Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Nope Beserta Contoh Kalimatnya, Ketahui Pula Perbedaan dengan No dan Not

Editor KapanLagi.com | Kamis, 20 Januari 2022 16:33 WIB
Arti Nope Beserta Contoh Kalimatnya, Ketahui Pula Perbedaan dengan No dan Not

Kapanlagi.com - Bagi kalian saat ini, mungkin tidak asing dengan kata nope. Ya, nope merupakan salah satu kata bahasa Inggris namun dalam bentuk slang. Ya, bagi KLovers yang sering nongkrong atau jadi anak kekinian, maka kalian pasti tahu dengan kata dan arti nope ini. Terlebih kata nope ini sering digunakan oleh anak-anak muda dalam obrolan keseharian.

Ya, arti nope sendiri dalam bahasa Indonesia yaitu, tidak. Namun apa bedanya ya dengan kata no? Apakah sama-sama kata penolakan?

Tentu perlu KLovers ketahui arti nope beserta dengan perbedaannya dengan no ataupun not. Nah, bagi KLovers yang ingin mendalami arti nope, maka berikut ini pengertiannya beserta contoh kalimat yang tepat. Yuk langsung saja kalian cek KLovers.

 

1. Arti Nope

Gambar

Seperti yang KLovers ketahui bahwa, arti nope sendiri dalam bahasa Indonesia yaitu tidak, atau menjadi sebuah kalimat penolak kan. NOPE adalah American English dan termasuk dalam slang word atau bahasa Inggris gaul. Penggunaan kata NOPE sangat disukai orang dan merupakan trend tersendiri.

Oleh karena itu kita sering mendengar kata ini digunakan orang dalam berbicara. Arti nope bukan kata bentuk formal, sehingga jangan digunakan dalam pembahasan formal ya KLovers. Kata nope sendiri sering digunakan pada saat chatting atau berbicara dengan teman dalam percakapan sehari-hari.

Sehingga nope menjadi sebuah kata yang tidak baku dan menjadi kata trendi atau kata gaul yang sering digunakan oleh anak-anak muda. Nah, bagi KLovers yang masih bingung dalam penggunaan kata nope, maka berikut ini beberapa contoh kalimat dalam penggunaan kata nope:

1. Nope, I know how hard you can hit and I'm afraid of life. (Tidak, aku tahu berapa keras kamu boleh memukul dan aku takut hidup.)

2. Nope, nothing! Membership is totally FREE! (Nggak, tidak ada! Keanggotaan adalah GRATIS!)

3. Nope, i kinda feel lazy for school (Nggak, aku merasa malas untuk ke sekolah)

4. Do you want me to help me cut vegetables? Nope. (Maukah kamu membantu aku memotong sayuran? Tidak.)

2. Perbedaan No, Not, dan Nope

Gambar

Bila KLovers sudah mengetahui apa sih arti nope, maka KLovers juga perlu tahu nih apa perbedaan no, not, dan juga nope. Ya, sekilas, ketiga kata penolakan ini memiliki arti dan tujuan yang sama. Namun adakah perbedaan tersebut? Bagi KLovers yang penasaran, berikut ini perbedaan no, not, dan nope:

1. NO

Dalam kata No, merupakan kata yang tidak asing untuk kita. Ya, Kata no sering dipakai dalam British English dan dalam situasi yang formal. Bisa dipakai dalam speaking atau juga writing. Walaupun kata no adalah British English, tetapi banyak juga American yang menggunakan kata no untuk menyatakan "tidak".

2. NOT

Sama seperti kata no, kata not adalah bentuk formal untuk menyatakan "tidak" dan sering dipakai dalam British English atau American English. Sehingga pengguna kata ini mirip dan bisa kalian gunakan dalam berbagai situasi, namun lebih tepat dan lebih bagus untuk kalimat formal.

3. NOPE

Dan yang terakhir ada kata nope, ya nope adalah bentuk informal dari not dan no. Nope adalah American English dan termasuk dalam slang word atau bahasa Inggris gaul. Penggunaan kata nope sangat disukai orang dan merupakan trend tersendiri, oleh karena itu kita sering mendengar kata ini digunakan orang dalam berbicara. Kata nope sering digunakan pada saat chatting atau berbicara dengan teman dalam percakapan sehari-hari.

3. Cara Lain dalam Penggunaan Tidak

Gambar

Selain kata no, not, dan nope, ada cara lain loh dalam mengungkapkan kata tidak. Ya, kata ini bisa kalian gunakan sebagai salah satu ungkapan lain bila kalian bosan dengan kata no, not ataupun nope. Dan berikut ini beberapa cara lain dalam menggunakan kata tidak dalam bahasa Inggris:

1. I'm all set/I'm all good!

Ketika kalian ditawari sesuatu seperti makanan atau minuman oleh seseorang, namun kalian tidak ingin memakan makanan tersebut, maka katakanlah I'm all set atau I'm all good. Kedua kata tersebut masih terbilang cara menolak yang sopan, dari pada kalian menggunakan kata no.

2. I'd love to, but I can't.

Adapun kata I'd love to, but I can't untuk menolak ajakan secara sopan. Kata ini bisa kalian gunakan seperti, saat diundang ke suatu acara, kalian bisa memulai dengan berterimakasih karena telah diundang. Dan katakan kalau kalian sangat ingin datang tetapi ada satu dan lain hal yang membuat kalian tidak bisa.

3. Absolutely not.

Kata absolutely not ini memiliki makna yang tegas. Itu tandanya bahwa kalian benar-benar tidak bisa menerima atau menolak suatu hal. Tapi hati-hati ya ketika menggunakan kata ini, karena maknanya yang tegas, maka kalian harus tahu kapan bisa menggunakannya dan siapa orangnya.

4. Not in a million years

Dan cara bilang tidak yang juga memiliki makna tegas adalah not in a million years. Sebenarnya kalimat ini bisa digunakan untuk hal yang lucu saat sedang bersama teman-teman. Namun jika kalian gunakan dengan orang yang lebih tua atau posisinya lebih tinggi dibandingkan kalian, maka maknanya akan terlihat kasar.

Itulah arti nope yang bisa KLovers ketahui dan pahami, beserta dengan artinya. Selain arti nope, kalian juga bisa mengetahui perbedaan no, not, dan juga nope dalam sebuah penulisan ataupun percakapan bahasa Inggris.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com