Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Primitif: Pengertian, Ciri-Ciri Beserta 6 Suku Primitif yang Cukup Berbahaya di Dunia

Editor KapanLagi.com | Senin, 06 Desember 2021 14:33 WIB
Arti Primitif: Pengertian, Ciri-Ciri Beserta 6 Suku Primitif yang Cukup Berbahaya di Dunia

Kapanlagi.com - Kata primitif bukan menjadi sebuah kata yang asing. Ya, kata primitif ini sering kita dengar meski bukan kata sehari-hari. Arti primitif sendiri yaitu keadaan yang sangat sederhana, maksudnya yaitu keadaan di mana sebuah wilayah yang manusia dan keadaan tempatnya belum maju terhadap peradaban dunia, bahkan bisa dibilang kuno atau belum terjamah dengan hal-hal modern.

Primitif biasanya disangkutkan dengan sebuah suku. Namun di zaman yang super canggih ini, apakah masih ada suku-suku primitif? Nyatanya memang ada loh KLovers. Bahkan di beberapa tempat di dunia ini masih ada suku primitif, bahkan suku primitif ini cukup berbahaya bagi manusia modern. Hal ini biasanya karena mereka ingin tetap seperti saat ini dan tidak ingin terpengaruh dengan kemajuan teknologi.

Nah, bagi KLovers yang penasaran dengan arti primitif, maka berikut ini dilansir dari berbagai sumber, arti primitif beserta dengan ciri-ciri masyarakat primitif. Selain itu ada beberapa suku primitif di dunia yang bisa kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Primitif

Gambar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, arti primitif sendiri yaitu keadaan yang sangat sederhana. Maksudnya keadaan sederhana yaitu keadaan di mana sebuah wilayah yang manusia dan keadaan tempatnya belum maju tentang peradaban dunia, dan kuno atau belum terjamah dengan hal-hal modern. Kemudian arti primitif dalam Wikipedia yaitu, suatu kebudayaan masyarakat atau individu tertentu yang belum mengenal dunia luar atau jauh dari keramaian teknologi.

Selain itu arti primitif bisa juga diartikan sebagai kondisi di mana tidak mengenal teknologi modern. Kata primitif sering juga digunakan untuk suatu kebudayaan atau masyarakat yang hidupnya masih tergantung alam ataupun tidak mengenal dunia luar. Adapun kata primitif ditujukan untuk seseorang yang tidak mempunyai kesopanan dalam perilakunya baik secara verbal maupun secara fisik, tapi digunakan kata biadab.

Kemudian ada pula arti primitif merupakan sebuah sikap atau sifat masyarakat atau individu yang tidak mengikuti perkembangan zaman dan tidak terbiasa dengan dunia teknologi, dan peradaban di luar lingkungannya. Kelompok atau orang primitif, biasanya selalu berpegang teguh pada aturan adat atau aturan lingkungan yang sudah ada secara turun temurun. Kelompok atau orang primitif bertahan hidup dengan pengalaman yang telah dimiliki sebelumnya.

2. Ciri-Ciri Masyarakat Primitif

Gambar

Selain arti primitif, ada pula ciri-ciri masyarakat primitif yang bisa kalian ketahui. Ya, ciri-ciri ini bisa menjadi pengetahuan oleh kalian bahwa masyarakat ataupun suatu kelompok primitif biasanya memiliki beberapa ciri-ciri yang sama. Berikut ini beberapa ciri-ciri masyarakat primitif yang bisa kalian ketahui:

1. Menganggap alam semesta memiliki nyawa yang harus di hormati.

2. Suatu suku hidupnya bergantung pada alam meskipun dunia luar sudah mengalami modernisasi.

3. Sering mensakralkan objek-objek tertentu yang menurutnya peninggalan nenek moyang.

4. Memiliki sikap hidup yang serba magis.

5. Suatu kegiatan kebudayaan yang dianggap kuno atau ketinggalan zaman.

6. Memiliki beragam upacara keagamaan atau keyakinan.

3. Suku Primitif yang Ada di Dunia

Gambar

Setelah mengetahui arti primitif dan ciri-ciri masyarakat primitif. Maka berikut ini ada beberapa contoh cukup primitif yang ada di dunia. Suku-suku ini masih bertahan di zaman modern seperti saat ini, dan masih mempertahankan kegiatan kebudayaan yang sudah turun-temurun. Bahkan beberapa suku primitif ini cukup berbahaya, karena kegiatan mereka ataupun karena mereka menolak untuk berkomunikasi dengan dunia luar. Berikut ini suku primitif yang ada di dunia:

