Arti Saranghae dalam Bahasa Indonesia, Ketahui Juga Variasi Penggunaannya secara Formal dan Informal

Selasa, 19 Oktober 2021 19:44 WIB
Arti Saranghae dalam Bahasa Indonesia, Ketahui Juga Variasi Penggunaannya secara Formal dan Informal

Kapanlagi.com - Lagu K-Pop dan drama korea atau drakor kini sudah jadi hiburan sehari-hari bagi sebagian orang. Tak saja jadi hiburan biasa, lagu K-Pop dan drakor juga bisa memberi banyak pengetahuan, salah satunya tentang bahasa. Tak sedikit penikmat K-Pop dan drakor yang lantas kepincut dan mencari tahu arti kata atau kalimat bahasa Korea. Dari banyaknya kata-kata, arti saranghae jadi salah satu yang cukup sering dicari.

Kata saranghae memang sering kali muncul dalam penggalan lirik lagu atau dialog di drama. Arti saranghae secara umum diketahui sebagai ungkapan rasa cinta. Karenanya, kata ini seolah mempunyai makna yang mendalam dan kerap muncul di situasi romantis. Namun tak sekadar ungkapan cinta biasa, saranghae ternyata juga mempunyai beberapa variasi pengucapan.

Untuk tahu lebih dalam arti saranghae dan variasi pengucapannya, simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Arti Saranghae

Saranghae jadi ungkapan cinta yang mungkin paling sering kita dengar di drama Korea. Arti saranghae kurang lebih adalah 'aku cinta kamu'. Saranghae biasa diucapkan sepasang kekasih yang umumnya sepantaran atau yang masih berusia muda. Pasalnya, saranghae merupakan bentuk ungkapan cinta secara santai atau informal.

2. Saranghaeyo

Selain arti saranghae, ada pula ungkapan saranghaeyo yang juga cukup umum dipakai untuk menyatakan cinta di Korea. Selain di drama, ungkapan saranghaeyo juga seringkali ditemukan dalam penggalan lagu. Tak saja untuk kekasih atau pacar, saranghaeyo juga bisa jadi ungkapan sayang untuk teman atau sahabat terdekat.

3. Saranghaeng

Ungkapan lain variasi dari saranghae adalah saranghaeng. Ungkapan saranghaeng mungkin tak sepopuler dua sebelumnya. Padahal, ungkapan ini bisa jadi cara menyatakan perasaan cinta pada pasangan secara menggemaskan. Sebab, dengan ungkapan saranghaeng, kalian bisa menunjukkan sisi imut atau aegyo pada pasangan. Karena punya kesan imut, kata ini juga bisa dipakai sebagai ledekan.

4. Saranghamnida

Jika saranghaeng merupakan versi aegyo dari arti saranghae, maka saranghamnida adalah sebaliknya. Saranghamnida bisa dipakai untuk kalian yang ingin mengungkapkan perasaan cinta dalam suasana formal. Dalam film, drama, atau lagu, variasi ini mungkin terbilang jarang digunakan. Tapi, ungkapan ini bisa sangat cocok dipakai secara langsung, terutama jika ditujukan pada sekelompok orang sekaligus.

5. Saranghanda

Saranghanda juga bisa jadi pilihan ungkapan rasa cinta dalam bahasa Korea. Di bandingkan dengan ungkapan-ungkapan yang sebelumnya, saranghanda mungkin juga terbilang jarang muncul di drama atau film. Pasalnya, varian kata cinta bahasa Korea ini memang terbilang jarang dipakai. Saranghanda lebih sering muncul dalam bentuk tulisan, seperti pada surat cinta atau puisi.

6. Nado Saranghae

Kelima arti saranghae yang telah disebutkan sebelumnya, umum dipakai untuk menyatakan perasaan pada seseorang. Lantas, bagaimana jika untuk menjawab ungkapan-ungkapan cinta seperti di atas? Ternyata, ada kata khusus yang bisa dipakai untuk hal itu. Kalian bisa menggunakan ungkapan nado saranghae yang berarti 'aku juga mencintaimu'.

7. Kata-Kata Bahasa Korea Lainnya

Selain arti saranghae, tentu masih ada banyak kata-kata atau ungkapan bahasa Korea yang biasa muncul di drama atau lagu. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengetahui arti dari beberapa ungkapan bahasa Korea tersebut. Berikut beberapa kata-kata atau ungkapan bahasa Korea yang biasa muncul di drama dan lagu.

1) Neo reul bogosipheo artinya Aku kangen kamu.

2) Sagwa deuryeoyo artinya Saya minta maaf.

3) Annyeonghi kyeseyo artinya Selamat tinggal.

4) Annyeonghi kaseyo artinya Selamat jalan.

5) Annyeonghi jumuseyo artinya Selamat malam.

6) Mannso ban gapseumnida artinya Senang bertemu dengan kamu

7) Joeun achimimnida artinya Selamat pagi.

8) Silmanghaesseoyo artinya Saya kecewa.

9) Hwaiting artinya Semangat.

10) Arasseoyo artinya Saya paham.

11) Jumal jal jinaeseyo artinya Selamat berakhir pekan.

12) Oneul jeulgeoweosseoyo artinya Hari ini menyenangkan.

13) Jal jinaeseyo artinya Selamat bersenang-senang.

14) Dasi bwayo artinya Sampai jumpa lagi.

15) Keojitmal hajimara! artinya Jangan bohong!

16) Cheongmalimnikka? artinya Benarkah?

17) Arasseoyo artinya Saya paham.

18) Hajima! artinya Jangan lakukan!

19) Sillyehammida artinya Permisi.

20) Jal jayo artinya Selamat tidur.

21) Eoseo oshipshiyo artinya Selamat datang.

22) Ne artinya Ya.

23) Aniyo artinya Tidak.

24) Eomeona! artinya Astaga!

25) Arasseumnida artinya Sudah tahu.

26) Eolmana haetonghasimnikka ! artinya Turut berduka cita.

27) Saram sallyeo! artinya Tolong!

28) Keojitmal artinya Bohong.

29) Mannso ban gapseumnida artinya Senang bertemu dengan Anda.

30) Masittke deusipsio artinya Selamat makan.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti sarangheo dan variasi penggunaannya, serta kata-kata atau ungkapan bahasa Korea lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com