Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Stay Humble dalam Pergaulan dan Tips Mempertahankan Keramahan

Minggu, 28 November 2021 12:22 WIB
Arti Stay Humble dalam Pergaulan dan Tips Mempertahankan Keramahan

Kapanlagi.com - "Stay Humble" merupakan salah satu ungkapan yang cukup sering terdengar dalam pergaulan. Tak hanya itu, orang-orang di media sosial pun sering menulis ungkapan tersebut di kolom komentar teman yang meraih suatu pencapaian atau sosok idola yang semakin tinggi popularitasnya. Hal tersebut mungkin membuat kalian bertanya-tanya, sebenarnya apa sih arti stay humble?

Secara harfiah, arti stay humble adalah "tetaplah rendah hati". Ungkapan ini bisa dimaknai sebagai imbauan kepada seseorang yang pada dasarnya memang ramah. Pesan baik ini biasanya disampaikan oleh orang-orang dekat yang memang mengenal sosok tersebut.

Tak hanya kepada orang lain, arti stay humble sebagai pesan baik pun perlu senantiasa kalian ingat. Setiap orang punya peluang lupa akan kerendahan hati yang sudah seharusnya dimiliki. Nah, agar kalian lebih paham mengenai sifat humble atau rendah hati, langsung saja, simak penjelasan berikut ini.

1. Arti Stay Humble

Gambar

Stay Humble merupakan istilah bahasa Inggris yang cukup sering digunakan oleh penutur bahasa Indonesia. Arti stay humble sendiri adalah "tetap rendah hati". Kata ini sering diucapkan sebagai imbauan atau pesan agar seseorang tetap bersikap sederhana, ramah, dan rendah hati.

Dalam bahasa Indonesia, rendah hati berarti sifat yang tidak sombong atau tidak angkuh. Pesan ini cukup tepat jika disampaikan oleh seseorang kepada sahabatnya yang baru menapaki pencapaian yang lebih tinggi. Bisa juga disampaikan seseorang kepada idolanya agar tak terlalu larut dalam popularitas.

Tentu, arti stay humble yang diucapkan oleh orang-orang terdekat akan memberikan energi yang kuat. Rendah hati terkadang menjadi sesuatu yang sulit. Kalian bisa menyampaikan pesan ini untuk membantu orang terdekat agar senantiasa berhati-hati dan tak lupa daratan.

2. Ciri-Ciri Orang Humble

Gambar

Arti stay humble perlu kalian pahami, tak hanya untuk disampaikan kepada orang lain. Namun, kalian juga perlu mengingatnya sendiri. Setiap pencapaian yang kalian dapatkan tak bisa jadi alasan untuk berlaku sombong atau merasa lebih tinggi dari yang lain.

Sebagai bentuk kewaspadaan agar lebih bisa berhati-hati, kalian juga perlu mengetahui ciri-ciri orang humble berikut ini.

Punya Banyak Teman

Orang yang humble biasanya memiliki banyak teman. Ini merupakan ciri-ciri yang bisa langsung dilihat dari luar. Pembawaan yang menyenangkan bisa menarik orang di sekitar.

Hal itu membuat orang ramah punya peluang besar untuk berteman dengan setiap orang yang ditemuinya. Dalam pertemuan selanjutnya, entah disengaja atau tidak, relasi tersebut pun akan makin baik.

Murah Senyum

Orang yang humble biasanya identik dengan senyumnya. Senyum itu menandakan bahwa ia memiliki keterbukaan pada kemungkinan untuk memulai hubungan baik.

Tak Segan Membantu

Tak hanya menebar senyum orang humble biasanya juga punya naluri untuk memberikan perhatian. Orang di sekitarnya pun bisa merasakan ciri-ciri ini. Orang yang humble tak akan segan untuk membantu orang lain. Bahkan, mereka akan menawarkan jika melihat ada yang kesusahan.

Humoris

Selain murah senyum, orang humble biasanya juga punya kemampuan baik dalam bergaul. Pasalnya, ia bisa dengan mudah mengajukan atau menanggapi topik obrolan dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya cirinya adalah sering memancing tawa atau humoris.

Tidak Sombong

Sombong merupakan sifat yang sudah pasti tak akan dimiliki oleh orang humble. Orang humble tak akan merasa lebih tinggi daripada orang lain. Hal ini yang membuat orang humble sering menunjukkan wajah ceria dan tak segan menyapa jika bertemu teman secara tak sengaja.

3. Tips Mempertahankan Sikap Humble

Gambar

Setelah mengetahui arti stay humble sebagai sebuah pesan yang penuh kepedulian, kalian juga perlu mengetahui tips atau cara untuk bisa melakukannya. Jangan sampai arti stay humble hanya kalian anggap sebagai pesan kosong karena ternyata kalian sendiri tak berusaha menepatinya.

Nah, agar kalian merasa lebih mudah mempertahankan keramahan, silakan ikuti tips yang seharusnya memang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari berikut ini.

Bersyukur

Bersyukur merupakan salah satu cara agar seseorang merasa cukup dengan apa yang dimiliki. Dengan bersyukur setiap waktu, perasaan lebih tinggi dari orang lain akan hilang dengan sendirinya. Selain itu, bersyukur bisa membuat stres berkurang. Tentu, kalian akan merasa lebih bahagia sekaligus tampak menyenangkan saat menjalin interaksi.

Berusaha Memaafkan

Berdamai dengan berbagai hal yang memicu kemarahan merupakan hal yang penting dilakukan. Jika tidak, kemarahan kalian akan mudah terpancing. Orang yang marah akan lebih sulit menciptakan suasana nyaman saat menjalin interaksi.

Hal ini tak hanya berlaku pada kesalahan orang lain, tapi juga diri kalian sendiri. Dengan begitu, langkah kalian akan lebih ringan.

Berusaha Memberi Bantuan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu ciri orang humble adalah senang membantu. Oleh karena itu, kalian pun harus hadir sebagai orang yang bisa memberi bantuan. Tak harus besar, sesuaikan dengan kemampuan.

Hal kecil seperti mengambilkan barang rekan kerja, merapikan piring setelah makan di warung, dan tersenyum kepada pelayan merupakan hal kecil yang cukup berarti.

Tumbuhkan Kepedulian

Cara yang cukup ampuh untuk menumbuhkan kepedulian adalah dengan senantiasa memikirkan orang lain. Hal ini bisa menumbuhkan empati dalam diri kalian. Kalian perlu melatih diri untuk melihat suatu permasalahan dari berbagai perspektif.

Jangan sampai keputusan yang kalian ambil sebagai solusi justru bisa menyakiti banyak pihak. Lama-kelamaan, kalian akan terbiasa untuk peduli pada orang di sekitar.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti stay humble beserta tips yang bisa kalian lakukan untuk mewujudkannya.

(kpl/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com