Berkhasiat Bagi Organ Jantung - Otak, Ini 7 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Puput Saputro| Senin, 06 Juli 2020 18:22 WIB
Puput Saputro | Senin, 06 Juli 2020 18:22

Kapanlagi.com - Buah Srikaya tentu bukan jenis buah-buahan yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Buah sebesar genggaman tangan ini memang biasa tumbuh di kawasan tropis seperti Indonesia. Itulah sebabnya, buah bernama ilmiah Annona squamosa begitu mudah ditemui di sekitar kita. Lidah orang Indonesia pasti juga sudah akrab dengan rasa buah srikaya yang manis. Meski begitu, sepertinya belum banyak orang yang tahu apa saja manfaat buah srikaya untuk kesehatan.

Sama seperti buah lainnya, srikaya juga mengandung vitamin dan berbagai kandungan senyawa yang baik untuk tubuh. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan, mengonsumsi buah srikaya juga dipercaya bisa mencegah hingga mengatasi penyakit tertentu.

Berikut beberapa manfaat buah srikaya untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber.

1 Dari 7 Halaman

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga Daya Tahan Tubuh (credit: pixabay)
Buah srikaya yang rasanya manis ternyata mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Barangkali hal ini agak mengejutkan, mengingat selama ini kita mengenal vitamin terdapat pada buah bercita rasa asam seperti jeruk atau lemon. Namun, memang demikianlah adanya. Dengan kandungan vitamin C tersebut, buah srikaya jadi berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil.

Sebab, vitamin C merupakan salah satu kandungan senyawa yang bisa berfungsi sebagai antioksidan. Sementara seperti yang kita tahu, antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas penyebab penyakit.

2 dari 7 halaman

2. Menyehatkan Jantung

Menyehatkan Jantung (credit: pixabay)
Selain mengandung vitamin C, dalam buah srikaya juga terdapat kandungan kalium, natrium, dan magnesium. Kandungan kalium dan natrium diyakini akan mendorong tubuh dalam mengontrol tekanan darah. Sedangkan kandungan magnesium lebih berperan dalam mendukung kerja otot jantung agar bekerja lebih prima. Jangka panjang, konsumsi buah srikaya akan menyehatkan jantung dan menjauhkan kita dari berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung.
3 dari 7 halaman

3. Cegah Kanker

Manfaat buah srikaya yang ketiga adalah dipercaya bisa cegah sel kanker. Kandungan vitamin C dalam srikaya yang berperan sebagai antioksidan juga diyakini meminimalisir risiko kanker. Hal ini dikarenakan, radikal bebas bisa jadi salah satu pemicu pertumbuhan sel kanker.

Kemampuan srikaya dalam mencegah kanker ini juga didukung adanya senyawa alkaloid fan acetogenin yang diyakini bisa ampuh membunuh sel kanker.

4 dari 7 halaman

4. Menyehatkan Mata

Menyehatkan Mata (credit: pixabay)
Mata manusia secara alami akan mengalami penurunan fungsinya seiring dengan bertambahnya usia. Meski begitu, ternyata hal ini bisa dicegah atau diminimalisir. Salah satunya dengan mengonsumsi buah srikaya. Sebab buah srikaya mengandung vitamin A yang dibutuhkan mata agar ketajamannya terjaga.

Selain itu, terdapat juga vitamin B2, vitamin C, dan senyawa riboflavin yang bisa menghalau radikal bebas yang menyerang mata. Artinya, bukan hanya ketajaman mata yang akan terjaga. Mata juga akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit dan gangguan lainnya.

5 dari 7 halaman

5. Mengatasi Anemia

Anemia merupakan gangguan kesehatan disebabkan karena tubuh yang kekurangan sel darah merah. Akibatnya, orang yang menderita anemia akan mudah sekali mengalami lesu dan kelelahan. Jangan khawatir, sebab manfaat buah srikaya yang kelima ternyata bisa mengatasi anemia.

Penderita anemia akan pulih saat kebutuhan sel darah merahnya sudah terpenuhi. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi buah srikaya. Buah srikaya mengandung zat besi yang baik untuk produksi sel darah merah dalam tubuh.

6 dari 7 halaman

6. Baik untuk Kesehatan Otak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, buah srikaya mengandung berbagai macam vitamin, salah satunya vitamin B kompleks. Kandungan vitamin B kompleks ini membuat buah srikaya tidak hanya baik untuk kesehatan fisik.

Vitamin B dalam srikaya baik untuk menjaga kesehatan otak. Konsumsi jumlah yang cukup akan membuat sel-sel otak lebih sehat. Mengonsumsi buah srikaya juga dipercaya bakal menghindarkan kita dari stres, bahkan depresi. Dengan begitu, manfaat buah srikaya untuk kesehatan tidak hanya berlaku untuk fisik, melainkan juga secara mental atau psikis.

7 dari 7 halaman

7. Baik bagi Wanita Hamil

Baik bagi Wanita Hamil (credit: pixabay)
Buah srikaya bisa jadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk wanita hamil. Konsumsi buah srikaya dipercaya bisa memberi sejumlah manfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Beragam manfaat buah srikaya untuk wanita hamil, salah satunya mengatasi mual hingga sakit kepala yang sering muncul di awal kehamilan.

Selain itu, nutrisi yang terdapat dalam buah srikaya juga dinilai baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Vitamin C yang terkandung di dalamnya akan membantu ibu dalam menjaga daya tahan tubuh. Bagi kesehatan janin, nutrisi dalam buah srikaya juga dipercaya akan mengurangi risiko lahir prematur hingga keguguran.

Nah itulah di antaranya beberapa manfaat buah srikaya untuk kesehatan. Meski punya banyak manfaat, pastikan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang cukup. Jangan sampai mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan.

(kpl/psp)

Editor:  

Puput Saputro

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com