Berbagi Bisa Bikin Makin Happy Asalkan Selalu Ingat Rumus Ini

Wuri Anggarini | Jum'at, 22 Oktober 2021 09:00 WIB
Berbagi Bisa Bikin Makin Happy Asalkan Selalu Ingat Rumus Ini

Kapanlagi.com - Sejak pandemi, berbagi jadi semacam tradisi untuk membantu dan memberi semangat satu sama lain. Misalnya saja saling berkirim hampers untuk teman dan keluarga yang lama nggak berjumpa karena terhalang kebijakan PPKM. Kirim-kirim paket menu makan siang bagi yang sedang menjalani isoman juga menjadi bentuk dukungan agar mereka yang sedang sakit bisa cepat pulih dan nggak merasa down dengan kondisi yang dialami.

Berbagi memang memberikan manfaat positif dan bisa bikin happy. Tapi, jangan lupa harus selalu tetap terencana dan jangan sampai membahayakan finansialmu. Begini lho rumusnya.

Sisihkan Pos Bulanan untuk Berbagi

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Jadi tradisi baru selama pandemi, sebagian dari kamu mungkin belum memasukkan hal yang satu ini ke dalam pos pengeluaran. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mulai membuat pos pengeluaran baru khusus berbagi. Lalu bagaimana mengisinya?

Yang jelas, pos berbagi ini nggak boleh mengganggu dana darurat, tabungan, apalagi investasi. Jadi, kamu bisa mengambilnya dari pos pengeluaran lain, misalnya dengan mengurangi uang jajan atau mengambilnya dari jatah belanja skincare. Dengan begitu, berbagi tetap lancar tanpa harus mengganggu finansial.

Berbagi dengan Penuh Strategi

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kebiasaan baik pun harus dilakukan dengan penuh strategi biar nggak salah langkah. Misalnya saja, hindari berbagi karena gengsi atau ikut-ikutan tren. Bukannya membawa manfaat, kamu malah terjebak pengeluaran yang nggak perlu.

Nggak hanya itu, bikin juga jadwal berbagi yang sesuai dengan kemampuan. Jangan lupa lakukan perhitungan berapa orang yang ingin kamu berikan paket hampers dan berapa budget yang dimiliki. Jika terencana dengan baik, tradisi positif ini juga bisa memberikan manfaat baik untukmu.

Selain Kirim Hampers, Berbagi Hadiah Digital Juga Nggak Kalah Seru

Berbagi hampers berisi makanan memang banyak dilakukan. Tapi, berbagi hadiah digital juga nggak kalah seru. Misalnya berbagi e-voucher makanan atau bisa juga bagi-bagi saldo digital untuk jajan sahabat atau keluarga yang lagi menjalani isoman biar makin semangat sembuh.

Bagi-bagi saldo digital dijamin Bebas Bokek selama pakai DANA karena Kirim Uang pakai DANA bebas biaya admin. Selain itu, kamu bisa kirim uang ke sesama akun DANA, transfer ke Bank atau antar Bank, hingga kirim uang via chat atau sosmed gratis. Nggak ada biaya tambahan, jadi nggak bikin kamu bangkrut mendadak setelah bagi-bagi saldo.

Tunggu apa lagi, buruan install aplikasi DANA sekarang dan nikmati kemudahan berbagi yang Bebas Bokek!

(kpl/wri)

Editor :   Wuri Anggarini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com