Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Speechless dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat, Ketahui Juga Beberapa Sinonimnya

Kamis, 02 Desember 2021 20:44 WIB
Arti Speechless dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat, Ketahui Juga Beberapa Sinonimnya

Kapanlagi.com - Ada banyak kata dan istilah dalam bahasa Inggris yang populer lalu dipakai di keseharian. Kata speechless adalah salah satunya. Sejak lama kata ini sudah dipakai dalam percakapan sehari-hari oleh berbagai kalangan, mulai dari kalangan selebiriti hingga masyarakat biasa. Dibanding dalam bentuk tulisan, kata speechless lebih sering dipakai dalam bahasa lisan. Lantas, apa arti speechless yang sebenarnya?

Kata speechless biasa dipakai untuk menggambarkan seseorang yang tiba-tiba menjadi gagap atau tidak tahu harus berbicara apa. Pasalnya, secara umum arti speechless kurang lebih dimaknai sebagai 'kehilangan kata-kata'. Namun tentu perlu penjelasan lebih lanjut untuk memahami arti speechless secara utuh dan menyeluruh. Sebab, hanya dengan begitu kita bisa mengerti cara penggunaannya dalam kalimat.

Untuk itu, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang arti speechless dan contoh penggunaannya dalam kalimat.

1. Arti Speechless

Gambar

Seperti yang disinggung sebelumnya, istilah speechless berasal dari bahasa Inggris. Asal mula kata speechless terbentuk dari kata speech yang berarti 'berbicara' dengan imbuhan -less yang berarti tidak bisa. Sehingga, secara umum arti speechless bisa dimaknai sebagai ungkapan 'tidak bisa berbicara'.Namun untuk memastikan, kita perlu mengecek arti speechless di dalam kamus Bahasa Inggris.

Dilansir dari situs kamus online oxfordlearnersdictionaries.com, speechless tergolong sebagai adjektiva atau kata sifat. Lebih lanjut, dalam kamus tersebut, arti speechless adalah "not able to speak, especially because you are extremely angry or surprised", jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia kurang lebih artinya adalah 'tidak bisa berbicara, karena disebabkan rasa marah atau kagum yang teramat sangat'.

2. Sinonim Speechless

Gambar

Berdasarkan uraian tentang penjelasan arti speechless di atas, kita tahu bahwa speechless merupakan kata atau istilah yang biasa dipakai sebagai sebuah ekspresi. Sebagai salah satu kata yang ekspresif, speechless ternyata mempunyai beberapa padanan kata atau istilah. Adapun beberapa sinonim dari speechless adalah sebagai berikut.

1. amazed : terkagum-kagum

2. shocked : terkejut

3. cool : terkagum

4. agast : terperanjat

5. dumbstruck : tercengang

6. dumbfounded : tercengang

Selain jadi bentuk ekspresi, kata speechless juga sering kali dipakai untuk hal lain. Istilah speechles dipakai untuk menggambarkan situasi ketika seseorang tidak bisa berbicara, berkata-kata, atau mengeluarkan suara. Terkait dengan arti speechless yang satu ini, kata speechless juga mempunyai beberapa sinonim. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. voiceless : tak bersuara

2. silent : diam

3. dumb : terdiam

4. wordless : tanpa kata-kata

5. mute : bisu

6. not saying : tidak berbicara

7. tight lipped : bibir tertutup rapat

8. uncommunicative : tidak komunikatif

3. Contoh Penggunaan Kata Speechless dalam Kalimat

Gambar

Untuk memahami arti speechless mungkin penjelasan di atas masih dirasa kurang. Agar semakin paham apa arti speechless, kalian bisa simak beberapa contoh penggunaan kata speechless dalam kalimat. Berikut adalah beberapa contohnya.

1. She slammed the door, and left us speechless (Dia membanting pintu, sehingga membuat kita terkejut)

2. Her words mad us speechless (Kata-kata yang dia ucapkan membuat kita tak bisa berkata-kata).

3. Your story left me speechless (Ceritamu membuatku terdiam)

4. His remark about education left me speechless (Komentarnya tentang pendidikan membuatku terdiam)

5. Only time in four years I saw the students speechless (Hanya dalam empat tahun saya melihat para siswa terdiam)

6. I remember telling people when I moved here that I didn't own a car and they were just like, horrified, speechless, aghast (Saya ingat memberi tahu orang-orang ketika saya pindah ke sini bahwa saya tidak memiliki mobil dan mereka seperti, ngeri, tidak bisa berkata-kata, kaget)

4. Quotes tentang Speechless

Gambar

Selama ini istilah speechless mungkin banyak dipakai dalam bahasa lisan. Namun ternyata, ada beberapa penulis yang juga menggunakan istilah atau kata speechless dalam karyanya. Dalam kutipan-kutipan karya tersebut, arti speechless jadi begitu dalam dan penuh makna. Berikut beberapa quotes atau kutipan tentang speechless.

1. "Being silent never makes me speechless; it releases words through my fingers as I write." (Diam tidak pernah membuat saya terdiam; itu membuat saya melepaskan kata-kata melalui jari-jari saat saya menulis) - Munia Khan, Attainable

2. "I imagined I was God for a millisecond, And became speechless for a long time." (Saya membayangkan saya adalah Tuhan selama satu milidetik, Dan menjadi terdiam untuk waktu yang lama) - Dejan Stojanovic

3. "Sometimes being overwhelmed by emotions can leave you speechless but even then it is important to identify the correct emotion." (Terkadang diliputi oleh emosi dapat membuat Anda tidak bisa berkata-kata, tetapi meskipun demikian, penting untuk mengidentifikasi emosi yang benar) - Sam Owen

4. "Fear makes people speechless" (Ketakutan membuat orang tidak bisa berkata-kata) - Sunday Adelaja

5. "Trying to decode the language of your hands, They say it can render a woman speechless." (Mencoba memecahkan kode bahasa tangan Anda, Mereka mengatakan itu bisa membuat seorang wanita tidak bisa berkata-kata.) - Nitya Prakash

Itulah di antaranya penjelasan tentang arti speeschless beserta sinonim dan contoh penggunaannya dalam kalimat. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com