Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Soulmate dan Tanda-tandanya, Ketahui Perbedaan dengan Pasangan Hidup

Selasa, 28 Juni 2022 14:11 WIB
Arti Soulmate dan Tanda-tandanya, Ketahui Perbedaan dengan Pasangan Hidup

Kapanlagi.com - Pernah mendengar istilah soulmate? Istilah ini sangatlah familiar digunakan ketika menemukan seseorang yang dianggap sebagai belahan jiwa mereka.

Arti soulmate bisa disebut juga dengan belahan jiwa. Penggunaan istilah ini bisa merujuk pada sebuah hubungan baik dengan pasangan, hubungan pertemanan ataupun keluarga. Meskipun sudah cukup umum digunakan, tidak sedikit belum memahami makna arti soulmate.

Apalagi ada beberapa istilah yang seringkali tertukar antara arti soulmate dan pasangan hidup (life partner). Karenanya di bawah ini akan diulas mengenai arti soulmate dan perbedaan dengan pasangan hidup.

Ketahui juga apa saja tanda-tanda bahwa kalian sudah menemukan sosok soulmate. Yuk cek di sini arti soulmate yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Soulmate

Gambar

Sudah sangat familiar dengan istilah soulmate namun apakah kalian tahu makna dan artinya? Arti soulmate berasal dari bahasa Inggris yang berarti belahan jiwa. Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti soulmate atau belahan jiwa dapat menunjukkan sosok kekasih, istri, atau seseorang yang cocok atau mirip dengan orang lain dalam hal karakter, sikap serta prinsip.

Sehingga arti soulmate tidak melulu merujuk pada sosok pasangan ataupun dengan lawan jenis. Sebab maknanya bisa sangat luas, yang mana digunakan untuk merujuk pada seseorang yang sangat mirip dengan diri kalian sehingga merasa seolah telah menemukan belahan jiwa pada diri orang lain.

Melansir dari merdeka.com, menurut psikolog Shauna Springer, Ph.D., menyebutkan bahwa belahan jiwa bukan hanya ditemukan melainkan juga diciptakan. Dengan kata lain seseorang bisa menemukan belahan jiwa mereka jika menjalin hubungan dalam jangka waktu lama. Segala persoalan dan tantangan yang berhasil mereka atasi dalam waktu lama bisa menumbuhkan dua individu menjadi bagian yang sempurna bahwa tidak tergantikan satu sama lain. Inilah yang kemudian akan menjadi belahan jiwa atau soulmate.

Sementara itu, arti soulmate juga dapat bermakna bahwa ia adalah sosok yang akan membuatmu bisa langsung merasa nyaman, seolah sudah mengenal lama sebelumnya meskipun baru saja bertemu. Serta ada sesuatu hal dalam dirinya yang membuatmu seolah memahami apa yang ia pikiran dan rasakan. Selain itu ketika menemukan soulmate kalian merasakan adanya koneksi spiritual yang tidak biasa atau tidak bisa dijelaskan.

Arti soulmate tersebut juga dapat melengkapi diri kalian menjadi pribadi yang utuh dan merasa ingin tumbuh jadi sosok yang lebih baik lagi.  Itulah penjelasan tentang arti soulmate yang perlu kalian ketahui.

2. Arti Soulmate dan Tanda-Tandanya

Gambar

Setelah tahu pembahasan mengenai arti soulmate, terdapat beberapa tanda-tanda ketika kalian menemukan sosok yang disebut dengan soulmate. Nah, di bawah ini terdapat beberapa tanda-tanda ketika kalian sudah menemukan sosok yang disebut dengan soulmate.

