Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Nostalgia Berkaitan dengan Kenangan di Masa Lalu, Ketahui Dampak dan Pemicunya

Sabtu, 27 November 2021 11:22 WIB
Arti Nostalgia Berkaitan dengan Kenangan di Masa Lalu, Ketahui Dampak dan Pemicunya

Kapanlagi.com - Istilah nostalgia tentu sangat familiar digunakan. Penggunaan istilah ini dapat muncul secara tiba-tiba dalam berbagai situasi. Pasalnya arti nostalgia sangat berkaitan dengan rasa rindu terhadap kenangan indah di masa lalu.

Segala kejadian dan kenangan di masa lalu seringkali meninggalkan kesan mendalam. Apalagi jika kenangan tersebut sangatlah indah dan menyenangkan, ada momen di masa sekarang ingin mengulanginya lagi. Inilah yang kemudian memunculkan rasa rindu terhadap kenangan masa lalu yang merupakan bagian dari arti nostalgia.

Arti nostalgia berkaitan dengan apapun yang terbentuk dan membekas dalam ingatan terhadap peristiwa indah masa lalu. Karena itulah sulit melupakan kenangan tersebut hingga bikin nostalgia ketika menjumpai sesuatu yang mengingatkanmu akan kenangan itu.

Untuk memahami apa arti nostalgia, ulasan di bawah ini bisa menjawab pertanyaanmu tentang nostalgia dan beragam dampak serta pemicunya. Berikut arti nostalgia telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Nostalgia di KBBI

Gambar

Mendengar kata nostalgia yang pertama terbesit di pikiran kita adalah tentang rasa rindu terhadap kejadian, kenangan, atau peristiwa yang telah lalu. Namun sudah tahukah arti nostalgia yang sebenarnya?

Kalian mungkin sering mendengar kata nostalgia dalam percakapan sehari-hari. Ya, kata nostalgia kerap digunakan ketika seseorang tengah membahas suatu kejadian yang mengingatkan akan masa lalu. Dari sinilah, kalian bisa melihat apa arti nostalgia yang perlu diketahui. Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti nostalgia memang erat kaitannya dengan suatu kerinduan terhadap kejadian di masa lalu.

Adapun arti nostalgia menurut KBBI memiliki dua poin penjelasan. Pertama arti nostalgia di KBBI adalah tentang kerinduan pada sesuatu yang sangat jauh letaknya atau sekarang sudah tidak ada lagi. Kerinduan yang dimaksudkan tersebut bahkan terkadang terjadi secara berlebihan. Kedua, arti nostalgia di KBBI adalah kenangan manis pada masa lalu.

Sedangkan secara bahasa, kata nostalgia berasal dari bahasa Yunani dari kata nostos berarti kepulangan serta algos berarti luka atau sakit. Maka, jika bisa disimpulkan berdasarkan arti nostalgia tersebut, nostalgia berkaitan dengan rasa rindu terhadap kenangan manis, indah, berkesan di masa lalu namun sudah tidak bisa terulang kembali atau tidak ada lagi di masa sekarang. Itulah arti nostalgia di KBBI yang perlu diketahui.

2. Arti Nostalgia dan Maknanya

Gambar

Setiap orang tentu memiliki kejadian, pengalaman, kenangan di masa lalu yang meninggalkan kesan mendalam. Ada kenangan manis, indah dan membahagiakan atau justru kejadian sebaliknya. Apapun itu, segala jenis kenangan tersebut terkadang sangat membekas di hati bahkan bikin susah move on.

Terlebih jika menjumpai suatu kejadian, situasi, atau keadaan tertentu yang terbilang mirip dengan masa lalu bikin kenangan tersebut muncul. Alhasil muncullah istilah yang disebut dengan nostalgia. Ya, arti nostalgia seperti telah dijelaskan pada ulasan sebelumnya berkaitan dengan rasa rindu terhadap kenangan masa lalu.

Kenangan yang dimaksudkan tersebut menjadi kenangan yang indah, bahagia, dan berkesan. Sehingga membuat diri seseorang terasa ingin kembali mengulanginya. Saking indah dan bikin bahagia, sejumlah orang dibuat senyum-senyum sendiri saat bernostalgia dengan suatu kejadian di masa lalu. Sebab, beberapa sumber juga menyebutkan jika nostalgia berkaitan dengan emosional tak sekedar ingatan semata.

Alhasil ketika bernostalgia, seseorang merasakan perasaannya senang, damai, nyaman, dan bahagia. Misalnya saja nostalgia ketika duduk di bangku SMA dengan melihat foto atau mendengarkan lagu yang disukai dan berkesan. Tanpa sadar emosi terbawa perasaan di masa itu yang indah dan menyenangkan.

