ADVERTORIAL

Biar #DiRumahAja Belanja Sayur dan Buahnya Pakai Online, Sudah Tahu Cara Cucinya?

Iwan Tantomi| Selasa, 07 April 2020 11:30 WIB
Iwan Tantomi | Selasa, 07 April 2020 11:30

Kapanlagi.com - Mewabahnya virus Corona atau yang dikenal juga sebagai COVID-19 membuat pemerintah akhirnya sigap menghimbau masyarakat untuk #DiRumahAja. Selain untuk meminimalkan penyebaran infeksi COVID-19, langkah ini diambil agar pandemi Corona di Indonesia bisa cepat teratasi.

Berhari-hari beraktivitas di rumah, membuat masyarakat pun kini mulai terbiasa beradaptasi. Dari yang sebelumnya terbiasa belanja buah dan sayuran di pasar atau mungkin super market, kini pesannya memanfaatkan layaran order online. Langkah yang bagus, karena dengan begitu bisa menerapkan physical-distancing.

Lantas, sudahkah sayur dan buah yang dipesan secara online dicuci dengan benar? Bagaimanapun virus ini partikel mikro. Penyebarannya pun bisa lewat medium apa saja. Makanya, biar buah dan sayuran yang hendak dikonsumsi tetap terjaga higienis, beberapa tips mencuci yang tepat ini bisa dicoba.

1 Dari 3 Halaman

1. Cuci Tangan Pakai Sabun Lebih Dulu

Cuci Tangan Pakai Sabun Lebih Dulu (c)Shutterstock

Sebelum memulai mencuci buah dan sayuran, pastikan tangan bersih lebih dulu. Apalagi jika habis megang beragam benda. Cucilah tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir sampai bersih. Lakukan setidaknya selama 10 detik, agar virus, bakteri maupun kuman penyebab beragam penyakit pada tangan bisa mati. Cuci tangan kembali dengan cara yang sama, sehabis mencuci buah dan sayuran.
2 dari 3 halaman

2. Pisahkan Buah dan Sayuran dengan Bahan Lain

Pisahkan Buah dan Sayuran dengan Bahan Lain (c)Shutterstock
Jika sudah, pisahkan buah dan sayuran dengan bahan lain saat mencuci. Mencampur semua bahan jadi satu, seperti daging, buah dan sayuran, justru berisiko menimbulkan kontaminasi silang. Maksudnya, bakteri dari beberapa bahan berbeda tersebut, justru bisa saling menempel, pada sayuran dan buah. Yang benar, taruk di tempat yang bersih, baru kemudian cuci buah satu per satu.
3 dari 3 halaman

3. Gunakan Sabun yang Aman untuk Mencuci Buah dan Sayuran

Supaya lebih higienis, gunakan sabun yang aman untuk mencuci buah dan sayuran. Pasalnya, mencuci pakai air saja tak cukup untuk menghilangkan bakteri pada buah dan sayuran. Kamu bisa mengandalkan MAMA LIME. Pencuci piring higienis ini bukan saja bisa membuat bersih kesat untuk mencuci beragam peralatan makan dan memasak, tetapi juga aman digunakan untuk mencuci buah dan sayuran.

(c)MAMA LIME(c)MAMA LIME

Hal ini karena MAMA LIME mengandung mineral salt dan anti bacteria agent food grade (BIOGUARD). Formula tersebut efektif membersihkan bakteri dan sisa pestisida yang menempel pada buah dan sayur. Hasilnya, satu tetes MAMA LIME baik yang varian LIME maupun GREEN TEA, bukan saja efektif membersihkan bakteri dan sisa pestisida pada buah dan sayuran lebih higienis, tetapi juga membuat aromanya jadi lebih fresh. Cukup gunakan satu tetes MAMA Lime dan larutkan dalam semangkuk air. Cuci buah dan sayuran hingga bersih lalu bilas dengan air mengalir. Ada MAMA LIME, semua Higienis!

(kly/tmi)

Reporter:  

Iwan Tantomi

TOPIK TERKAIT
 
 
Join Kapanlagi.com