1. Merasakan perasaan de ja vu atau seolah sudah pernah bertemu sebelumnya.

2. Merasakan adanya koneksi telepati dengan dirinya. Baik dari apa yang dirasakan ataupun dipikirkan.

3. Memahami dan menyadari kekurangan masing-masing.

4. Adanya cinta tanpa syarat.

5. Merasa klik dan nyaman saat bersamanya.

6. Merasa cocok ketika pertama bertemu serta menyadari bahwa ia adalah sosok yang sudah kalian tunggu.

7. Punya tujuan hidup yang hampir sama.

8. Saling memahami dan menghargai berbagai perbedaan sekaligus pendapat yang ia utarakan.

9. Tidak lagi merasa khawatir dan takut ketika membahas apapun dengannya.

10. Merasa saling melengkapi.

11. Merasa seolah beban terasa lebih ringan ketika bersamanya.

12. Memberikan energi positif sehingga membantumu tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

13. Mempunyai kebebasan dan ruang pribadi sehingga tidak terasa dibatasi ataupun dihambat meskipun saling terikat satu sama lain.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tanda-tanda soulmate yang mungkin pernah kalian jumpai. Sehingga memudahkanmu tahu apa saja tanda-tanda soulmate.

3. Arti Soulmate dan Perbedaan Pasangan Hidup

Gambar

Jika membahas mengenai soulmate kalian mungkin dibuat bingung dengan makna dari pasangan hidup. Keduanya sering dianggap punya makna yang hampir serupa. Namun ternyata ada perbedaan arti soulmate dan pasangan hidup loh KLovers. Ini arti soulmate dan perbedaan pasangan hidup.

Arti Soulmate:

- Sosok soulmate akan mengajarkanmu tentang sesuatu.

- Merasakan adanya hubungan atau koneksi dari hati dan pikiran dalam hal apapun.

- Soulmate menjadi sosok yang akan membuatmu merasakan ada koneksi spiritual dengannya yakni bisa tahu apa yang ia pikiran dan rasakan.

- Membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik.

- Soulmate datang di waktu yang tepat untuk membuat merasakan tergerak dari sesuatu hal.

- Hubungan cinta dengan soulmate dapat bertahan lama ataupun singkat saja. Sedangkan jika bersama teman, maka dapat bertahan lama.

Arti Pasangan Hidup:

- Adanya sebuah komitmen dan berusaha menjaganya bersama-sama.

- Hubungan yang bisa saja bertahan dalam jangka waktu lama.

- Adanya komunikasi yang terjalin secara transparan dan terbuka satu sama lain.

- Pasangan hidup bisa hadir ketika diri kalian sudah merasa siap.

- Hubungan yang terjalin bisa berawal dari ketertarikan satu sama lain baik secara emosional ataupun intelektual.

- Merasa saling melengkapi satu sama lain.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan antara arti soulmate dan pasangan hidup. Sehingga dapat memudahkanmu memahami makna dari arti soulmate dan pasangan hidup. Perlu diketahui juga bahwa soulmate bisa juga menjadi pasangan hidupmu. Namun arti soulmate juga tak melulu mengenai pasangan tapi juga bisa sosok teman.

4. Istilah-Istilah dalam Sebuah Hubungan

Gambar

Sementara itu ada beberapa istilah lain yang hampir serupa dengan arti soulmate. Adapun penjelasan mengenai beberapa istilah-istilah dalam sebuah hubungan dapat kalian simak sebagai berikut.

- Twinflame adalah kembaran jiwa yang mana kalian merasa melihat diri sendiri pada diri orang lain.

- Hubungan karma adalah hubungan yang hadir untuk memberikan sebuah pelajaran hidup. Bisa jadi hubungan ini tercipta dari sesuatu hal di masa lalu yang sudah kalian lakukan dulu.

- Haunting adalah interaksi yang terjadi secara pasif.

- Stashing adalah pasangan yang tidak mengenalkan pasangan mereka ke orang terdekat baik teman atau keluarga.

- Holidating adalah aktivitas ketika kalian berlibur ke sebuah tempat yang memberikan banyak kenangan di masa lalu dengan seseorang.

Itulah penjelasan mengenai arti soulmate yang perlu kalian pahami. Sehingga memudahkanmu tahu makna arti soulmate.

(kpl/gen/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com