Arti Stay Safe dalam Bahasa Indonesia, Bermakna Doa dan Harapan Agar Selalu dalam Kondisi Baik

Rabu, 13 Oktober 2021 20:44 WIB
Arti Stay Safe dalam Bahasa Indonesia, Bermakna Doa dan Harapan Agar Selalu dalam Kondisi Baik

Kapanlagi.com - Stay safe tentu sudah jadi istilah yang tak asing lagi. Terutama belakangan saat pandemi covid-19 terjadi, stay safe jadi istilah yang semakin populer dan sering kita jumpai. Tak sedikit orang saling mengirim pesan disertai dengan istilah ini. Ya, ungkapan stay safe biasa dipakai sebagai penyemangat kepada seseorang di situasi tertentu. Lantas, apa arti stay safe yang sebenarnya?

Meski sudah jadi istilah yang cukup populer, faktanya memang belum banyak orang yang mengetahui arti stay safe. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang mencari arti dari stay safe di internet. Ungkapan stay safe sendiri berasal dari bahasa Inggris. Namun, belakangan ungkapan ini sering kali dipakai secara bersamaan dengan kalimat dalam bahasa Indonesia.

Tak hanya terdengar keren, mengirimkan pesan disertai ungkapan stay safe juga punya makna yang mendalam. Pengirim pesan bisa menunjukkan perhatian dan kepeduliannya lewat pesan stay safe yang dikirimkan Nah, untuk tahu lebih dalam arti stay safe, langsung saja simak beberapa ulasannya berikut ini.

1. Arti Stay Safe dan Fungsinya

Seperti yang disinggung sebelumnya, stay safe terdiri atas dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu "stay" dan "safe". Dalam kamus, kata stay dalam bahasa Indonesia mempunyai arti "tinggal" atau "menetap". Sementara, kata safe dalam bahasa Indonesia berarti "aman", "selamat", "sejahtera", dan sebagainya.

Namun mengartikan stay safe tentu tak bisa serta merta hanya secara literal, dengan menggabungkan kedua kata tersebut. Secara umum, dalam bahasa Indonesia istilah stay safe dipadankan dengan ungkapan tetaplah aman, terlindungi, berhati-hati, dan jaga diri. Ungkapan stay safe bisa jadi cara menunjukkan perhatian dan kepedulian seseorang. Arti stay safe juga bisa bermakna sebagai doa untuk orang lain agar mereka bisa tetap terlindungi dan menjaga diri.

Oleh karena itu, ungkapan ini cocok diberikan pada seseorang dalam berbagai situasi. Seperti saat dalam keadaan musibah agar lebih menjaga diri. Saat seseorang sedang berjauhan atau bepergian, agar mereka selalu berhati-hati. Atau sekedar untuk mengingatkan seseorang agar lebih menjaga kesehatan. Sehingga tak heran, selain stay safe kita juga cukup sering mendengar istilah stay healthy yang berarti tetap menjaga kesehatan.

2. Kata Lain Stay Safe

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa arti stay safe mempunyai berbagai padanan dalam bahasa Indonesia. Itu artinya selain menggunakan istilah stay safe, kalian juga bisa menunjukkan perhatian dengan mengucapkan kata serupa dalam bahasa Indonesia. Namun jika kalian bosan dan jenuh dengan istilah stay safe, tapi tetap ingin mengungkapkannya dalam bahasa Inggris, kalian tak perlu khawatir.

Pasalnya, dalam bahasa Inggris ternyata stay safe mempunyai beberapa sinonim atau padanan kata lain. Dilansir dari powerthesaurus.org, berikut beberapa padanan dari stay safe dalam bahasa Inggris.

1) be safe

2) take care of yourself

3) be careful

4) take care

5) take good care of yourself

6) be healthy

7) be fine

8) be well

9) stay good

10) stay calm

11) stay healthy

12) stay well-rested

13) stay well-nourished

14) take care of yourselves

15) watch your back

3. Contoh Penggunaan Istilah Stay Safe dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Saat ini stay safe sudah cukup umum digunakan dalam percakapan sehari-hari, baik secara lisan maupun tulisan. Istilah stay safe sering hadir ketika beberapa orang saling bertukar kabar dan saling mendoakan. Jika kalian tertarik menunjukkan kepedulian pada orang spesial dengan mengirimkan pesan disertai istilah stay safe, berikut beberapa contoh penggunaan istilah stay safe dalam kalimat.

1) Stay safe and keep healthy, beraktivitaslah lebih banyak di rumah.

2) Selamat berlibur, stay safe and keep healthy ya.

3) Kamu jangan sampai lupa minum vitamin, stay safe and keep healthy.

4) Stay safe and keep healthy di mana pun kamu berada ya!

5) Bagaimana keadaanmu? Stay safe and keep healthy ya!

6) Aku mohon, stay safe and keep healthy selama pandemi.

7) "Inilah satu-satunya kesempatanmu menjadi pahlawan super hanya dengan tinggal di rumah. Nikmati waktu karantina, stay safe!"

8) "Ada dua tipe orang di dunia ini: Orang yang menyukai karantina dan orang yang dipaksa untuk menyukai karantina. Stay safe!"

Itulah di antaranya ulasan tentang arti stay safe dalam bahasa Indonesia, beserta fungsi dan contoh penggunaannya dalam kalimat. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan. Bagaimana, tertarik tunjukkan kepedulian pada orang terkasih dengan memberi pesan stay safe?

(kpl/gen/psp)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com