Buka Peluang Lewat Kolaborasi, Bisa Berkesempatan Beli Rumah Hingga Bikin Film Seperti Figur Ini Lho

Wuri Anggarini | Jum'at, 30 Juli 2021 19:00 WIB
Buka Peluang Lewat Kolaborasi, Bisa Berkesempatan Beli Rumah Hingga Bikin Film Seperti Figur Ini Lho

Kapanlagi.com - Talkshow 650 Menit Beraksi dan Berkolaborasi kembali hadir sebagai rangkaian dari perayaan HUT ke-65 PT Bank Danamon Indonesia Tbk. Dalam gelaran hari kedua yang berlangsung pada Jumat (23/07/2021) lalu secara virtual, banyak obrolan insightful yang pastinya bisa memberikan inspirasi buat generasi masa kini.

Menghadirkan para sosok inspiratif dalam bidangnya masing-masing, di rangkaian hari kedua ini giliran Joko Anwar (Sutradara), Nike Prima (Creative Director Living Loving), dan Rudy Salim (Entrepreneur) yang membagikan cerita beraksi dan berkolaborasi versi mereka masing-masing yang terbagi dalam 3 sesi seru. Seluruh sesi digelar secara virtual dan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Hadirnya ketiga sosok inspiratif di bidangnya ini bukan tanpa alasan, karena generasi milenial cenderung memiliki banyak cita-cita dan membutuhkan influence. So, hadirnya Joko Anwar (Sutradara), Nike Prima (Creative Director Living Loving), dan Rudy Salim (Entrepreneur) yang blak-blakan kisah sukses dan kolaborasinya bakal jadi pelecut semangat buat para milenial. Intip highlight-nya, yuk!

Berawal dari Blog, Bisa Beli Rumah Sendiri

(c) Vidio(c) Vidio

Apa sih arti rumah buat kamu? Bukan hanya sebagai tempat tinggal saja, rumah punya makna lebih dalam bagi masing-masing individu yang menempatinya. Seperti cerita yang dibagikan oleh Nike Prima. Awalnya menganggap sebagai tempat untuk pulang dan istirahat, perlahan makna rumah jadi bergeser sebagai tempat untuk tubuh dan berkembang sebagai diri sendiri baik itu secara personal maupun keluarga.

Kecintaan terhadap pada rumah ini juga yang membuat Nike akhirnya mengembangkan Living Loving. Tinggal di rumah membuat kecintaan terhadap rumah jadi tumbuh. Aku akhirnya membuat Living Loving yang awalnya hanya blog berkembang jadi Youtube dan ada sosmednya juga. Seiring berjalannya waktu, aku sebagai penghuni rumah sekaligus sebagai Living Loving baru sadar kalau rumah itu nggak hanya how it looks saja. Rumah harus jadi tempat yang membuat penghuninya merasa aman dan nyaman. Dari situ mulai deh berkembang topiknya nggak hanya visual saja tapi juga bagaimana mengisinya, terang Nike.

Memiliki rumah pertama sering jadi topik yang bikin generasi muda merasa galau. Ada opsi sewa dan beli rumah langsung, apa sih kelebihan dan kekurangannya? Hadir juga dalam sesi kali ini Secure Sales Head of Danamon, Wirawan. Ia menjelaskan keuntungan dan kelebihan dari masing-masing opsi tersebut. Beli rumah langsung tentu saja jadi pride tersendiri. Terlebih rumah instrument investasi yang menjanjikan sekaligus bisa diwariskan. Namun, tentu butuh budget yang lebih banyak untuk bisa mewujudkannya.

Sementara itu sewa rumah bisa diperhitungkan karena budgetnya lebih kecil. Tapi, banyak faktor yang juga harus diperhitungkan seperti harus pindah-pindah tempat sewa atau harga sewa yang naik setiap tahunnya. Apapun pilihan yang diambil, pastikan sesuai dengan kebutuhan.

Wirawan juga menambahkan meskipun effort beli rumah lebih besar dan sekarang sedang berada dalam kondisi pandemi, ternyata bisa jadi peluang tersendiri.
Sejak saya berkecimpung dalam dunia KPR sejak 2002, nggak pernah saya mengalami bunga KPR serendah sekarang, jadi ini peluang. Banyak relaksasi yang diberikan. Yang paling penting dan belum pernah ada dalam sejarah adalah insentif PPN yang ditanggung pemerintah yang awalnya hanya sampai Agustus 2021 kemudian diperpanjang sampai akhir tahun 2021. Ini bonus, karena di kondisi normal ini nggak mungkin. It s a good timing to buy, lanjut Wirawan.

Kabar baiknya, Bank Danamon juga kasih penawaran menarik buat pembiayaan rumah yang bisa bikin impian punya rumah sendiri bisa terwujud. Mulai dari bunga rendah 4,65%, cashback hingga Rp 750ribu, hingga biaya appraisal untuk 65 customer pertama. Cek langsung aja di bdi.co.id/bungaringan.

