Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Propaganda: Pengertian Secara Umum dan Menurut Ahli, Beserta Teknis dan Jenisnya

Editor KapanLagi.com | Kamis, 30 Juni 2022 13:44 WIB
Arti Propaganda: Pengertian Secara Umum dan Menurut Ahli, Beserta Teknis dan Jenisnya

Kapanlagi.com - Mungkin KLovers tahu dengan kata propaganda ini dan tidak asing dengan kata ini. Namun, apakah KLovers mengetahui lebih dalam arti propaganda? Ya, dalam artikel ini kita akan membahas apa sih arti propaganda secara lengkap.

Propaganda sering digunakan untuk melakukan suatu komunikasi yang bersifat persuasif, direncanakan untuk mempengaruhi adanya pandangan serta tingkah laku individu-individu, agar nantinya dapat sesuai dengan keinginan dari propagandis.

Namun, selain mengetahui apa arti propaganda, KLovers juga akan mengetahui apa penjelasan arti propaganda menurut ahli. Kemudian, jenis-jenis dari propaganda, beserta dengan unsur dan juga tekni dari propaganda.

Untuk itu, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan lengkap arti propaganda beserta dengan jenis, unsur dan juga teknik-nya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Arti Propaganda

Gambar

Arti propaganda adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yaitu propagare yang berarti mengembangkan atau memekarkan. Kata tersebut telah muncul di Congregatio De Propaganda Fide pada tahun 1622 ketika Paus Gregorius XV mendirikan organisasi yang memiliki tujuan untuk mengembangkan serta memekarkan agama Katolik Roma, baik di Italia ataupun negara-negara lainnya.

Secara sistematis, propaganda membentuk persepsi dan kognisi yang memengaruhi respons perilaku propaganda. Komunikasi dilakukan dari satu orang kepada banyak orang, memisahkan antara komunikator terhadap komunikannya. Propaganda juga sering dijadikan suatu usaha untuk melakukan suatu komunikasi yang bersifat persuasif

Sehingga ini direncanakan untuk mempengaruhi adanya pandangan serta tingkah laku individu-individu, agar nantinya dapat sesuai dengan keinginan dari propagandis. Kemudian, arti propaganda menurut Encylopedia International adalah suatu jenis komunikasi yang akan berusaha untuk mempengaruhi pandangan serta reaksi, tanpa memperdulikan tentang nilai benar atau tidak benarnya pesan yang akan disampaikan.

2. Arti Propaganda Menurut Ahli

Nah, selain KLovers mengetahui apa sih arti propaganda secara umum, KLovers juga bisa mengetahui apa arti propaganda menurut para ahli. Ya, arti propaganda menurut para ahli ini akan mempermudah KLovers memahami lebih dalam lagi arti propaganda. Berikut ini beberapa penjelasan tentang arti propaganda menurut para ahli tersebut.

1. Leonard W. Dobb

Arti propaganda menurut Leonard W. Dobb adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh individu-individu yang berkepentingan untuk mengontrol sikap kelompok termasuk dengan cara menggunakan sugesti, sehingga berakibat menjadi kontrol terhadap kegiatan kelompok tersebut.

2. Ralph D. Casey

Arti propaganda adalah sebuah bentuk usaha yang akan dilakukan secara sengaja serta sadar untuk menetapkan sebuah sikap dan mengubah suatu pendapat yang telah berkaitan dengan doktrin atau juga program dari pihak lain merupakan sebuah yang sadar dari berbagai lembaga-lembaga komunikasi untuk dapat menyebarkan fakta di dalam semangat obyektivitas dan juga kejujuran.

3. Jasques Ellul

Arti propaganda menurut Jasques Ellul adalah komunikasi yang digunakan oleh suatu kelompok terorganisasi yang ingin menciptakan partisipasi aktif atau pasif dalam tindakan-tindakan suatu massa yang terdiri atas individu-individu, dipersatukan secara psikologis dan tergabungkan didalam suatu kumpulan atau organisasi.

4. Barnays

Arti propaganda yang modern merupakan usaha yang memiliki sifat yang konsisten dan juga secara terus menerus untuk dapat menciptakan dan membentuk berbagai peristiwa dengan tujuan mempengaruhi sebuah hubungan publik terhadap sebuah penguasa serta kelompok.

