Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Take Away Adalah Makanan Dibungkus, Ketahui Juga Arti Delivery dan Istilah Lainnya dalam Dunia F&B

Editor KapanLagi.com | Selasa, 18 Januari 2022 10:44 WIB
Arti Take Away Adalah Makanan Dibungkus, Ketahui Juga Arti Delivery dan Istilah Lainnya dalam Dunia F&B

Kapanlagi.com - Take away menjadi salah satu bahasa yang sudah lama digunakan dalam dunia restoran ataupun dunia F&B. Kata take away sendiri merupakan sebuah kata dalam bahasa Inggris. Namun, apakah KLovers tahu arti take away? Ya, take away merupakan sebuah kegiatan di mana kita membeli sebuah makanan namun dibungkus.

Tetapi take away berbeda dengan delivery ya KLovers. Ya, walaupun sama-sama tidak makan di restoran, namun ada perbedaan yang jelas dalam delivery dan take away. Nah, selain mengetahui arti take away, KLovers juga bisa mengetahui istilah lain dalam dunia F&B agar tidak salah memahami.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui arti take away serta istilah di dunia F&B lainnya. Maka berikut ini arti take away tersebut. Yuk langsung saja di cek KLovers.

 

1. Pengertian Take Away

Gambar

Seperti yang KLovers ketahui bahwa, arti take away sendiri merupakan sebuah makanan atau minuman yang kita beli dari sebuah restoran namun dibungkus atau makan di rumah. Namun, secara umum arti take away bukan membungkus sebuah makanan loh KLovers.

Ya, secara umum take away artinya adalah membereskan atau menyingkirkan. Kata ini berasal dari 2 kata yaitu "Take" mengambil dan "Away" yang artinya jauh. Sehingga kalau diartikan take away sendiri, membawa jauh atau membereskan, dan menyingkirkan. Namun, dalam dunia restoran atau F&B, arti take away itu berbeda ya KLovers.

Ya, take away merupakan istilah yang digunakan untuk pesanan yang dibawa pulang. Kalau kalian pernah memesan makanan di restoran dan minta dibungkus untuk dibawa pulang, maka hal tersebut menggambarkan istilah "Take Away".

2. Perbedaan Take Away dan Delivery

Gambar

Nah, bila KLovers sudah mengetahui arti take away, bagaimana dengan delivery? Apakah kedua istilah ini berbeda? Ya, tentu saja berbeda ya KLovers. Memang, arti take away dan delivery memang hampir sama, yaitu kita membeli makanan di sebuah restoran dan tidak makan di tempat. Namun, tujuannya berbeda ya.

Bila take away merupakan istilah yang digunakan untuk pesanan yang dibawa pulang. Atau saat kalian membeli makanan langsung di restoran, dan memilih di bungkus di sebuah dengan take away. Maka delivery adalah istilah untuk pemesanan makanan di sebuah restoran menggunakan layanan antar, baik yang disediakan oleh restoran terkait, maupun menggunakan jasa kurir.

Sehingga KLovers tidak boleh salah menggunakan kata delivery ataupun take away ya KLovers. Bila KLovers membeli langsung makanan di restoran namun ingin dibawa pulang, maka kalian bisa meminta makanan tersebut untuk di take away, bukan untuk di delivery.

3. Istilah Lain Dalam Dunia F&B

Gambar

Bukan hanya arti take away saja yang perlu KLovers ketahui dan pahami dalam dunia restoran ataupun F&B. Karena istilah tersebut akan digunakan dalam dunia restoran. F&B sendiri merupakan kepanjangan dari food and beverage yang bergerak pada kegiatan pembuatan dan penyajian makanan dan minuman.

Secara khusus, food and beverage dalam industri perhotelan menjadi departemen yang bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan pelayanan makanan, minuman, serta kebutuhan lain yang diperlukan tamu, dan dikelola secara profesional dan komersial. Sehingga istilah dalam dunia F&B dan restoran itu sama. Dan berikut ini istilah lain dalam dunia F&B tersebut:

1. Ala Carte

Istilah ini merupakan sebuah konsep ini berarti menu makanan maupun minuman yang ditawarkan, dijual per item dengan harga yang terpisah. Biasanya, kalian bisa temukan di restoran cepat saji atau restoran-restoran pada umumnya. Menu baru akan disiapkan setelah kalian memesannya, jadi ada beberapa waktu menunggu sebelum pesanan kalian datang.

2. Buffet

Buffet merupakan istilah yang digunakan untuk penyajian menu makanan di atas meja makanan panjang, sehingga pengunjung restoran bebas untuk mengambil sendiri menu yang ingin dinikmati. Mudahnya, konsep penyajian buffet biasa dikenal dengan istilah 'prasmanan'. Kelebihan dari sistem ini adalah lebih praktis dan tidak memerlukan banyak tenaga pelayan.

3. Banquet

Konsep Banquet sebetulnya mirip dengan konsep Buffet, menu dihidangkan di atas meja, bedanya menu makanan yang dihidangkan terbatas sesuai dengan pesanan. Biasanya, konsep ini dipilih oleh kelompok yang sedang melaksanakan rapat, seminar, pernikahan, dan lain-lain.

4. All You Can Eat

Konsep dari restoran 'All You Can Eat' berarti kalian bisa makan dengan porsi yang bebas, dengan membayar sejumlah uang dan waktu yang terbatas. Biar kalian gak rugi pas makan di restoran All You Can Eat, maka kalian harus mengikuti berbagai tips sebelum datang ke restoran tersebut.

5. Dine In

Kemudian ada pula dine In, yang merupakan istilah yang digunakan kalau kalian menikmati sajian restoran di tempatnya langsung. Kalau dibungkus namanya take away, bila di makan di tempat namanya dine in.

6. Fine Dining

Fine dining merupakan sebuah jenis menu atau nama restoran yang bisa kalian ketahui. Misalnya ada sebuah restoran yang memiliki konsep fine dining, berarti restoran tersebut menyajikan makanan lengkap mulai dari appetizer, main course, sampai dessert.

7. Table Service

Dan istilah restoran yang terakhir yaitu ada table service. Ya, istilah ini merupakan sistem layanan yang nantinya waitress akan melayani pesanan. Kalian hanya perlu duduk manis di meja dan seluruh makanan akan dilayani. Istilah ini juga bisa juga disebut dengan table manner.

Itulah arti take away yang bisa KLovers ketahui dan pahami dengan lebih dalam lagi. Selain mengetahui arti take away, kalian juga bisa memahami perbedaan take away dan delivery, serta istilah lainnya dalam dunia F&B.

(kpl/gen/dhm)

Editor:   Dhia Amira

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com