Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Streaming dan Jenis-Jenisnya, Ketahui Fungsi Beserta Platformnya

Rabu, 09 Maret 2022 15:33 WIB
Arti Streaming dan Jenis-Jenisnya, Ketahui Fungsi Beserta Platformnya

Kapanlagi.com - Bagi seorang konten kreator hingga seleb, seringkali melakukan streaming untuk menyapa para penggemarnya. Namun sudah tahukah kalian apa arti streaming?

Kalian tentunya sudah sangat familiar dengan penggunaan istilah streaming. Apalagi ada banyak sekali kelebihan melakukan streaming salah satunya memudahkan siapa saja menjalin interaksi dengan pengguna lain di seluruh dunia.

Namun untuk melakukan streaming, seorang pembuat dan pengguna perlu terhubung dengan jaringan internet. Karena internet menjadi alat utama untuk melakukan streaming baik dalam bentuk video atau audio.

Untuk lebih tahu mengenai pembahasan apa itu streaming ulasan di bawah ini memudahkan kalian memahami makna streaming. Adapun arti streaming dapat kalian simak sebagai berikut yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Streaming di Sosial Media

Gambar

Istilah streaming kini semakin akrab kita dengar. Apalagi berkembangnya teknologi internet semakin memudahkan siapa saja bisa melakukan streaming. Namun sudah tahukah kalian apa arti streaming sebenarnya?

Memahami arti streaming tentunya perlu diketahui pengguna sosial media. Karena istilah ini seringkali digunakan oleh siapa saja untuk mempromosikan video atau karya mereka melalui sejumlah platform sosial media. Nah, apa arti streaming sebenarnya adalah teknologi pengiriman data, video, atau audio yang sudah dikompres menggunakan jaringan internet dan ditampilkan suatu platform.

Arti streaming tersebut dapat bermakna juga pengguna lain dapat menyaksikan sebuah tayangan video dan suara meskipun tanpa mengunduhnya. Arti streaming ini sebenarnya terbagi menjadi dua yakni streaming dan live streaming. Arti streaming dan live streaming sedikit memiliki perbedaan.

Kalau arti streaming transfer data dalam bentuk video dan audio kepada pengguna lain meskipun tanpa perlu mengunduhnya. Sehingga akan langsung ditampilkan dan diputar tanpa menunggu download lebih dahulu. Biasanya untuk streaming maka perekaman video sudah dilakukan sebelumnya dan diunggah melalui platform media streaming.

Sedangkan arti live streaming adalah proses pengiriman video dan audio secara langsung serta realtime. Artinya, transfer data video dan audio dilakukan pada saat itu juga yang mana pengguna lain dapat berinteraksi langsung dengan pembuatnya. Selain itu video, data, audio yang ditampilkan juga bersifat apa adanya dengan durasi tertentu. Berbeda dari streaming biasa, kalau live streaming maka pengguna tidak dapat langsung melompat maju pada durasi tertentu karena siaran dilakukan secara langsung melalui platform media streaming.

2. Arti Streaming dan Jenis-Jenisnya

Gambar

Setelah tahu apa arti streaming, terdapat beberapa jenis streaming yang juga perlu diketahui. Jenis-jenis streaming ini dapat memudahkan kalian membedakan arti streaming. Karena itulah berikut ini terdapat jenis-jenis streaming dan maksudnya.

1. Prerecord Streaming

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya jenis streaming yang pertama adalah prerecord streaming. Arti prerecord streaming adalah melakukan pengiriman data video dan audio kepada pengguna lain yang mana videonya sudah direkam lebih dahulu. Pembuatnya umumnya sudah mengolah video untuk streaming yang kemudian akan diunggah atau ditayangkan. Cara prerecord streaming ini umumnya juga digunakan para konten kreator Youtube. Ketika pembuat sudah mengunggah video untuk streaming, maka penonton lain dapat menyaksikannya meskipun tanpa menunggu mengunduh dulu. Video streaming akan dimainkan pada saat itu juga yang terhubung menggunakan jaringan internet.

