Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Tawaduk, Ciri-Ciri, Manfaat, dan Cara Menerapkan Sikap Rendah Hati

Editor KapanLagi.com | Kamis, 02 Desember 2021 18:22 WIB
Arti Tawaduk, Ciri-Ciri, Manfaat, dan Cara Menerapkan Sikap Rendah Hati

Kapanlagi.com - Tawaduk adalah sikap terpuji dan baik yang perlu dimiliki. Pasalnya ada beragam manfaat ketika menerapkan sikap tawaduk dalam kehidupan sehari-hari. Namun sudah tahukah arti tawaduk sebenarnya?

Betapa pentingnya memiliki sikap tawaduk dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya arti tawaduk sebenarnya adalah lawan dari sikap dan sifat sombong. Karena itulah dengan mengedepankan dan menerapkan sikap tawaduk memiliki beragam manfaat dan keuntungan.

Arti tawaduk juga telah dijelaskan di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sedangkan dalam Islam arti tawaduk adalah rendah hati. Untuk tahu penjelasan lebih lanjut tentang arti tawaduk, ulasan di bawah ini penting diketahui. Adapun arti tawaduk, ciri-ciri, manfaat dan cara menerapkannya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut arti tawaduk telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Tawaduk di KBBI

Gambar

Arti tawaduk termasuk akhlak terpuji yang perlu diterapkan dalam kehidupan. Pasalnya ada banyak sekali manfaat atau keuntungan yang dapat diperoleh ketika kalian menerapkan sikap tawaduk. Sudah cukup familiar mendengar kata tawaduk namun belum tahu artinya? Kalian berada pada artikel tepat yang akan mengulas tentang arti tawaduk.

Untuk tahu apa arti tawaduk sebenarnya dapat kalian lihat dalam referensi di di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Ya, arti tawaduk di KBBI dijelaskan ke dalam dua poin. Pertama, arti tawaduk di KBBI adalah rendah hati. Maksud dari rendah hati tersebut yakni dalam hal ibadah maka mengerjakan sholat pada waktunya dengan khusyuk.

Kedua, arti tawaduk di KBBI adalah patuh dan taat. Makna dari arti tawaduk tersebut yakni sebagai seorang muslim maka mematuhi dan menaati perintah agama dalam hal ini seperti mengerjakan sholat. Itulah arti tawaduk di KBBI yang perlu kalian ketahui.

2. Arti Tawaduk dalam Islam

Gambar

Memahami arti tawaduk sebenarnya erat kaitannya dengan seorang muslim. Karena itulah selain perlu mengetahui apa arti tawaduk di KBBI, penting juga tahu makna dan arti tawaduk dalam Islam. Dalam Islam arti tawaduk juga dijelaskan di sejumlah ayat Al Quran. Pasalnya arti tawaduk dalam Islam sangatlah dianjurkan untuk dimiliki seorang muslim. Ini termasuk ke dalam akhlak baik dan terpuji.

Selain itu dengan menerapkan tawaduk juga termasuk ke dalam salah satu bentuk bukti dari keimanan seorang muslim kepada Allah SWT. Lalu apa arti tawaduk dalam Islam? Menurut Islam, arti tawaduk adalah sikap rendah hati. Arti tawaduk lawan dari sikap sombong ataupun takabur. Orang yang bertawaduk berarti sadar akan keterbatasan yang dimiliki. Meski begitu orang tawaduk tetap memiliki sikap optimis dan percaya diri. Karena itulah sikap tawaduk sangat dianjurkan dimiliki seorang muslim. Hal ini dijelaskan dalam Al Aquran Surat Al- Furqon ayat 63 yang artinya,

"Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang ialah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan."

Dijelaskan juga tentang arti tawaduk dalam Surah Asy-Syu'araa' ayat 215 yang artinya sebagai berikut,

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman."

Ayat tersebut adalah satu di antara sejumlah ayat yang menjelaskan tentang sikap tawaduk. Sementara melansir dari NU Online, dijelaskan tentang arti tawaduk yakni sikap seseorang yang rendah hati, tidak sombong ataupun merendahkan diri agar tidak terlihat sombong. Dijelaskan juga jika sikap tawaduk lebih tinggi dari sekedar sopan santun. Karena sikap ini tak sekedar rendah diri saja melainkan dapat dibuktikan secara lahiriah namun tetap wajar.

Ibnu Hajar berkata, "Tawadhu adalah menampakkan diri lebih rendah pada orang yang ingin mengagungkannya. Ada pula yang mengatakan bahwa tawadhu adalah memuliakan orang yang lebih mulia darinya." (Fathul Bari, 11: 341)

Itulah arti tawaduk dalam Islam yang perlu diketahui. Sehingga memudahkan kalian paham apa arti tawaduk.

3. Ciri-Ciri Orang Tawaduk

Gambar

Pada dasarnya arti tawaduk adalah rendah diri dengan maksud bukan ingin mendapatkan pujian. Pasalnya arti tawaduk adalah menyadari dirinya punya keterbatasan meskipun memiliki kemampuan lebih dari orang lain. Ada beberapa ciri-ciri orang tawaduk. Berikut ulasannya tentang ciri-ciri orang tawaduk.

- Tidak mengunggulkan dirinya walaupun memiliki suatu kelebihan.

- Mau menerima suatu kebenaran atau fakta dari orang lain terlepas dari derajat ataupun kelas yang dimiliki orang tersebut baik tinggi atau rendah sekalipun.

- Senantiasa mau berteman dengan siapapun atau tidak pilih-pilih teman.

- Mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan pribadi.

- Menolong dengan senang dan ikhlas.

Itulah beberapa ciri-ciri orang tawaduk yang perlu diketahui. Sehingga selain memahami apa arti tawaduk penting juga tahu ciri-cirinya.

4. Manfaat dan Keuntungan Bersikap Tawaduk

Gambar

Ada beragam manfaat atau keuntungan ketika kalian senantiasa menerapkan tawadu dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya manfaat tawaduk salah satunya adalah diangkat derajat oleh Allah SWT. Namun tak hanya itu, ada beragam manfaat tawaduk yang begitu istimewa. Berikut ulasannya tentang manfaat dan keuntungan bersikap tawaduk.

- Derajat orang yang bersikap tawaduk akan diangkat oleh Allah SWT.

- Senantiasa terhindar dari sikap sombong, takabur, serta tinggi hati.

- Memperoleh hati yang damai dan tenang.

- Disukai oleh orang lain.

Itulah beberapa manfaat dan keuntungan menerapkan sikap tawaduk. Dengan mengetahui manfaat dan keuntungan sikap tawaduk di atas tentu bisa membantumu untuk selalu mengedepankan sikap tawaduk.

5. Cara Menerapkan Sikap Tawaduk

Gambar

Selain memahami apa arti tawaduk, ketahui juga cara menerapkan sikap tawaduk. Ada beberapa cara menerapkan sikap tawaduk yang perlu kalian ketahui. Adapun ulasannya tentang cara menerapkan sikap tawaduk dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

- Selalu bersikap rendah hati serta tidak menyombongkan diri.

- Mau bergaul dan berteman dengan siapa saja tak membeda-bedakan teman.

- Senantiasa bersikap tidak berlebihan menunjukkan kelebihan atau keunggulannya.

- Mengedepankan kebenaran.

- Berusaha bersikap sopan santun.

Itulah arti tawaduk dan penjelasan lainnya. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantumu mengetahui arti tawaduk, ciri-ciri, makna dan cara menerapkannya.

Sumber: Liputan6.com, merdeka.com, NU Online

(kpl/gen/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com