Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Panas Secara Umum dan dalam Ilmu Fisika, Ketahui Sumber Energi Panas Beserta Manfaatnya

Kamis, 26 Mei 2022 13:22 WIB
Arti Panas Secara Umum dan dalam Ilmu Fisika, Ketahui Sumber Energi Panas Beserta Manfaatnya

Kapanlagi.com - Istilah panas tentunya menjadi kata umum yang sudah banyak diketahui. Namun ternyata, arti panas di KBBI memiliki beragam makna disesuaikan berdasarkan situasi tertentu.

Memahami apa arti panas pastinya nggak terlalu rumit. Di mana ketika mendengar kata panas maka pikiran kita akan langsung tertuju pada kondisi ketika suhu tinggi yang menyebabkan rasa gerah bahkan terbakar.

Tidak ada yang salah dengan arti panas tersebut, karena makna dari panas menurut KBBI juga tak berbeda jauh. Di mana arti panas bisa berkaitan dengan udara, suhu, musim, perasaan, dan lainnya.

Sementara itu dikenal juga beberapa sumber energi panas yang mengandung banyak manfaat dalam kehidupan makhluk hidup. Untuk tahu arti panas secara umum, di bawah ini ulasan tentang arti panas yang perlu kalian ketahui. Yuk simak langsung arti panas yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Arti Panas di KBBI

Gambar

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki beragam kosakata yang memudahkan siapa saja untuk tahu makna dan arti setiap kata. Salah satunya memahami tentang arti panas di KBBI. Terdapat beberapa poin yang menjelaskan tentang arti panas.

Di mana arti panas di KBBI memiliki pengertian berdasarkan situasi tertentu. Adapun arti panas di KBBI yang pertama adalah berkaitan dengan udara yang terasa seperti terbakar atau terasa dekat dengan api. Dengan kata lain panas memiliki suhu yang relatif tinggi.

Kedua, arti panas di KBBI adalah berkaitan dengan musim panas atau kemarau. Ketiga arti panas adalah kondisi demam yakni ketika suhu badan tinggi lebih dari biasanya. Keempat, arti panas di KBBI adalah gerah atau badan terasa panas. Kelima, arti panas di KBBI adalah berkaitan dengan perasaan iri dan sakit hati. Keenam arti panas adalah keadaan yang genting sekali atau berbahaya. Ketujuh, arti panas di KBBI adalah berkaitan dengan pengaruh buruk misalnya mengenai uang panas.

Itulah penjelasan mengenai arti panas di KBBI yang memiliki beragam makna berdasarkan situasinya. Semoga dapat memudahkanmu tahu makna dari arti panas di KBBI.

2. Arti Panas dalam Ilmu Fisika

Gambar

Sementara itu ada juga arti panas dalam ilmu Fisika. Arti panas dalam ilmu Fisika dikenal juga dengan kalor. Di mana arti panas dalam ilmu Fisika adalah energi yang berpindah akibat perbedaan suhu. Dalam ilmu fisika untuk satuan panas atau kalor dikenal dengan satuan Joule.

Makna dari arti panas dalam ilmu Fisika adalah kondisi ketika suatu benda memiliki energi dari suhu tinggi bergerak ke suhu rendah. Salah satu contohnya adalah ketika kalian memanaskan suatu benda yang awalnya benda tersebut bersuhu rendah kemudian berubah ke suhu tinggi atau panas.

Perpindahan panas ini dapat terjadi dalam berbagai perantara yakni secara konduksi, konveksi, ataupun radiasi. Pada saat dua benda bertemu dengan suhu yang berbeda maka suhunya akan saling menyamakan. Misalnya saja ketika masak air panas, atau mendiamkan air panas di udara terbuka. Maka suhunya juga akan berubah menyamakan menjadi panas atau justru hangat dan dingin.

Sementara itu terdapat rumus kalor dalam ilmu Fisika yakni untuk perpindahan kalor Q = m.c.?T, rumus kalor jenis c = Q/ m. ?T, rumus kapasitas kalor C = Q/ ?T, rumus menentukan kapasitas kalor itu sendiri C = m.c, rumus kalor lebur dan uap Q = m x L (Kalor lebur), Q = m x U (kalor uap). Itulah arti panas dalam ilmu Fisika.

3. Sumber Energi Panas

Gambar

Setelah tahu arti panas terdapat beberapa sumber energi panas. Sumber energi panas adalah energi yang keberadaannya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Di mana terdapat sejumlah sumber energi panas yang umum diketahui. Adapun sumber energi panas tersebut dapat kalian simak di bawah ini.

Sumber energi panas matahari adalah sumber terbesar di bumi. Di mana sumber energi panas matahari memberikan banyak manfaat dalam kehidupan makhluk hidup baik aktivitas sehari-hari ataupun dari sisi kesehatan. Selain itu energi panas juga bisa membuat benda memuai, dapat mengubah bentuk, volume, serta dapat berpindah. Ini beberapa sumber energi panas yang perlu kalian ketahui.

- Sumber energi panas bumi adalah energi yang berasal dari bumi misalnya saja dari batuan. Selain itu arti sumber energi panas bumi juga dikenal dengan energi geothermal.

- Sumber energi panas api adalah energi panas yang berasal dari bahan bakar minyak, gas, kayu, ataupun batu bara.

- Sumber energi panas listrik berasal dari listrik yang kemudian berubah menjadi energi panas.

- Sumber energi panas berasal dari gesekan suatu benda misalnya saja kayu dengan batu dan lainnya.

4. Manfaat Energi Panas

Gambar

Setelah memahami arti panas secara umum di KBBI dan ilmu Fisika, terdapat sejumlah manfaat dari energi panas. Nah di bawah ini beberapa manfaat energi panas yang perlu kalian ketahui. Di mana adanya energi panas membawa banyak fungsi dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup seperti hewan ataupun tumbuhan.

- Manfaat energi panas dapat menjadi sumber pembangkit listrik.

- Manfaat energi panas dapat mengeringkan suatu benda.

- Sumber energi panas dapat menjadi pembangkit tenaga atau bahan bakar.

- Manfaat energi panas mengandung banyak kegunaan untuk proses fotosintesis dan sumber vitamin D.

- Kebutuhan sehari-hari yakni memasak.

- Manfaat energi panas dapat menghangatkan badan.

Itulah penjelasan mengenai arti panas yang perlu kalian ketahui. Semoga dapat menjadi referensi memahami makna arti panas secara umum dan berdasarkan ilmu Fisika.

(kpl/gen/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com