2. Live Streaming

Selanjutnya jenis streaming kedua adalah live streaming. Kalian mungkin sudah sangat familiar dengan jenis streaming ini yang juga kerap digunakan para konten kreator untuk interaksi dengan penggemar. Ya, berbeda dari prerecord streaming, live streaming berarti pengiriman data video audio secara real time. Perekaman video dilakukan pada saat itu juga yang mana apa yang ditampilkan seadanya dan terjadi di waktu itu juga. Dengan kata lain penonton dapat melakukan interaksi secara langsung dengan host pembuat live streaming.

Itulah penjelasan mengenai arti streaming dan jenis-jenisnya yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan kalian memahami apa arti streaming di sosial media.

3. Fungsi Streaming

Gambar

Streaming kini menjadi cara termudah bagi siapa saja untuk menyapa pengguna lain di seluruh dunia. Apalagi dengan streaming, pengguna lain bisa menyaksikan video yang dibuat tanpa terbatas jarak dan waktu. Lalu apa saja fungsi streaming? Untuk tahu mengenai fungsi streaming, berikut ini ulasannya yang perlu kalian pahami.

- Memudahkan melakukan interaksi dengan penggemar, penonton, atau pengguna lain di seluruh dunia.

- Menjalin hubungan dekat dengan penggemar, penonton atau pengguna lain.

- Cenderung lebih hemat ruang dan waktu.

- Tanpa terbatas jarak dan waktu.

- Memudahkan pengiriman informasi atau berita terbaru secara real time.

- Sebagai media promosi dan bisnis yang menguntungkan.

Itulah beberapa fungsi streaming yang bisa diperoleh oleh siapa saja. Tidak heran jika kini streaming jadi favorit para konten kreator, seleb, atau publik figure untuk menyapa para penggemarnya.

4. Platform Membuat Live Streaming

Gambar

Ada sejumlah platform populer yang digunakan untuk melakukan streaming. Platform membuat streaming ini memudahkan siapa saja melakukan siaran langsung ataupun menyiarkan video yang sudah dibuat secara praktis. Nah penasaran apa saja platform membuat streaming? Langsung saja cek dalam ulasan di bawah ini klovers.

1. Platform Youtube: Platform membuat streaming paling banyak digunakan adalah Youtube. Pengguna dapat melakukan streaming dengan jenis prerecord streaming ataupun live streaming. Apalagi melalui Youtube seorang konten kreator juga dapat mengolah dan menggunakan fitur-fitur lengkap untuk menampilkan video audio siaran. Selain itu pengguna juga dapat melakukan live streaming untuk Youtube TV hingga gaming.

2. Platform Instagram: Platform membuat streaming yang juga populer adalah Instagram. Di mana pengguna dapat melakukan live streaming di Instagram untuk menyapa penggemar ataupun followers. Cara melakukan live streaming di IG juga sangat mudah dilengkapi fitur menarik seperti efek hingga interaksi dengan sesama pengguna lain.

3. Platform TikTok: TikTok kini juga dapat pengguna gunakan untuk melakukan live streaming. Apalagi kini cukup banyak pengguna sosial media memilih TikTok untuk live streaming dengan tujuan tertentu baik promosi hingga bagikan aktivitas tertentu.

4. Facebook: Seperti Instagram dan TikTok, aplikasi media sosial Facebook juga dapat digunakan untuk streaming. Di mana pengguna dapat melakukan streaming langsung dengan memilih fitur Facebook Live.

Selain itu masih ada beberapa platform yang sering digunakan untuk streaming. Di antaranya seperti Twitch, Zoom, Bigo Live, Skype for Business, dan sebagainya. Itulah ulasan mengenai arti streaming yang perlu kalian ketahui.

(kpl/gen/nlw)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com