3. Pemicu Munculnya Nostalgia

Gambar

Setelah tahu apa arti nostalgia, sebenarnya perasaan ini memiliki pemicu atau penyebabnya. Tidak heran kalau pada beberapa momen tertentu, seseorang tiba-tiba nostalgia dengan kenangan di masa lalu. Beberapa sumber menyebutkan bahwa pemicu nostalgia adalah terkait dengan panca indra. Namun yang paling utama yakni tentang aroma berhubungan dengan indra penciuman.

Pasalnya indra penciuman diketahui juga berhubungan dengan emosi dalam diri. Sedangkan melansir dari sebuah sumber menyebutkan jika indra penciuman dapat berpengaruh pada emosi yang akhirnya juga jadi pemicu rasa nostalgia. Misalnya saja karena mencium aroma tertentu, bisa bikin seseorang rindu akan kenangan atau hal di masa lalu. Itulah arti nostalgia dan salah satu faktor pemicunya.

4. Arti Nostalgia dan Dampaknya

Gambar

Dampak bernostalgia rupanya tak hanya bikin rasa nyaman, senang, dan bahagia semata. Melainkan ada dampak yang bikin seseorang justru merasakan perasaan sedih atau sebuah penyesalan. Hal ini seperti sebuah studi yang dilakukan oleh tim USC Dornsife seperti melansir dari neurosciencenews.com, mengatakan jika dampak nostalgia bisa beragam dari yang positif ataupun negatif. Meskipun sebagian besar dampaknya yang paling mendominasi adalah emosi positif. Adapun beberapa dampak nostalgia dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

Dampak Positif Nostalgia

1. Mengurangi rasa stres: Dampak positif yang pertama dari nostalgia adalah dapat mengurangi rasa tres dan depresi. Hal ini seperti dalam sebuah studi tahun 2012 di jurnal Memory, Routledge serta kawan-kawan memperlihatkan bahwa dengan nostalgia dapat mengurangi stres serta membuat mood semakin meningkat. Sebab, mereka akan mengingat momen indah orang orang tersayang, merasakan dicintai, dihargai serta meningkatkan stimulus bahwa dirinya tidaklah sendiri.

2. Meningkatkan Rasa Optimis dan Semangat: Dampak positif nostalgia berikutnya adalah dapat meningkatkan rasa optimis dan semangat. Melansir dari huffpost.com, sebuah studi tahun 2013 terbit di Personality and Social Psychology Bulletin, menunjukkan jika dengan nostalgia maka dapat meningkatkan rasa optimisme dan merasakan hidup lebih bermakna.

3. Pengaruh pada pengambilan keputusan: Dampak nostalgia berikutnya adalah berpengaruh pada pengambilan sebuah keputusan. Misalnya saja keinginan untuk membeli barang. Hal ini sesuai dengan hasil studi di Journal of Consumer Research 2014 dapat berpengaruh pada pengambilan keputusan terutama meningkatkan daya berbelanja.

4. Memicu perasaan bahagia: Dampak nostalgia juga bisa memicu perasaan bahagia. Karena itulah hal ini dapat mengurangi rasa sedih, stres, ataupun depresi.

5. Merasa hidup lebih bermakna dan berharga: Nostalgia juga bisa memberi dampak positif pada seseorang merasakan hidup lebih bermakna serta berharga. Sehingga dapat meningkatkan harapan hidup yang lebih baik di masa depan. Ini sesuai dengan studi Personality and Social Psychology Bulletin 2013 bahkan nostalgia dapat membuat seseorang merasa nyaman dan hidup lebih bermakna.

Dampak Negatif Nostalgia

1. Memicu perasaan khawatir: Dampak negatif nostalgia yang pertama mungkin saja terjadi adalah menimbulkan rasa khawatir ataupun perenungan. Melansir dari healthline, studi 2012 menghasilkan data jika nostalgia dapat memicu rasa khawatir dan depresi saat membahas tentang kenangan masa lalu para partisipan.

2. Rasa sedih dan menyesal: Dampak negatif nostalgia yang mungkin saja bisa terjadi adalah rasa sedih dan penyesalan. Ini dapat terjadi jika sampai sekarang kalian belum bisa mencapai sesuatu yang lebih baik dibandingkan masa lalu ataupun tentang sebuah kegagalan. Alhasil berharap ingin kembali ke masa lalu. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang merasa bersalah bahkan menyesal.

3. Rasa sepi kehilangan seseorang: Nostalgia juga bisa memicu perasaan sepi karena kehilangan momen atau orang yang spesial. Akibatnya menimbulkan rasa sedih saat rindu akan kenangan di masa lalu. Melansir dari sumber yang sama, situasi ini dikenal juga dengan nostalgia antisipatif.

Itulah beberapa penjelasan tentang arti nostalgia, dampak dan pemicunya yang perlu kalian ketahui. Sehingga dengan memahami apa itu nostalgia dapat memudahkan kalian tahu maknanya.

(kpl/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com