Berdiri Sejak Tahun 1969 Hingga Jadi Langganan Para Artis, Warteg Warmo Tebet Bocorkan Rahasianya

Galuh Esti Nugraini| Rabu, 29 Januari 2020 15:13 WIB
Galuh Esti Nugraini | Rabu, 29 Januari 2020 15:13

Kapanlagi.com - Pernahkah kalian mendengar warteg Warmo? Ya, warteg yang berada di kawasan Tebet ini menjadi salah satu yang paling populer. Tak hanya menyediakan berbagai jenis makanan namun juga tulisan yang berada di depan warteg menarik perhatian.

Tertulis 'Warmo Tebet The Legend Since 1969'. Tak heran jika konon katanya Warmo ini menjadi pencetus warteg yang ada di Jakarta.

Tak heran banyak pelanggan yang datang untuk makan ke sana. Bahkan dari berbagai kalangan mulai dari artis sampai para pejabat.

1 Dari 4 Halaman

1. Sejarah Warteg Warmo

Sejarah Warteg Warmo (credit: Kapanlagi.com/Irfan Kafril)
Kini Warmo dikelola oleh Saryoto yang tak lain adalah penerus kedua. Saryoto pun menceritakan bagaimana awal mula Warmo ini berdiri. Bermula dari sang eyang buyut yang merantau ke Jakarta di tahun 1930-an.

Kemudian ayah Saryoto sendiri menyambung hidup dengan berjualan makanan ringan dan kopi. Namun banyak tukang becak asal Tegal yang meminta agar ada menu makanan berat.

"Nah dari situ lah mulanya mulai jualan nasi (warteg awal mula). Awalnya menu lauknya biasa, tapi lama kelamaan orang mulai tahu dan menunya nambah. Apalagi dari jaman bapak saya sampai saya (penerus) warmo selalu buka 24 jam," ungkap Saryoto saat diwawancarai tim Kapanlagi.com belum lama ini.

2 dari 4 halaman

2. Menu Andalan

Warmo ini menjadi salah satu warteg generasi pertama dan masih berdiri sejak tahun 1969. Tak hanya itu, warteg ini juga bukan 24 jam.

Untuk menunya sendiri tak ada yang menjadi andalan, hanya saja ada satu menu yang dari dulu ada. Apa itu? Saryoto pun menjawab telur bulat kuah rendang.

"Tapi intinya yang jadi andalan nggak ada, karena selera orang dari dulu kan beda-beda," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

3. Yang Jadi Pelanggan

Yang Jadi Pelanggan (credit: Kapanlagi.com/Irfan Kafril)
Berada di tempat yang stategis, tentu warteg ini jadi sorotan. Apalagi warteg ini juga sudah dikenal banyak orang.

Saryoto juga menyebut jika ada beberapa pejabat yang pernah datang ke sini. Bahkan Pak Jokowi saat menjabat sebagai Gubernur Jakarta juga pernah makan di sana. Tak hanya itu ada pula dari kalangan selebriti juga ikut mencicipi enaknya makanan di warteg Warmo ini.

"Tapi artis yang ke sini kebanyakan gayanya biasa aja. Pembeli biasa. Oh iya Dede Yusuf pun sering ke sini. Masih mas, kayak Katon Bagaskara, vokalisnya Netral (NTRL) yang botak itu hampir tiap minggu ke sini, terakhir awal bulan Januari ini," jelas Saryoto lagi.

4 dari 4 halaman

4. Rahasia Masih Bertahan

Rahasia Masih Bertahan (credit: Kapanlagi.com/Irfan Kafril)
Untuk harganya pun terjangkau tergantung dari lauk yang diambil. Saking enaknya banyak pembeli yang selalu nambah hingga tak sadar jika sudah makan lebih dari seporsi.

Memang untuk cita rasanya sendiri sudah tak diragukan lagi. Bahkan Saryoto pun mau mengungkapkan rahasianya. Apa itu?

"Saya dari dulu semanjak bapak saya sampai saya sekarang itu nggak pernah ganti koki, kurang lebih koki saya di belakang itu udah 30 tahun kerja sama saya. Warteg ini kan, juga sering jadi buruan anak muda buat makan berat karena kan ya buka 24 jam. Nantinya Warmo ini bakal tetap jalan seperti jaman bapak saya jaman saya, tetap jadi legenda," pungkasnya.

(kpl/irf/gen)


Reporter:  

Irfan Kafril

Join Kapanlagi.com