5. Garts Jowet and Victoria O'Donnell

Arti propaganda menurut Garts Jowet and Victoria O'Donnell adalah usaha dengan sengaja dan sistematis, untuk membentuk persepsi, memanipulasi pikiran, dan mengarahkan kelakuan untuk mendapatkan reaksi yang di inginkan penyebar propaganda.

6. R.A santoso sastropoetro

Propaganda adalah bentuk penyebaran dari pesan yang telah lebih dulu direncanakan dengan cara teliti untuk dapat mengubah sikap, pandangan, pendapat serta tingkah laku dan penerima dari komunikasi sesuai dengan sebuah pola yang ditetapkan oleh para komunikator.

7. Prof. Dr. Mar'at

Arti propaganda menurut Prof. Dr. Mar'at adalah suatu teknik cara usaha yang sistematis serta sungguh-sungguh dipikirkan secara mendalam di mana teknik atau cara/usaha ini dilakukan baik oleh seseorang maupun sekolompok orang untuk mempengaruhi pendapat atau sikap orang lain atau kelompok lain.

8. Lasswell

Arti propaganda secara luas ialah suatu teknik untuk dapat mempengaruhi semua kegiatan manusia dengan sebuah memanifulasikan representasinya.

9. Prof. Onong Uchyana Effendi

Arti propaganda adalah suatu komunikasi yang dilakukan secara berencana, sistematis serta berulang-ulang untuk mempengaruhi seseorang, khalayak ataupun bangsa agar melaksanakan kegiatan tertentu dengan kesadaran sendiri tanpa paksaan atau dipaksa.

10. Carl I. Hovlan

Arti propaganda menurut Carl I. Hovlan adalah usaha untuk merumuskan secara tegar azas-azas penyebaran informasi serta pembentukan opini dan sikap.

3. Jenis Propaganda Berdasarkan Sifatnya

Gambar

Kemudian, selain penjelasan arti propaganda, KLovers juga bisa mengetahui jenis dari propaganda itu sendiri. Ya, Propaganda juga memiliki berbagai jenisnya loh KLovers. Dan berikut ini jenis propaganda berdasarkan dengan sifatnya.

1. White Propaganda

Jenis propaganda yang ini yaitu propaganda tertutup atau dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Di mana progandis tidak secara terang-terangan menyerang orang yang dikenai propaganda.

2. Black Propaganda

Jenis propaganda yang berikut ini yaitu propaganda terbuka di mana menyerang narasumber yang dikenai propaganda secara terang-terangan atau terbuka.

3. Grey Propaganda

Dan jenis propaganda terakhir yaitu propaganda yang belum diketahui pasti dari mana sumbernya maka dapat dengan menimbulkan sebuah keraguan.

4. Jenis Propaganda Berdasarkan Sumbernya

Selanjutnya ada pula jenis propaganda menurut sumbernya. Ya, jenis propaganda ini dilihat dari sumbernya, apakah tertutup atau terbuka. Dan berikut ini jenis propaganda menurut sumbernya.

1. Propaganda Tertutup

Propaganda tertutup merupakan propaganda yang berasal dari sumbernya tidak diketahui atau tidak jelas dan secara tertutup. Pengungkapan dalam propaganda tidak diketahui secara jelas, niat propagandis tidak langsung muncul.

2. Propaganda Terbuka

Propaganda terbuka merupakan propaganda yang berasal dari sumber yang disebutkan dengan jelas dan secara terbuka. Pengungkapan dalam propaganda telah jelas, niat propagandis langsung muncul.

3. Propaganda Tertunda

Dan terakhir ada propaganda tertunda atau delayed revealed propaganda, yang merupakan propaganda yang berasal atau awal mulanya dirahasiakan, akan tetapi cepat atau lambat akan disebutkan jelas dan secara terbuka. Pengungkapan dalam propaganda itu tertunda, niat propagandis tidak segera muncul. Namun Seluruh tujuan dan niat terungkap selang beberapa waktu tertentu.

5. Jenis Propaganda Berdasarkan Metode dan Sistem

Gambar

Dan jenis propaganda yang terakhir yaitu, berdasarkan dengan metode dan juga sistemnya. Ya, jenis metode ini akan membedakan mana metode dan bagaimana sistemnya. Berikut ini jenis propaganda menurut metode dan juga sistemnya.

1. Metode Koersif

Metode koersif merupakan propaganda yang menerapkan metode ancaman dan bahasa kekerasan yang membuat komunikan selaku target propaganda mengikuti apa yang diinginkan oleh komunikator selaku propagandis, karena didorong oleh rasa takut, terancam atau khawatir.