Keluar Dari Zona Nyaman, Challenge Yourself Buat Jadi Enterpreneur

(c) Vidio(c) Vidio

Setelah berbagi cerita tentang rumah, sesi selanjutnya dalam 650 Menit Beraksi dan Berkolaborasi adalah tentang Friends with Business Benefit. Kisah yang satu ini dibagikan oleh Rudy Salim, entrepreneur sukses yang namanya sudah nggak asing lagi di dunia bisnis tanah air.

Jadi salah satu pengusaha sukses, nggak banyak yang tahu kalau ia tumbuh dalam keluarga dokter. Sempat dipaksa menjadi dokter tapi di DO dari bangku kuliah, Rudy akhirnya memilih mengembangkan bisnis dari bawah dengan modal menjual mobil yang dimilikinya.

Usaha pertama saya itu microfinance yang sekarang banyak jadi platform yang dikenal dengan istilah fintech. 6 tahun cari duit di situ, 2012 akhirnya saya bisa buka showroom pertama. Dulu mobilnya baru 3 unit. Akhirnya berkembang, saya kerja sama dnegan Raffi Ahmad dan Luna Maya bisnis makanan. Tahun 2017 baru bikin production house bareng Raffi Ahmad, RA Pictures. 2019 saya bisnis makanan lagi bikin Wolfgang Steakhouse. Lalu 2020 saya beli keagenan Renault Indonesia yang semoga tahun depan sahamnya sudah bisa melantai di bursa, cerita Rudy.

Bisnis Rudy yang berkembang tentu saja berlandaskan pada kunci kolaborasi bersama teman-temannya. Cerita kolaborasi lainnya juga dibagikan oleh Pancaran Affendi, Managing Director, Head of Global Corporate & Institutional Banking for Indonesia, MUFG Bank yang juga turut berpartisipasi dalam sesi tersebut.

Bagaimana kolaborasi antara Bank Danamon dan MUFG Bank itu bisa terjadi? Latar belakangnya ada tujuan utama yang membuat MUFG Group bekerja sama dengan Bank Danamon karena mereka melihat ada nilai tambah yang didapatkan, khususnya dari nasabah di kedua bank ini. Ini filosofi yang paling mendasar. Yang kedua juga dilihat prospek atau growth opportunity ada atau tidak, terangnya dalam sesi talkshow tersebut.

Berbagi Idealisme Bareng Partner Kolaborasi Bisa Hadirkan Karya Jempolan Lho!

(c) Vidio(c) Vidio

Sesi terakhir dari talkshow 650 Menit Beraksi dan Berkolaborasi menghadirkan salah satu sutradara film ternama di Indonesia, yaitu Joko Anwar. Ia berbagi tentang bagaimana sebuah film yang menarik itu adalah yang bisa related dengan para penontonnya.

Film itu perjalanan karakter, bukan hanya actionnya saja atau hantu-hantunya saja. Bagaimana kita membuat karakter yang bisa related dengan penonton agar mereka masuk ke dalam cerita. Orang akan bisa mendapatkan banyak pengalaman dengan mengikuti perjalanan karakter dari awal hingga akhir. Terserah mereka mau memaknainya apa, terang Joko.

Industri perfilman adalah salah satu yang membutuhkan banyak kolaborasi dalam prosesnya. Ia menyebutkan bahwa kolaborasi jadi kunci nomor satu, teknik dan estetika film harus saling berkolaborasi agar bisa membuat film yang dinikmati penonton.

Situasi pandemi yang terjadi seperti sekarang ini memang menjadi pukulan yang berat untuk para pegiat industri film, terutama mereka yang sifatnya bekerja sebagai freelancer. Menghadapi kondisi yang nggak menentu ini, Asthika Dhammasatya, Bancassurance Product & Marketing Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk, memberikan tips apa saja yang harus disiapkan oleh seorang freelancer.

Yang pertama mempersiapkan dana darurat, jadi kalau terjadi apa-apa untuk memenuhi kebutuhan bisa menggunakan dana darurat. Kedua, melengkapi proteksi. Meski pemasukan tidak serutin karyawan tetap, tapi perlu menjaga orang-orang terkasih dengan perlindungan kesehatan dan jiwa. Asuransi jiwa misalnya bisa memberikan peace of mind, jadi kalau misalnya kita punya kewajiban yang cukup panjang dan terjadi apa-apa dengan diri kita, kita nggak membebani keluarga. Begitu pun di masa transisi, keluarga yang kita tinggalkan bisa ter-cover, jelas sosok yang akrab disapa Pak Aska ini.

Wah, banyak banget kan inspirasi yang bisa dipetik lewat talkshow 650 Menit Beraksi dan Berkolaborasi hari kedua yang dipersembahkan oleh Bank Danamon! Buat kamu yang ketinggalan, bisa tonton ulang talkshownya dengan mengunjungi www.festivalkolaborasi.id. Jangan lupa follow Instagram @MyDanamon dan Twitter @Danamon untuk dapetin update seputar program spesial HUT ke-65 Bank Danamon.

(kpl/wri)

Editor :   Wuri Anggarini

Topik Terkait

Join Kapanlagi.com