Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Luring dan Perbedaan dengan Daring, Jangan Sampai Keliru

Editor KapanLagi.com | Rabu, 01 Desember 2021 20:44 WIB
Arti Luring dan Perbedaan dengan Daring, Jangan Sampai Keliru

Kapanlagi.com - Kata luring dan daring semakin awam diketahui. Istilah ini cukup populer sejak pandemi corona covid-19. Sebagian orang mungkin sudah tahu arti luring. Meski begitu ada juga beberapa di antaranya belum mengetahui apa arti luring sebenarnya serta perbedaan dengan daring.

Istilah luring sangat akrab digunakan dalam sistem pembelajaran. Meskipun, pada dasarnya kata luring bisa terkait dengan banyak hal tak hanya proses belajar mengajar. Pasalnya arti luring adalah Luar Jaringan. Makna dari arti luring tersebut dikenal juga dengan offline.

Karena itulah, media luring tanpa terhubung dengan internet atau akses internet. Untuk lebih jauh memahami arti luring, ulasan di bawah ini penting diketahui. Adapun arti luring dan perbedaan dengan daring dapat kalian simak sebagai berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Luring

Gambar

Mendengar kata luring tentu sudah sangat familiar kalian jumpai. Luring termasuk salah satu istilah baru yang populer sejak terjadi pandemi corona covid-19. Sejumlah orang mungkin saja sudah tahu apa arti luring. Namun beberapa di antaranya bisa jadi belum mengetahui arti luring sebenarnya.

Karena itulah perlu tahu arti luring yang populer digunakan di masa kini. Arti luring berasal dari sebuah akronim. Arti luring tersebut yakni merupakan akronim Luar Jaringan. Makna dan arti luring dikenal dengan luar jaringan tersebut berarti tidak terhubung dengan internet.

Selain itu arti luring juga dapat bermakna dengan offline. Offline yang dimaksudkan adalah tanpa menggunakan internet untuk bertukar informasi. Itulah arti luring yang termasuk  bahasa populer di masa kini.

2. Arti Luring dalam Sistem Pembelajaran

Gambar

Setelah tahu arti luring yakni luar jaringan, istilah ini cukup populer dipakai dalam sistem pembelajaran. Seperti diketahui sejak pandemi corona covid-19 terjadi, berbagai bidang hampir terdampak sepenuhnya dengan situasi tersebut. Salah satunya dunia pendidikan yang menerapkan sistem belajar dari rumah.

Karena itulah dikenal juga dengan istilah lainnya yakni daring dan luring. Berkaitan dengan arti luring dalam sistem pembelajaran, maknanya adalah proses belajar dilakukan secara offline. Arti luring tersebut yakni bahwa proses belajar dapat dilakukan tanpa menggunakan internet.

Dalam sistem pembelajaran, arti luring tersebut memiliki makna jika proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan buku, koran, televisi, radio, jurnal, dan lainnya tanpa terhubung internet. Arti luring dalam sistem pembelajaran pada dasarnya dilakukan tanpa menggunakan internet atau tersambung dengan internet. Maka dari itu muncullah itilah sekolah luring ataupun kuliah luring. Begitu juga dengan penggunaan istilah daring dalam sistem pembelajaran. Itulah arti luring dalam sistem pembelajaran.

3. Perbedaan Luring dan Daring

Gambar

Selain memahami arti luring ketahui juga apa arti daring. Arti luring sebenarnya lawan kata dari daring. Arti daring adalah Dalam Jaringan. Arti daring tersebut bermakna terhubung, tersambung, dengan internet. Sehingga makna dari daring adalah bertukar informasi, atau komunikasi dengan menggunakan jaringan internet.

Arti daring dalam sistem pembelajaran dapat dikatakan jika proses belajar dilakukan secara online menggunakan internet sebagai medianya. Di antara contoh daring dalam sistem pembelajaran yakni seperti Zoom, Google Meet, Vidio Call, dan seterusnya. Untuk lebih jelas memahami perbedaan luring dan daring berikut ini ulasan singkatnya yang perlu diketahui.

1. Pengertian: Daring artinya dalam jaringan sedangkan luring adalah luar jaringan.

2. Media: Luring menggunakan media offline yang tidak terhubung internet seperti buku, jurnal fisik, radio, televisi, koran. Sedangkan daring menggunakan media internet untuk bisa terhubung, berkomunikasi, atau bertukar informasi.

3. Sistem: Luring artinya secara offline. Sedangkan daring adalah online.

Itulah perbedaan luring dan daring yang perlu diketahui. Sehingga memudahkan kalian memahami arti, makna dan penggunaannya.

4. Arti Luring dan Medianya

Gambar

Setelah tahu apa arti luring beserta perbedaan dengan daring, ketahui juga apa saja media yang digunakan luring. Jika daring adalah komunikasi atau bertukar informasi secara online yang juga medianya yakni internet. Maka luring kebalikan dari daring. Ada beberapa media yang digunakan untuk luring. Berikut ini ulasannya tentang media yang digunakan untuk luring.

1. Jika dalam sistem pembelajaran media untuk luring adalah buku atau jurnal fisik.

2. Media luring dapat juga bersumber dari media konvensional seperti TV, radio, atau koran.

3. Media luring bisa dengan mengumpulkan tugas atau pekerjaan dalam bentuk fisik.

5. Istilah Gaul Masa Kini

Gambar

Selain istilah luring dan daring, ada pula sejumlah istilah gaul masa kini yang cukup populer. Istilah gaul masa kini yang populer tersebut juga jadi trend di sosial media. Mau tahu apa saja istilah gaul masa kini? Yuk simak ulasannya KLovers.

1. TBL: Artinya Takut banget loh.

2. Anw: Anyway: Artinya Ngomong-ngomong

3. Healing: Artinya proses penyembuhan diri yang menenangkan jiwa.

4. LOL: Artinya Laugh Out Loud (Tertawa terbahak-bahak)

5. CBL: Artinya Cakep banget loh atau Cute banget loh.

6. LMAO: Laughing My Ass Off: Artinya Tertawa ngakak

7. Gabut: Artinya Gaji buta.

8. KBL: Artinya Kece banget loh.

9. FYI: Artinya For Your Information (Informasi untukmu)

10. DIY: Do It Yourself Artinya Lakukan sendiri sesuai keinginanmu.

11. GWS: Artinya Get Well Soon (Semoga lekas sembuh).

Itulah arti luring dan perbedaan dengan daring. Sehingga dapat memudahkan kalian memahami apa arti luring.

(kpl/gen/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com