Jarak jauh yang memisahkan kalian dengan orang tersayang menjadi salah satu faktor. Bagi kalian yang sedang menjalin hubungan LDR seringkali disebut dengan pejuang LDR. Bagi pejuang LDR sebenarnya ada beberapa tips menjaga hubungan tetap langgeng dan awet. Seorang pejuang LDR umumnya harus memiliki rasa sabar tinggi, kepercayaan, dan kesetiaan. Adapun berikut ini tips menjaga hubungan LDR yang harmonis dan langgeng.

- Tanamkan rasa percaya pada pasangan.

- Komitmen dalam menjalin hubungan dengan pasangan.

- Saling menghargai privasi masing-masing.

- Gunakan komunikasi secara virtual melalui video call ataupun pesan suara dengan pasangan.

- Pertahankan komunikasi dengan pasangan.

- Meski terpisah jarak, tidak ada salahnya sesekali memberi kejutan untuk pasangan seperti mengirim makanan, hadiah, atau kejutan romantis lainnya.

- Saling terbuka dan bisa menurunkan ego masing-masing atau mengontrol emosi saat terjadi kesalahpahaman.

- Memberikan perhatian dan dukungan pada pasangan.

- Rancang agenda saat tiba waktu pertemuan dari jauh-jauh hari.

5. Kata-Kata Pejuang LDR

Setelah mengetahui apa arti LDR dalam hubungan cinta di atas ada beberapa quotes LDR yang bisa menguatkan kalian. Apalagi jika kata-kata LDR berikut ini relate dengan perasaanmu, pastinya bisa mewakili hati terdalam untuk orang tersayang. Langsung saja simak ulasannya tentang kata-kata pejuang LDR.

1. "Ke mana pun kamu pergi, apa pun yang kamu lakukan, aku akan selalu ada di sini untuk menunggumu." - Richard Marx, Right Here Waiting

2. "Tidak peduli seberapa jauh kamu, aku akan menunggumu sampai kita akhirnya bisa bersama."

3. "Jangan saling berjanji untuk tidak saling meninggalkan. Cukup berjanjilah untuk saling mempertahankan." - SA

4. "Aku selalu di sisimu kemanapun kamu pergi, meski tak terlihat. Lewat doa, aku bisa melakukannya."

5. "Kamu terlalu jauh untuk tanganku memelukmu, tapi terlalu dekat bagi hatiku untuk mencintaimu." - Heraline

6. "Rindu bilang, ia adalah kesabaran. Untuk memenangkannya, kita hanya butuh berteman dengan waktu, tunggu, dan mampu." - Anonim

7. "Aku akan berhenti mengeluh tentang perbedaan jarak dan waktu, karena aku tahu kamu akan segera kembali untukku."

8. "Pikiran untuk bersamamu besok, memberiku kekuatan untuk melewati hari ini."

9. "Dan seiring berlalunya hari, kenangan itu tetap ada. Aku menunggumu. Hari demi hari aku bersumpah akan mencobanya. Sampai aku mati. Apa pun untukmu."

10. "Ada delapan miliar manusia di bumi. Kadang aku berpikir kenapa Tuhan memilih hatiku untuk ditempatkan di sebelahmu yang tak bisa kulihat sewaktu-waktu."

Nah itulah arti LDR istilah populer dalam hubungan. Beberapa tips menjaga hubungan harmonis dan langgeng karena LDR di atas semoga bisa menguatkanmu.

(kpl/gen/nlw)

Reporter:   Galuh Esti Nugraini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com