Bisa Jadi Camilan, Ini 9 Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Tahu

Puput Saputro| Minggu, 02 Agustus 2020 12:44 WIB
Puput Saputro | Minggu, 02 Agustus 2020 12:44

Kapanlagi.com - Buah nangka jadi salah satu buah yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Buah berukuran besar ini tidak hanya enak, melainkan juga kaya akan manfaat. Selain dimakan langsung, buah nangka juga kerap diolah menjadi kudapan, seperti kolak, keripik, bahkan camilan. Bahkan, di beberapa daerah masyarakat juga mengonsumsi biji nangka untuk camilan. Lantas, apakah manfaat biji nangka sama banyak dengan bagian dagingnya?

Biji nangka jadi salah satu camilan sederhana nan menyehatkan. Proses pembuatannya juga cukup dengan direbus saja, sehingga sangat praktis dan mudah dinikmati. Meski banyak yang suka, faktanya sepertinya belum banyak yang tahu manfaat biji nangka untuk kesehatan. Padahal, tidak kalah dengan daging buahnya, biji nangka juga mengandung berbagai senyawa yang baik untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaat biji nangka untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber.

1 Dari 9 Halaman

1. Baik untuk Pencernaan

Baik untuk Pencernaan (credit: pixabay)
Masyarakat tradisional memanfaatkan biji nangka sebagai salah satu penawar diare. Kebiasaan ini ternyata terbukti, sebab biji nangka mempunyai sifat antimikroba yang akan mengatasi bakteri di usus yang menyebabkan diare.

Bahkan, tak hanya atasi diare, mengonsumsi biji nangka juga dipercaya akan menyehatkan usus dan melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan, selain bersifat antimikroba, biji nangka juga mengandung serat yang cukup banyak. Tak sampai di situ, dalam biji nangka juga terdapat bakteri prebiotik yang baik untuk pencernaan.

2 dari 9 halaman

2. Mengatasi Anemia

Anemia merupakan kondisi di mana tubuh mengalami kekurangan sel darah merah. Akibatnya, penderita anemia kerap kali merasa lesu dan lemas. Untungnya, salah satu manfaat biji nangka bisa mengatasi anemia. Hal ini lantaran biji nangka mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi menjadi salah satu senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sel darah merah. Oleh karena itu, wajar jika banyak yang meyakini biji nangka bisa mencegah anemia.
3 dari 9 halaman

3. Baik Dikonsumsi saat Diet

Baik Dikonsumsi saat Diet (credit: pixabay)
Apabila kalian berencana melakukan program diet, kalian bisa menjadikan biji nangka sebagai camilan yang sehat. Tak banyak yang tahu, biji nangka ternyata punya khasiat mengendalikan nafsu makan. Kandungan tepung dalam biji nangka dipercaya akan membuat kalian merasa awet kenyang. 
4 dari 9 halaman

4. Baik untuk Pertumbuhan Otot

Apabila tujuan kalian melakukan diet, salah satunya demi berat tubuh ideal dan atletis, maka biji nangka adalah satu makanan yang patut kalian konsumsi. Sebab, biji nangka tak hanya bisa bantu turunkan berat badan. Biji yang kerap disebut beton ini juga kaya akan kandungan protein yang penting untuk pertumbuhan otot. Protein dalam biji nangka juga tergolong sehat, lantaran tak mengandung kolesterol. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya harus diimbangi dengan olahraga yang cukup.
5 dari 9 halaman

5. Menyehatkan Mata

Menyehatkan Mata (credit: pixabay)
Seperti daging buahnya, biji nangka juga kaya akan vitamin A. Seperti yang kita tahu, vitamin A jadi salah satu asupan nutrisi yang dibutuhkan mata. Dengan asupan vitamin A yang cukup mata akan sehat dan ketajamannya terjaga. Nah, biji buah nangka bisa jadi salah satu alternatif makanan yang kalian pilih untuk memenuhi kebutuhan vitamin A.
6 dari 9 halaman

6. Mengontrol Tekanan Darah

Mengontrol Tekanan Darah (credit: pixabay)
Dalam biji nangka  juga terdapat kandungan potasium dan kalium. Makanan yang mengandung kalium dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah akibat natrium dalam tubuh yang terlalu tinggi. Namun, konsumsi kalium juga harus dibatasi. Bahkan, sangat tidak dianjurkan bagi orang dengan penyakit ginjal karena bisa membahayakan kesehatan.
7 dari 9 halaman

7. Menurunkan Kolesterol

Manfaat biji nangka berikutnya ialah dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Kemampuan ini didukung kandungan antioksidan dan serat yang tinggi pada biji buah nangka. Kombinasi antara antioksidan dan serat dalam biji nangka dipercaya akan ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Secara tidak langsung mengonsumsi beton atau biji nangka juga akan menjauhkan kita dari berbagai penyakit. Sebab, seperti yang kita tahu kolesterol bisa menurunkan berbagai macam penyakit, seperti darah tinggi, diabetes, hingga jantung.

8 dari 9 halaman

8. Mencegah Kanker

Biji nangka juga dipercaya bisa jadi salah satu makanan yang berkhasiat mencegah kanker. Hal ini lantaran biji kanker mempunyai sifat antikanker. Dilansir dari healthline.com, dalam biji kanker juga terdapat anti oksidan flavonoid, saponin, dan fenolik diyakini bakal melawan sel kanker. Belakangan juga diungkap, bahwa mengandung senyawa yang berkhasiat dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan peradangan.
9 dari 9 halaman

9. Menguatkan Tulang

Menguatkan Tulang (credit: pixabay)
Biji nangka yang kaya akan kandungan kalium dan potasium juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kedua kandungan tersebut, dipercaya akan menjaga kepadatan tulang. Dengan begitu, tulang akan tetap kuat dan sehat. Bahkan, tak menutup kemungkinan mengonsumsi biji nangka secara rutin juga akan menjauhkan kita dari risiko osteoporosis.

Itulah di antaranya beberapa manfaat biji nangka untuk kesehatan. Bagaimana, apakah kalian termasuk yang gemar menjadikannya sebagai camilan?

(kpl/psp)

Editor:  

Puput Saputro

TOPIK TERKAIT
 
Join Kapanlagi.com