1. Sentinelese

Suku ini bisa kalian temui di Pulau Sentinel, Teluk Bengal yang berlokasi di antara Myanmar dan India. Pulau yang mereka tinggali tak terlalu besar, namun memang terpisah oleh laut. Suku ini terdiri dari para pemburu, mengingat mereka memang bertahan hidup dengan cara memburu hewan di pulau tersebut. Senjata yang mereka gunakan adalah busur dan tombak. Pemerintahan India sudah memberi peringatan keras bahwa suku Sentinelese sangat berbahaya dan wajib dijauhi. Suku ini memberi batasan sekitar 5 km bagi orang luar dari pulau mereka.

2. Yaifo

Yaifo adalah suku primitif yang ditemukan di Papua Nugini bagian tengah. Untuk tiba di teritori suku ini, bisa menyusuri sungai selama sebulan lamanya. Atau jika berjalan kaki bisa mencapai 6 minggu melewati hutan yang sangat berbahaya. Tak heran jika suku Yaifo begitu terisolasi dari dunia luar.

3. Surma atau Suri

Suku ini tinggal di Ethiopia dan dianggap sebagai salah satu yang paling berbahaya karena mereka bisa menggunakan senjata api untuk melindungi diri. Senjata modern itu mereka dapatkan dari perang sipil Sudan di masa lalu. Suku Suma juga sangat lihai dalam pertarungan fisik menggunakan tongkat yang mereka sebut sebagai sagine. Bahkan ada adat di mana 2 pria harus saling bertarung demi mendapatkan seorang wanita, hingga salah satu dari mereka mati.

4. Korubo atau Dslala

Suku ini merupakan suku yang tinggal di bagian barat dari Hutan Amazon. Banyak sekali laporan masuk mengenai pertempuran antar suku di area tersebut. Mereka menggunakan gada panjang yang bahkan lebih tinggi dari mereka. Pihak pemerintahan Brazil sempat mencoba berdamai dengan suku ini, namun hasilnya 7 orang dibunuh. Pemerintah akhirnya menetapkan jika suku Korubo sangat berbahaya dan harus dijauhi, apapun alasannya.

5. Mashco-Piro

Suku ini hidup di Madre de Dios, Peru. Tahun 2012 silam, seorang petualang ditemukan mati setelah melakukan kontak dengan suku ini. Sebuah anak panah menancap di jantungnya. Suku ini sering terlihat di teritori tetangga ketika mencari makan. Namun mereka biasanya tinggal di dekat Sungai Las Piedras selama musim panas. Dan ketika musim hujan tiba, mereka akan mengungsi ke pedalaman hutan Amazon.

6. Moken

Suku Moken mungkin tidak terlalu berbahaya. Namun mereka adalah suku yang paling terisolasi dari dunia luar. Bisa ketemu mereka saja adalah sebuah keajaiban. Suku ini tinggal di atas perahu kayu di sekitaran Kepulauan Mergui yang ada di antara Burma dan Thailand. Mereka bersenjatakan tombak dan jaring untuk menangkap ikan dan apapun di laut yang bisa dimakan. Perahu mereka biasanya dilengkapi dengan dapur dan tempat tidur.

Itulah arti primitif yang bisa kalian ketahui dan pelajari. Bukan hanya arti primitif saja, kalian juga bisa mengetahui ciri-ciri masyarakat primitif dan beberapa suku primitif yang ada di dunia. Semoga pembahasan arti primitif di atas bisa menjadi sebuah ilmu baru untuk KLovers semua.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com