Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Arti Ungkapan Kepala Dingin dan Cara Menyelesaikan Masalah dengan Tenang

Kamis, 27 Januari 2022 13:22 WIB
Arti Ungkapan Kepala Dingin dan Cara Menyelesaikan Masalah dengan Tenang

Kapanlagi.com - Arti ungkapan kepala dingin bukan benar-benar merujuk pada kepala yang dingin atau bersuhu rendah. Ungkapan ini biasa dipakai untuk menggambarkan sikap seseorang yang tenang atau sabar. Kalian bisa juga menggunakannya sebagai imbauan kepada orang yang sedang emosi atau marah.

Arti ungkapan kepala dingin bisa dipahami sebagai perumpamaan atau kiasan. Lema ungkapan biasanya memang punya makna khusus secara konotatif. Kalian bisa menyampaikan ungkapan ini kepada seseorang agar tak gegabah dalam mengambil keputusan dalam sebuah persoalan.

Tak hanya kepala dingin, sebenarnya masih banyak ungkapan lain dalam bahasa Indonesia. Jika kalian tertarik mempelajarinya lebih lanjut, silakan simak penjelasan mengenai arti ungkapan kepala dingin beserta ungkapan-ungkapan lain dalam bahasa Indonesia berikut ini.

1. Arti Ungkapan Kepala Dingin

Gambar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, arti ungkapan kepala dingin adalah tenang atau sabar. Setiap orang perlu punya kemampuan untuk bersikap tenang, terutama saat menghadapi suatu masalah yang membuat emosi memuncak.

Pengambilan keputusan saat emosi hanya bisa menjadi sesuatu yang berbahaya. Oleh karena itu, dibutuhkan proses untuk menjernihkan pikiran dan menenangkan hati terlebih dahulu. Ungkapan seperti "hadapi masalah dengan kepala dingin" akan cocok kalian sampaikan kepada teman yang sedang dilanda masalah dan emosi.

2. Penyelesaian Masalah Dengan Kepala Dingin

Gambar

Penjelasan mengenai arti ungkapan kepala dingin mungkin telah membawa pemahaman bagi kalian bahwa setiap masalah memang perlu diselesaikan dengan tenang. Namun nyatanya, mengendalikan emosi tak semudah itu. Masalah yang datang biasanya begitu cepat memancing amarah.

Namun, tak ada salahnya untuk tetap berusaha mengendalikan diri. Kalian tetap bisa berlatih untuk menyelesaikan masalah dengan kepala dingin melalui langkah-langkah berikut ini.

- Berusaha Berpikir Logis

Tetap berusaha berpikir logis akan membuat kalian mampu mengambil keputusan yang sesuai. Pikiran yang jernih akan membantu kalian dalam menemukan solusi. Oleh karena itu, tetap jaga cara berpikir agar logis dan tak terbawa emosi.

- Menggali Situasi Lebih Dalam

Susun pertanyaan-pertanyaan untuk diri sendiri. Pertanyaan tersebut bisa jadi salah satu cara untuk menggali suatu masalah dengan lebih dalam. Pertanyaan itu bisa seputar penyebab, akibat, serta solusi yang berkaitan dengan masalah yang sedang kalian hadapi.

- Membuka Diskusi, Bukan Bertengkar

Maslah biasanya ditimbulkan oleh satu pihak dengan pihak lainnya. Kalian perlu membuka ruang diskusi dengan tenang untuk memperbaiki keadaan. Ingat bahwa diskusi bukan bertengkar atau berdebat. Tetap jaga emosi agar permasalahan tidak makin runyam.

- Tetap Berusaha Fokus

Masalah biasanya datang dan menimbulkan berbagai gangguan lain. Rasa khawatir atau cemas memang sulit dihindari. Namun, usahakan untuk tetap fokus dan tidak terlalu lama larut dalam kondisi seperti itu. Masalah kalian harus segera diselesaikan.

- Melihat Masalah dari Berbagai Sisi

Jika kalian merasa kesulitan dalam menemukan solusi, cobalah untuk melihat permasalahan dari berbagai sisi. Memiliki kemampuan semacam itu juga menjadi keuntungan tersendiri, kalian akan jadi lebih tenang dalam menghadapi kesulitan.

- Mulai Selesaikan Masalah Secara Perlahan

Ketika kalian sudah cukup mengambil jeda untuk menenangkan diri, cobalah untuk mulai menyelesaikan masalah secara perlahan. Meski kecepatan sering kali dianggap menguntungkan, langkah yang perlahan, tapi pasti juga punya kelebihan.

- Melakukan Relaksasi

Menarik napas dalam-dalam bisa menjadi salah satu bentuk relaksasi yang paling sederhana untuk dilakukan. Memang tak mudah menghadapi situasi yang bikin emosi, tapi kalian pun perlu punya keterampilan untuk mengendalikannya. Saat kalian dihampiri rasa emosi, cobalah untuk mengendalikan diri, minimal dengan cara ini.

3. Arti Ungkapan Lainnya

Gambar

Tak hanya arti ungkapan kepala dingin yang perlu kalian ketahui. Banyak sekali ungkapan yang kerap digunakan dalam bahasa Indonesia. Mungkin, entah disadari atau tidak, ungkapan sering kali dipakai dalam komunikasi sehari-hari. Agar lebih jelas, kalian bisa langsung menyimak berbagai arti ungkapan berikut ini.

1. Angin lalu : sesuatu yang bersifat sementara, diibaratkan seperti angin yang hanya melewati sekali dan tidak kembali lagi.

2. Tulisan cakar ayam : membandingkan tulisan yang berantakan dengan tanah bekas cakar ayam yang berantakan.

3. Kepala batu : membandingkan kepala seseorang yang begitu keras dengan batu yang begitu keras.

4. Anak emas : anak kesayangan.

5. Anak semata wayang : anak satu-satunya.

6. Bekerja keras : bekerja sungguh-sungguh.

7. Debat kusir : debat yang tidak disertai alasan masuk akal.

8. Adu mulut : bertengkar.

9. Angkat kaki : pergi.

10. Berat hati : tidak tega.

11. Besar kepala : sombong.

12. Cuci mata: artinya bersenang-senang melihat sesuatu yang indah.

13. Berat sebelah: artinya tidak adil.

14. Besar mulut: artinya suka membual atau bicara omong kosong.

15. Bunga desa: artinya perempuan cantik yang populer dan disukai pemuda di desa.

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti ungkapan kepala dingin, langkah penyelesaian masalah, serta contoh ungkapan lain dalam bahasa Indonesia yang bisa kalian pelajari.

(kpl/gen/ans)

 

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com