2. Metode Persuasif

Metode persuasif merupakan propaganda yang menerapkan metode penyampaian pesan yang menarik dengan tujuan agar komunikan selaku target propaganda senang dan rela mengikuti apa yang diinginkan komunikator selaku propagandis.

3. Metode Pervasif

Metode pervasif merupakan propaganda komunikasi yang menerapkan metode penyampaian pesan secara luas serta dilakukan secara terus menerus kepada komunikan selaku target sehingga menjadi bagian dari yang diinginkan oleh komunikator selaku propagandis.

4. Sistem Propaganda Interaksi Simbolik

Interaksi simbolik merupakan propaganda menggunakan lambang komunikasi dalam berbagai arti baik bahasa lisan atau tulis, gambar dan isyarat yang dirumuskan sedemikian rupa sehingga merangsang jiwa komunikan selaku target propaganda untuk menerima pesan dan kemudian memberikan tujuan dari keinginan komunikator selaku propagandis.

5. Sistem Propaganda Perbuatan

Propaganda dengan perbuatan merupakan propaganda yang menggunakan perbuatan nyata untuk memaksa komunikan selaku target penerima pesan dan melakukan tindakan yang dikehendaki komunikator selaku propagandis.

Propaganda ini mengacu pada konsep aksi kekerasan yang biasanya dilakukan oleh kaum anarkis melalui bentuk wacana politik sebagai cara untuk memberikan inspirasi terhadap massa dan mendorong terjadinya revolusi struktur politik di negara tertentu.

Bentuk kekerasannya dapat mengejutkan, menakutkan, dan menginspirasi jaringan orang yang lebih besar (seperti teroris) daripada sebelumnya.

6. Teknik Dalam Propaganda

Selanjutnya ada pula teknik dalam sebuah propaganda. Ya, tentu saja propaganda memiliki sebuah tekniknya ya KLovers. Dan berikut ini beberapa teknis yang dimiliki bila melakukan propaganda.

1. Transfer

Teknik propaganda ini menggunakan pengaruh dari seseorang tokoh yang paling berwibawa di lingkungan tertentu. Teknik ini biasanya memanfaatkan wibawa, kesepakatan, dan kehormatan sebagai sarana untuk memperkuat penerimaan masyarakat dalam propaganda.

2. Name-calling

Name-calling atau pemberian julukan atau sebutan dalam arti yang buruk. Teknik ini akan memberikan cap buruk pada suatu individu, kelompok, bangsa, ras, serta kebijakan-kebijakan, para praktisi, kepercayaan, serta cita-cita tertentu. Tujuan dari teknik ini adalah agar pembaca atau pendengar akan dapat menolak atau mengutuk objek dari propaganda tersebut.

3. Testimonial

Teknik ini akan memberikan suatu kesaksian mengenai adanya kebaikan atau keburukan dari sesuatu. Dengan adanya kesaksian yang dimaksudkan tujuannya untuk mempengaruhi massa agar mengikutinya.

4. Glittering Generalities

Teknik ini menyamakan sesuatu yang dipropagandakan dengan tujuan-tujuan mulia, luhur, dan biasanya selalu menggunakan pernyataan-pernyataan yang mengesankan kebajikan.

7. Unsur Dalam Propaganda

Gambar

Dan yang terakhir yaitu, ada unsur dalam propaganda yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Ahli Komunikasi Santoso Sastropoetro menambahkan di dalam propaganda terdapat beberapa unsur yang harus dipenuhi, dan berikut ini unsur-unsurnya.

1. Komunikator yakni orang atau lembaga penyampaian informasi atau pesan dengan isi dan tujuan tertentu.

2. Komunikan atau penerima informasi ataupun pesan, yang akan diharapkan menerimanya dan kemudian melakukan sesuatu sesuai dengan pola yang ditentukan oleh komunikator.

3. Kebijaksanaan atau politik propaganda yang menentukan isi dan tujuan yang hendak dicapai.

4. Pesan yang telah dirumuskan sedemikian rupa agar mencapai tujuannya yang efektif. Pesan biasanya diwujudkan melalui pola-pola.

Dan itulah penjelasan lengkap arti propaganda baik secara umum maupun menurut para ahli. Selain arti propaganda, KLovers juga bisa mengetahui jenis, unsur dan juga tekniknya dalam propaganda.

(kpl/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com