Asyik! Besok Tanggal 23 Maret Ada Gerhana Bulan di Indonesia

Arai Amelya | Selasa, 22 Maret 2016 16:18 WIB
Asyik! Besok Tanggal 23 Maret Ada Gerhana Bulan di Indonesia
Kapanlagi.com - Apakah kamu ketinggalan momen Gerhana Matahari Total (GMT) di Indonesia pada 9 Maret lalu? Jangan sedih. Karena pada Rabu (23/3) esok, Indonesia bakal menjadi saksi Gerhana Bulan Penumbra (GBP). Wah, apa bedanya gerhana saat ini dengan gerhana awal Maret kemarin?

Sebelum berlanjut, kamu harus mengingat dulu pelajaran IPA saat SD mengenai gerhana bulan. Gerhana bulan sendiri adalah fenomena alam di mana sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan Bumi. Ini terjadi bila Bumi berada di antara Matahari dan bulan pada satu garis lurus sehingga sinar Matahari tak sampai ke bulan karena terhalang Bumi.

Hanya saja apa yang akan terjadi di Indonesia besok adalah GBP di mana seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang cukup suram. Menurut pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda, GBP akan terjadi pada Rabu (23/3) malam besok, seperti dilansir Antara.

Seperti ini penjelasan gerhana bulan penumbra. Paham? ©ecobuzzla.comSeperti ini penjelasan gerhana bulan penumbra. Paham? ©ecobuzzla.com

"GBP pada Rabu malam bisa disaksikan di seluruh Indonesia tepat dua minggu setelah GMT. GBP terjadi saat bulan terbit di ufuk timur dan terjadi mulai pukul 16.36 WIB, mencapai puncaknya pada pukul 18.47 WIB dan berakhir pada pukul 20.57 WIB. Masyarakat bisa menyaksikan GBP jika diamati secara detail dan cuaca benar-benar cerah," ungkap Taufik Hermawan, Prakirawan BMKG Juanda.

Yang bikin bahagia, GBP tahun ini terjadi sebanyak tiga kali yakni pada 23 Maret besok lalu 18 Agustus dan 17 September mendatang. Tentu saja fenomena alam ini terdengar menyenangkan karena Indonesia akan jadi saksi banyak fenomena alam yang cantik.

Jadi bagi kamu yang tak punya kegiatan besok malam, lebih baik kita melihat ke langit yang sama. Siapa tahu jodohmu kelak juga melihat langit yang sama seperti dirimu. (kpl/aia)

Editor :  

Arai Amelya

Join Kapanlagi.com