Bacaan Doa dan Dzikir Malam Lailatul Qadar, Amalkan di Sepuluh Malam Terakhir Ramadan

Editor KapanLagi.com | Sabtu, 08 Mei 2021 17:33 WIB
Bacaan Doa dan Dzikir Malam Lailatul Qadar, Amalkan di Sepuluh Malam Terakhir Ramadan

Kapanlagi.com - Meraih malam lailatul qadar pastinya sangat diharapkan setiap umat muslim saat bulan Ramadan. Sebab malam lailatul qadar disebut sebagai malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Namun tidak ada yang tahu pasti kapan hadirnya malam lailatul qadar, akan tetapi sepuluh malam terakhir terutama pada malam ganjil bulan Ramadan diyakini menjadi waktunya.

Malam lailatul qadar menjadi salah satu keistimewaan yang hadir pada bulan Ramadan. Keistimewaan ini tercantum dalam firman Allah SWT dalam Q.S Al-Qadr yang artinya:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) saat Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (Al-Qadr: 1-5)

Namun kapan datangnya malam lailatul qadar tidak ada yang tahu pasti. Hanya saja dalam sejumlah hadis telah dijelaskan tanda-tanda malam Lailatul qadar salah satunya hadir pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadan terutama malam ganjil yakni 21, 23, 25, 27, 29.

Pada saat itulah umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, berdoa, dan berdzikir dengan maksud bisa meraih malam lailatul qadar. Selain itu ada bacaan doa dan dzikir malam lailatul yang bisa kalian amalkan.

Bacaan doa dan dzikir malam lailatul qadar ini cukup mudah diamalkan terutama pada sepuluh malam terakhir Ramadan. Adapun bacaan doa dan dzikir malam lailatul qadar sebagai berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

(kpl/nlw)

Editor:   Nurul Wahida

Join Kapanlagi.com