Berikut 5 Negara dengan Kebijakan Penanganan Virus Corona Covid-19 Terbaik

Dita Tamara| Senin, 22 Juni 2020 08:22 WIB
Dita Tamara | Senin, 22 Juni 2020 08:22

Kapanlagi.com - Kabar baik datang dari perkembangan kasus virus corona yang terjadi di beberapa negara. Pasalnya, negara tersebut menerapkan kebijakan penanganan covid-19 yang baik sehingga tidak menimbulkan pelonjakan pasien baru positif corona. Meskipun hingga kini wabah virus corona masih menjadi momok bagi tiap-tiap negara.

Upaya menekan pertumbuhan angka positif corona, beberapa negara ini dengan giat melakukan langkah penanganan yang cepat. Meskipun belum dinyatakan bebas dari virus corona, langkah tepat beberapa negara ini dinilai sangat proaktif dalam menekan jumlah pasien terinfeksi corona.

Perusahaan analisis data asal Inggris, YouGov, telah memperbarui peringkat kepuasan publik terhadap pemerintahnya dalam menanggapi wabah covid-19. Berikut ini beberapa negara yang bisa di contoh dengan kebijakan penanganan covid-19 terbaik.

1 Dari 5 Halaman

1. Vietnam

Vietnam (credit: freepik)
Sejak awal kemunculan virus corona, Vietnam dinilai sangat aktif dalam melakukan penanganan dari pemerintahnya. Bahkan Vietnam juga negara yang terawal yang menerapkan lockdown dengan menutup sekolah-sekolah. Selain itu, pemerintah Vietnam selalu menjelaskan kepada masyarakat jika virus covid-19 tidak boleh diremehkan karena lebih berbahaya dari flu biasa.

Bahkan, WHO pun mengapresiasi kinerja pemerintah Vietnam yang telah berhasil mengajak masyarakatnya bekerja sama dengan baik sehingga wabah covid-19 dapat teratasi dengan cepat. Pada akhir April, Vietnam telah mengangkat peraturan lockdown sehingga rakyatnya dapat melanjutkan hidup secara normal. Dengan penanganan tersebut, Vietnam menduduki peringkat pertama yakni dalam hal melakukan penanganan terhadap virus corona.

2 dari 5 halaman

2. Malaysia

Malaysia (credit: freepik)
Malaysia menduduki peringkat kedua setelah Vietnam dalam penanganan terbaik virus corona. sebelumnya, pemerintah Malaysia telah memilih untuk melaksanakan lockdown sejak awal di atas keuntungan ekonomi jangka pendek. Penduduk Malaysia juga percaya jika negaranya tersebut mempunyai fasilitas kesehatan yang mumpuni.

Kerja yang baik antara negara dan warganya tersebut berbuah menggembirakan. Bahkan negara dengan sebutan Negeri Jiran tersebut mendapat apresiasi dari berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri. Malaysia dianggap mengerti, memahami, dan menguasai medan perang melawan pandemi covid-19.

3 dari 5 halaman

3. Taiwan

Taiwan (credit: freepik)
Peringkat ketiga disusul oleh Taiwan dalam penanganan terbaik virus corona. Hal ini lantaran negara tersebut merespon dan segera melakukan tindakan pencegahan yang dinilai paling baik. Bahkan, Taiwan juga sangat aktif dalam melindungi kesehatan masyarakatnya. Selain itu, Taiwan sudah bersiap dengan berbagai protokol, ketika negara-negara lain masih memperdebatkan apakah akan mengambil tindakan terkait virus corona.

Negara tersebut juga lebih awal dalam hal menghentikan kapal pesiar, memberlakukan hukuman ketat bagi yang melanggar keluar rumah, hingga meningkatkan produksi masker. Dengan hal tersebut, Taiwan dirasa cukup cepat dalam melakukan penanganan.

4 dari 5 halaman

4. Australia

Australia (credit: freepik)
AwalnyaAustralia menjadi negara yang memiliki kasus corona bersamaan dengan Amerika Serikat dan Inggris. Namun, di saat Amerika Serikat menjadi negara dengan kasus terparah di dunia, Australia justru berhasil menekan angka penyebaran covid-19. Hal tersebut dilakukan dengan keputusan besar membatalkan beberapa acara yang akan berlangsung. Oleh sebab itu, Australia dipandang sebagai contoh sukses penanganan pandemi.
5 dari 5 halaman

5. Denmark

Denmark (credit: freepik)
Denmark juga menjadi negara yang bergerak cepat dalam memberlakukan social distancing ketika virus corona mulai mewabah. Selain itu, Denmark tercatat langsung mengumumkan penutupan sekolah, segala bisnis swasta, dan menutup semua perbatasannya bagi orang asing ketika kasus positif corona di Denmark masih dalam jumlah sedikit.

Pemberlakuan karantina wilayah dan social distancing yang tidak menunggu sampai banyak korban positif corona terbukti efektif dalam pemutusan rantai penyebaran Covid-19 di Denmark. Bahkan, orang-orang Denmark cenderung saling membantu untuk kebaikan bersama juga menjadi salah satu faktor penanganan corona di negara tersebut sangat efektif.

Itulah negara dengan kebijakan penanganan virus corona covid-19 terbaik. Dengan begitu, harapannya negara-negara lain juga bisa mencontoh kebijakan yang ada di kelima negara itu.

(kpl/dtm)

Editor:  

Dita Tamara

Join Kapanlagi.com