Cara Membuat Disinfektan Sendiri, Jaga Lingkungan dari Corona Covid-19

Galuh Esti Nugraini| Kamis, 26 Maret 2020 12:32 WIB
Galuh Esti Nugraini | Kamis, 26 Maret 2020 12:32

Kapanlagi.com - Cairan disinfektan diyakini mampu mencegah penularan virus corona atau covid-19. Banyak masyarakat yang saat ini menggunakan cairan disinfektan sebagai tindakan pencegahan. Sayangnya, cairan ini mulai sulit didapat. Jika kalian mengalami situasi ini, kalian bisa membuat cairan disinfektan sendiri. Lalu bagaimana cara membuat disinfektan sendiri?

Dampak dari upaya mencegah virus corona ini adalah menipisnya persediaan antiseptik, hand sanitizer, masker dan cairan disinfektan. Apabila kalian mengalami kondisi ini, kalian bisa membuat cairan disinfektan sendiri dengan mudah.

Produk rumah tangga bisa kalian gunakan untuk membuat disinfektan. Berikut cara membuat disinfektan sendiri dilansir dari berbagai sumber.

1 Dari 5 Halaman

1. Bahan dan Alat Membuat Disinfektan

Bahan dan Alat Membuat Disinfektan (credit : pixabay.com)
Saat ini produk disinfektan yang aktif membasmi virus corona belum tersedia di pasaran. Namun produk disinfektan lain yang memiliki aktivitas virucidal terhadap virus berselimut seperti corona bisa digunakan. Bahan dasar membuat disinfektan ini bisa dibuat dari produk rumah tangga seperti pemutih, karbol, dan pembersih lantai.

Produk rumah tangga ini mengandung bahan aktif seperti sodium dichloroisocyanurate, sodium hypochorite, benzalkonium klorida, pine oil, dan bahan aktif pembasmi virus lainnya. Namun kalian harus melakukan pembersihan umum terlebih dahulu dengan menggunakan air dan deterjen pada benda yang berpotensi menjadi sumber virus.

Alat yang harus kalian siapkan ketika membuat disinfektan sendiri adalah botol plastik atau kaca, gelas ukur lab flanel, sarung tangan karet, dan masker N95.

2 dari 5 halaman

2. Takaran Membuat Disinfektan

Takaran Membuat Disinfektan (credit : pixabay.com)
Terdapat takaran khusus yang dibutuhkan dalam membuat disinfektan. Takaran ini berfungsi agar disinfektan benar-benar mampu membasmi virus serta aman digunakan. Takaran yang dianjurkan untuk membuat disinfektan sendiri adalah:

  • Bahan pemutih: jika kalian menggunakan jenis bahan pemutih untuk membuat disinfektan sendiri, takaran yang dianjurkan adalah sebanyak 2 sendok makan per liter air.
  • Bahan karbol: sementara jika kalian memilih bahan disinfektan berjenis karbol, gunakan sebanyak 2 sendok makan per liter air
  • Bahan pembersih lantai: sedangkan untuk bahan berjenis pembersih lantai, gunakan sebanyak 1 tutup botol per 5 liter air.
Terdapat formula yang dianjurkan jika kalian membuat disinfektan sendiri. Berdasarkan siaran pers yang diterbitkan oleh Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI) formula pengenceran disinfektan sebagai berikut :

  • Volume larutan awal = (Konsentrasi akhir yang diinginkan x Volume larutan akhir) / konsentrasi awal produk
  • Volume air yang ditambahkan = Volume larutan akhir - Volume larutan awal
Untuk larutan produk sebanyak 20 ml kalian bisa masukan ke dalam 1000 ml air keran.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Cairan Disinfektan

Cara Membuat Cairan Disinfektan (credit : pixabay.com)
Cara membuat disinfektan sendiri terbilang mudah dilakukan. Jika kalian sudah menyiapkan bahan dan alat seperti di atas, kalian langsung bisa memasukkan berbagai formulanya sesuai takaran yang dianjurkan.

  • Memasukkan produk larutan ke dalam botol plastik atau kaca.
  • Menambahkan air bersih dan aduk hingga tercampur merata
  • Masukan ke dalam botol semprot
  • Cairan disinfektan dapat digunakan
Kalian harus memperhatikan tindakan tambahan dalam setiap produk. Biasanya produk seperti pemutih, karbol, dan pembersih lantai ditandai dengan huruf tertentu. Misalnya adalah korosif terhadap logam dan mudah terbakar pada konsentrasi tinggi.

Tindakan tambahan tersebut dilakukan agar disinfektan yang kalian buat bisa aman digunakan. Selain itu usahakan penyemprotan dilakukan di tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik. Hal ini untuk mencegah efek bahan aktif yang terdapat dalam produk larutan.

Pakailah alat pelindung diri seperti sepatu, sarung tangan, dan masker ketika menggunakan disinfektan. Jangan sampai cairan disinfektan mengenai mata dan kulit yang sensitif terhadap bahan aktif tersebut.

Biasanya cairan disinfektan menimbulkan bau yang kurang sedap. Untuk mengatasi bau tersebut kalian bisa menambahkan pewangi alami seperti serai, jahe, dan jeruk.

4 dari 5 halaman

4. Mampu Basmi Kuman Penyakit

Mampu Basmi Kuman Penyakit (credit : pixabay.com)
Cairan disinfektan mengandung bahan kimia yang digunakan untuk membasmi kuman penyakit. Disinfektan tidak memiliki daya penetrasi sehingga hanya mampu membunuh mikroorganisme yang langsung terpapar oleh disinfektan.

Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Ajeng Arumsari, mengungkapkan jika disinfektan dapat merusak lapisan lemak pada virus. Sehingga akan membuat virus seperti corona (Covid-19) melemah.

"Disinfektan dapat merusak lapisan lemak tersebut sehingga membuat virus corona cukup lemah dibandingkan dengan norovirus yang merupakan virus tanpa selubung dan virus lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat," ungkapnya pada siaran pers LIPI, Senin, (23/03/2020).

5 dari 5 halaman

5. Upaya Pencegahan

Meningkatnya jumlah orang terinfeksi virus corona (Covid-19) membuat setiap orang melakukan tindakan pencegahan. Salah satunya adalah penyemprotan cairan disinfektan di rumah, perusahaan, dan fasilitas publik. Upaya ini merupakan bagian dari memutus rantai persebaran virus corona (Covid-19).

Cara membuat cairan disinfektan di atas dapat kalian aplikasikan jika mengalami sulit mendapatkan cairan tersebut. Namun disinfektan bukan satu-satunya cara pencegahan virus corona (Covid-19). Sehingga menerapkan perlindungan diri tambahan seperti menjaga kebersihan dan menjaga imunitas tubuh perlu dilakukan.

Selamat mencoba, semoga artikel ini dapat membantu kalian membuat cairan disinfektan sendiri yang mudah dan murah.

(kpl/nlw/gen)


Editor:  

Nurul Wahida

Join Kapanlagi.com