ADVERTORIAL

Bikin Ngiler, 5 Chef Internasional Ini Hadirkan Kreasi Daging Sapi Australia di Big Bang Indonesia Meat Cuisine

Wuri Anggarini | Sabtu, 20 Maret 2021 15:00 WIB
Bikin Ngiler, 5 Chef Internasional Ini Hadirkan Kreasi Daging Sapi Australia di Big Bang Indonesia Meat Cuisine

Kapanlagi.com - Hayo ngaku, siapa di sini yang favoritnya mencicipi kuliner olahan daging sapi? Bahan yang satu ini memang bisa dikreasikan jadi masakan apa saja sesuai selera. Tapi, bosan dengan masakan daging sapi yang itu-itu saja? Kalau gitu waktunya kamu mencari inspirasi dari 5 chef internasional yang berbagi kreasi hidangan daging sapi lezat dalam acara Big Bang Indonesia Meat Cuisine yang disiarkan secara live streaming pada Kamis (18/3/2021) lalu.

Virtual event ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian program BEEF UP #TrueAussiebeef dalam Indonesia Meat Cuisine. Lima orang chef yang pernah mengisi sesi live streaming di episode sebelumnya kembali dipertemukan dalam satu event spesial buat berbagi tips dan kreasi istimewa. Daging sapi yang digunakan juga nggak sembarangan karena menggunakan daging sapi Australia yang segar dan berkualitas.

Turut hadir juga dalam acara yaitu Chief Representative MLA Indonesia, Valeska, yang menjelaskan tujuannya menggelar program Indonesia Meat Cuisine ini.

"Harapannya dengan acara ini adalah mengajak lebih banyak orang untuk terlibat dalam kampanye BEEF UP gdan berkreasi dengan daging sapi Australia yang bisa digunakan untuk segala jenis masakan seperti yang dihadirkan oleh kelima chef tersebut," jelas Valeska dalam sambutannya.

Mulai penasaran dengan sajian yang dihadirkan para chef internasional ini? Intip highlight-nya di sini, KLovers!

Tomahawk Surf & Turf by Chef Marco Braun

credit: Indonesia Meat Cuisinecredit: Indonesia Meat Cuisine

Kreasi pertama dihadirkan oleh Chef Marco Braun, yaitu Executive Chef Jakarta Convention Center. Chef Marco yang di episode sebelumnya berbagi tips memasak rendang dengan daging sapi khas Australia memang berhalangan hadir dalam event Big Bang Indonesia Meat Cuisine tersebut. Namun, kreasi lezatnya bisa tetap kamu cobain lewat Tomahawk Surf & Turf yang menggunakan daging sapi khas Australia.

Beef Tenderloin Bumbu Balado Oncom Fried Java Heritage Rice by Chef Sean MacDougall

credit: Indonesia Meat Cuisinecredit: Indonesia Meat Cuisine

Kreasi selanjutnya adalah Beef Tenderloin Bumbu Balado Oncom Fried Java Heritage Rice by Chef Sean MacDougall. Chef internasional yang sudah malang melintang di dunia kuliner dan kini menjadi Executive Chef Ritz Carlton Jakarta Pacific Place tersebut mengangkat oncom merupakan hidangan khas Jawa Barat menjadi sajian restoran yang kreatif banget.

Sebagai sosok yang berasal dari Australia, Chef Sean sangat merekomendasikan daging sapi khas Australia yang berkualitas untuk berbagai masakan, karena mereka diternak dalam happy environment. Jadi, sapi-sapi tersebut diternak di iklim yang bagus dan lingkungan yang kondusif untuk menghasilkan produk daging saping berkualitas. Nggak perlu khawatir dengan risiko penyakit karena checking control-nya dilakukan dengan sedemikian rupa.

Slow Roasted Wagyu 9+ Beef Tenderloin by Chef Gilles Marx

credit: Indonesia Meat Cuisinecredit: Indonesia Meat Cuisine

Pengalaman lebih dari 30 tahun dalam dunia kuliner membuat Chef Gilles Marx nggak perlu diragukan lagi dalam mengolah daging sapi Australia. Chef yang kini menjabat sebagai Chef Founder Amuz Gourmet Group ini menghadirkan Slow Roasted Wagyu 9+ Beef Tenderloin by Chef Gilles Marx.

Chef Gilles juga berbagi tips bagaimana marinasi daging agar menghasilkan masakan yang juicy. Ia menjelaskan bukan masalah memarinasi dengan apa, tapi gunakan produk daging yang berkualitas. Jadi, jika ingin tekstur juicy pada daging yang dimasak harus menggunakan daging sapi yang lebih tebal potongannyal seperti daging sapi Australia ini.

Tomahawk Maranggi with Australian Beef by Chef Hamish Lindsay

credit: Indonesia Meat Cuisinecredit: Indonesia Meat Cuisine

Kreasi menu daging selanjutnya bisa kamu intip resep Tomahawk Maranggi with Australian Beef by Chef Hamish Lindsay. Chef internasional yang berprofesi sebagai Executive Chef di Fairmont Hotel Jakarta ini menjelaskan sedikit tentang signature dish tersebut. Maranggi sendiri adalah kuliner lokal yang populer di Jakarta dan sekitarnya. Kombinasi dengan Australian beef bikin sensasi masakan jadi lebih lezat dan menyenangkan. Chef Hamish juga menjelaskan jika pemilihan daging sapi khas Australia itu wajib banget jika ingin menghasilkan menu daging yang flavourful dan tender.

Wagyu Steak 5+ by Sezai Zorlu

credit: Indonesia Meat Cuisinecredit: Indonesia Meat Cuisine

Terakhir, ada Chef Sezai Zorlu yang dikenal sebagai Head Chef & Owner Turkuaz Authentic Turkish & Ottoman Cuisine dan Warung Turki Shisa Lounge. Chef yang sudah mulai memasak sejak umur 8 tahun ini punya pengalaman lebih dari 20 tahun di dunia kuliner, lho. Ia membagikan resep Wagyu Steak 5+ yang menggunakan banyak marinasi seperti yang jadi ciri khas masakan Turki.

Chef Sezai mengakui kualitas daging sapi Australia untuk menciptakan masakan dengan cita rasa juara. Chef asal Turki ini memilih wagyu 5+ karena marbling yang dirasakan sudah cukup untuk menciptakan tekstur juicy yang diharapkan saat melalui proses grilling.

Saat ditanya apakah masing-masing chef menggunakan Australian beef dalam mengolah kuliner sehari-hari, kelimanya kompakan menjawab Absolutely! . Namun, di Indonesia sendiri daging sapi khas Australia identik dengan harga mahal. Mengenai hal ini, para chef mengaku kalau harga sebenarnya terjangkau dan sangat worth it dengan cita rasa masakan yang dihasilkan.

"Top quality jelas mahal, tapi kualitas itu jelas segalanya. Tapi kamu bisa mendapatkan daging sapi Australia dengan harga terjangkau. Overall, worth the money," pungkas Chef Gilles.

Wah, seru banget kan event Big Bang Indonesia Meat Cuisine kali ini? Kamu juga bisa menemukan resep masakan lainnya menggunakan daging sapi Australia yang lebih lengkap dengan mengunjungi www.trueaussiebeefandlamb.id dan jangan lupa follow Instagram @trueaussieid.

(kly/wri)

Editor :   Wuri Anggarini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com